Terbit: 17 Juni 2020 | Diperbarui: 2 Juli 2020
Ditulis oleh: Devani Adinda Putri | Ditinjau oleh: dr. Eko Budidharmaja

Operasi ambeien adalah prosedur medis untuk mengangkat ambeien, yaitu pembuluh darah yang bengkak pada anus atau rektum. Ketahui bagaimana prosedur, jenis, hingga biaya operasi ambeien.

Operasi Ambeien: Tujuan, Prosedur, Jenis, Biaya, dll

Apa Itu Operasi Ambeien?

Operasi ambeien adalah tindakan bedah untuk menghilangkan ambeien atau wasir yang menyebabkan iritasi atau infeksi. Ambeien adalah pembengkakan pembuluh darah pada rektum (ambeien internal) dan di luar dubur (ambeien eksternal).

Ada beberapa opsi perawatan ambeien seperti dengan rutin minum air putih dan konsumsi makanan tinggi serat atau menggunakan salep khusus. Dokter mungkin akan menyarankan operasi ambeien untuk kondisi yang memicu infeksi, iritasi, komplikasi, atau ketidaknyamanan yang sangat parah.

Berdasarkan laporan dari American Society of Colon and Rectal Surgeons, kurang dari 10% kasus ambeien harus diobati dengan pembedahan. Jenis operasi yang dibutuhkan tergantung pada seberapa parah gejala, lokasi, dan ukuran wasir.

Tujuan Operasi Ambeien

Tujuan operasi wasir adalah untuk mengecilkan atau menghilangkan wasir internal atau eksternal. Sebagian orang mungkin memiliki wasir tanpa gejala namun dalam kasus lain, wasir menyebabkan gejala yang sangat parah hingga membutuhkan pengobatan khusus.

Tujuan operasi wasir, termasuk:

  • Menghilangkan wasir.
  • Membatasi pasokan darah ke wasir.
  • Mengurangi atau menyembuhkan gejala wasir parah.

Umumnya, dokter akan menyarankan operasi wasir bila Anda memiliki gejala wasir eksternal, seperti:

  • Gatal pada anus.
  • Nyeri atau rasa sakit di sekitar anus.
  • Nyeri anus saat duduk atau saat duduk terlalu lama.
  • Terdapat benjolan lunak di anus yang membuat rasa tidak nyaman.

Sementara gejala wasir internal, meliputi:

  • Anus berdarah saat buang air besar.
  • Wasir di dalam anus keluar dari anus (prolaps).
  • Ketidaknyamanan saat buang air dan dalam aktivitas sehari-sehari.

Dokter akan menyarankan operasi wasir sesuai dengan tingkat keparahan kondisi Anda. Umumnya, dokter akan memberikan opsi perawatan dengan obat atau salep serta perubahan pola makan terlebih dulu dan melihat perkembangan dari kondisi Anda.

Baca Juga: Ambeien: Penyebab, Gejala, Diagnosis, Obat, Operasi, dll

Jenis Operasi Ambeien

Ada beberapa jenis operasi ambeien yang diklasifikasikan menjadi dua yaitu operasi tanpa anestesi dan dengan anastesi (pembiusan). Berikut ini jenis operasi wasir:

Operasi Tanpa Anestesi

Beberapa jenis operasi wasir dapat dilakukan tanpa anastesi (bius) namun tetap aman, sebagai berikut:

1. Banding

Banding adalah operasi tanpa anestesi untuk mengobati wasir internal. Prosedur ini dilakukan dengan ligasi pita karet (rubber band ligation) untuk memotong pasokan darah ke pangkal wasir.

Prosedur ini tidak menyakitkan walaupun dilakukan tanpa obat bius. Anda hanya akan merasa sedikit tekanan, namun tetap aman. Prosedur ini dilakukan sebanyak dua kali dengan jarak sekitar dua bulan dari prosedur pertama.

2. Skleroterapi

Skleroterapi adalah jenis hemoroidektomi dengan menggunakan suntikan bahan kimia khusus ke dalam wasir internal. Zat kimia tersebut digunakan untuk menghentikan pendarahan, mematikan ujung saraf wasir, dan mengecilkan wasir.

Prosedur ini tidak menyakitkan, hanya sedikit tekanan saat disuntikan. Skleroterapi dianggap sebagai metode pengobatan wasir internal dengan tingkat keberhasilan terbaik.

3. Terapi Koagulasi

Koagulasi atau terapi pembekuan digunakan untuk mengobati wasir internal yang tidak menonjol. Prosedur ini menggunakan arus listrik yang disebut fotokoagulasi infra merah untuk menyusutkan wasir.

Prosedur ini juga biasanya dilakukan bersama dengan prosedur anoskopi, yaitu alat yang dimasukan beberapa sentimeter ke dalam rektum untuk melihat kondisi rekrut. Prosedur ini tidak menyakitkan namun pasien mungkin merasa sedikit kram.

4. Hemorrhoidal Artery Ligation

Apabila prosedur banding tidak berhasil, maka opsi lain pengobatan wasir adalah dengan hemorrhoidal artery ligation atau disebut juga dengan transanal hemorrhoidal dearterialization (THD). Prosedur ini menggunakan ultrasound dan ligate untuk menghilangkan wasir tersebut.

Baca Juga: 10 Cara Mengobati Ambeien secara Alami Paling Praktis dan Ampuh!

Operasi Ambeien dengan Anestesi

Berikut ini beberapa jenis operasi ambeien dengan anestesi yang dilakukan di rumah sakit:

1. Hemoroidektomi

Hemoroidektomi adalah prosedur bedah untuk mengangkat wasir baik wasir eksternal atau internal dengan gejala yang tidak bisa diatasi dengan perawatan lainnya selain operasi. Prosedur ini dilakukan di rumah sakit di mana pasien diberikan anestesi lokal, anestesi regional, atau anestesi umum sesuai dengan kebutuhan pasien.

Pasien juga mungkin akan diberi obat penenang. Setelah pasien tidak sadar, dokter akan mulai prosedurnya untuk membuka anus lalu memotong wasir sesuai dengan aturan pembedahan. Dalam proses ini, dokter menggunakan berbagai alat bedah seperti gunting, laser, dll.

2. Stapel Hemoroid

Stapel hemoroid adalah prosedur untuk mengobati wasir internal. Prosedur ini dilakukan di rumah sakit di mana pasien diberi anestesi sebelumnya. Dokter bedah menggunakan alat khusus untuk mengembalikan posisi wasir menjadi normal kembali.

Prosedur ini juga digunakan untuk menghentikan pasokan darah ke wasir sehingga wasir akan mengecil. Walaupun demikian, beberapa penelitian mengungkapkan bahwa prosedur ini lebih menyakitkan dari hemoroidektomi namun pemulihannya lebih cepat.

Prosedur Operasi Ambeien

Bila dokter menyarankan untuk operasi ambeien, dokter akan memeriksa kesiapan Anda secara fisik. Dokter juga akan memastikan beberapa hal, termasuk:

  • Apakah Anda sedang hamil?
  • Obat apa saja yang sedang Anda gunakan?
  • Apakah Anda sering minum alkohol?
  • Riwayat medis lainnya.

Sebelum operasi, Anda harus mematuhi beberapa protokol kesehatan, termasuk:

  • Tidak boleh menggunakan obat pengencer darah selama beberapa waktu.
  • Berhenti merokok beberapa hari sebelum operasi.
  • Operasi mungkin akan ditunda bila Anda sakit, demam, flu, batuk, atau penyakit lainnya.
  • Anda harus makan sehat, minum air putih yang cukup dan konsumsi makanan tinggi serat.
  • Dokter akan memberitahu kapan Anda harus berhenti makan dan minum sebelum operasi.

Dokter mungkin akan memberi resep obat tertentu terkait persiapan sebelum operasi. Ikuti instruksi dokter semua hal yang harus Anda patuhi sebelum operasi.

Perawatan Setelah Operasi Ambeien

Setiap orang membutuhkan waktu pemulihan pascaoperasi berbeda-beda, mungkin sekitar 1-3 minggu. Anda akan merasakan sedikit rasa sakit pada dubur hingga dokter mungkin akan meresepkan obat pereda nyeri.

Setelah operasi, dokter akan menyarankan untuk merubah pola hidup dan pola makan untuk membantu pemulihan, seperti:

  • Konsumsi makanan tinggi serat setiap hari.
  • Minum 8-10 gelas air putih setiap hari.
  • Gunakan obat pelunak tinja untuk melancarkan buang air besar.
  • Tidak melakukan aktivitas berat untuk sementara waktu.
  • Usahakan untuk tidak duduk terlalu lama.
  • Mandi sitz, berendam dengan air hangat untuk membersihkan area genital, rektum, dan vulva.
  • Menjaga berat badan ideal.

Anda harus mematuhi rekomendasi dokter tersebut agar kondisi Anda cepat pulih dan wasir tidak kambuh lagi. Setelah pulih, harap tetap minum air putih secara teratur, makan makanan berserat, dan rajin olahraga.

Baca Juga: 11 Obat Ambeien Alami yang Ampuh dan Bisa Dibuat di Rumah

Efek Samping Operasi Ambeien

Prosedur ini dianggap aman dan minim risiko. Efek samping operasi ambeien ringan mungkin terjadi, seperti:

  • Reaksi terhadap anestesi
  • Anus berdarah
  • Infeksi
  • Gangguan buang air kecil akibat pembengkakan pasca operasi

Anda harus menghubungi dokter apabila Anda mengalami pendarahan, sulit buang air besar, atau demam tinggi pasca operasi.

Biaya Operasi Ambeien

Biaya operasi ambeien berbeda-beda tergantung pada pilihan rumah sakit, fasilitas, jenis operasi, dan tingkat keparahan kondisi Anda. Berdasarkan kisaran, biaya operasi wasir sekitar 3-5 juta rupiah. Biaya mungkin lebih tinggi pada kasus lain atau bila Anda membutuhkan obat-obatan lainnya.

Itulah pembahasan lengkap tentang prosedur hingga efek samping operasi ambeien. Prosedur ini dapat dilakukan tanpa atau dengan anestesi. Prosedur ini juga cenderung aman dan minim efek samping. Semoga informasi ini bermanfaat.

 

  1. Kandola, Aaron. 2019. What to know about hemorrhoid surgery. https://www.medicalnewstoday.com/articles/324439. (Diakses pada 17 Juni 2020).
  2. Medline Plus. 2020. Hemorrhoid surgery. https://medlineplus.gov/ency/article/002939.htm. (Diakses pada 17 Juni 2020).
  3. Stang, Debra. 2019. Hemorrhoid Surgery. https://www.healthline.com/health/hemorrhoid-surgery. (Diakses pada 17 Juni 2020).
  4. WebMD. 2018. Hemorrhoid Surgery. https://www.webmd.com/digestive-disorders/surgery-treat-hemorrhoids#1. (Diakses pada 17 Juni 2020).


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi