Terbit: 3 Oktober 2019
Ditulis oleh: Devani Adinda Putri | Ditinjau oleh: dr. Jati Satriyo


Onkologi berasal dari bahasa Yunani yaitu onkos yang berarti massa atau tumor dan akhiran -ologi yang berarti ilmu. Secara literatur, ini berarti studi tentang kanker. Ketahui lebih jelas apa itu onkologi, jenis, peran onkolog, dll.

Onkologi-doktersehat

Apa Itu Onkologi?

Onkologi adalah bidang medis yang mempelajari ilmu tentang kanker termasuk dalam meneliti, mengidentifikasi, mendiagnosis, merawat, dan memberikan pengobatan pada seseorang yang didiagnosis kanker.

Dokter yang mendalami ilmu onkologi disebut seorang onkolog. Seorang onkolog bertugas untuk merancang rencana perawatan pasien kanker berdasarkan laporan patologi terperinci yang berisi riwayat penyakit kanker dari pasien tersebut dan memberikan saran pengobatan terbaik.

Tugas Ahli Onkologi

Seorang onkolog bertanggung jawab pada perawatan pasien kanker mulai dari tahap awal diagnosis hingga pengobatan dan pencegahan berkembangnya sel-sel kanker tersebut.

Berikut ini adalah tugas seorang onkolog, meliputi:

  • Menjelaskan diagnosis dan stadium kanker yang diderita pasien.
  • Menjelaskan semua pilihan perawatan dan risiko yang mungkin terjadi.
  • Memberikan pilihan perawatan berkualitas dan terbaik.
  • Membantu pasien untuk menangani gejala dan efek samping dari perawatan kanker yang sedang dijalani.
  • Membantu pasien kanker untuk menjalani gaya hidup sehat untuk mendukung perawatan.
  • Melakukan pemeriksaan rutin.
  • Melakukan tindakan pencegahan penyakit kanker agar tidak menjadi lebih buruk.

Seorang onkolog tidak bekerja sendirian untuk menangani pasien kanker, terlebih lagi jika pasien membutuhkan perawatan kombinasi dari dokter spesialis lain.

Tim medis untuk merawat kanker mencakup berbagai professional perawatan kesehatan lainnya, yaitu:

  • Ahli Patologi: Bertugas untuk membaca tes laboratorium meliputi mendiagnosis penyakit dan memeriksa sel-sel dan jaringan.
  • Ahli Radiologi: Bertugas untuk membantu diagnosis penyakit dengan pemeriksaan radiologi berupa Rontgen, CT scan, dll.
  • Suster Onkologi: Membantu onkolog dalam menangani pasien kanker.

Macam-Macam Onkologi

Setiap jenis kanker membutuhkan perawatan berbeda, karena itu terdapat macam-macam onkologi untuk menangani jenis-jenis kanker yang berbeda.

Berikut ini adalah macam-macam onkologi, meliputi:

1. Onkologi Medis

Onkologi medis adalah bidang spesialis kanker yang menangani pasien kanker dengan pilihan pengobatan seperti kemoterapi, terapi hormon, terapi biologis, terapi target, dll. Seorang onkolog medis akan membantu pasien untuk meredam gejala dan efek samping dari perawatan yang dipilih, serta melakukan pemeriksaan rutin saat perawatan kanker sudah selesai.

2. Onkologi Radiasi

Onkologi radiasi adalah bidang medis spesialis kanker yang menggunakan metode radiasi dari sinar foton berenergi tinggi untuk menghancurkan sel-sel kanker. Sebagian besar pasien kanker melakukan perawatan dengan onkologi radiasi ini.

Baca Juga: 8 Pengobatan Kanker yang Paling Ampuh dan Efektif

3. Onkologi Bedah

Onkologi bedah adalah pengobatan kanker dengan prosedur bedah dan biopsi. Seorang onkolog bedah akan mengangkat jaringan tumor dengan prosedur bedah onkologi dan membantu pasien dalam proses penyembuhan. Pasien akan berkonsultasi dengan seorang ankolog bedah untuk rencana pengobatan dan perawatannya dari tahap awal hingga akhir.

4. Onkologi Anak

Bidang medis untuk perawatan kanker khusus anak-anak. Seorang onkolog anak berfokus pada cara menangani pasien kanker mulai dari usia bayi sampai anak-anak di bawah usia 15 tahun.

Selain merawat kanker pada anak, seorang onkolog anak juga bertugas untuk memberi pengetahuan pada keluarga anak tersebut tentang jenis kanker yang diderita serta pilihan pengobatan terbaik. Tugas seorang onkolog anak sangat penting karena angka penderita kanker pada anak sangat tinggi, yaitu sekitar 175.000 anak di seluruh dunia.

5. Onkologi Ginekologi

Onkologi ginekologi adalah perawatan kanker yang berfokus dalam pengobatan kanker yang menyerang sistem reproduksi wanita, seperti kanker ovarium, kanker serviks, kanker rahim, kanker vagina, kanker vulva, dll.

6. Onkologi Hematologi

Onkologi hematologi adalah perawatan kanker untuk mengobati kanker darah seperti leukemia dan limfoma. Seorang onkolog hematologi juga dapat menangani kelainan darah yang bukan kanker.

Itulah macam-macam onkologi untuk menangani jenis kanker yang berbeda. Jika Anda didiagnosis kanker, Anda perlu berkonsultasi ke onkolog yang sesuai dengan jenis kanker yang Anda derita agar spesialis kanker dapat membantu Anda mengatasi kanker tersebut.

Baca Juga: Serba Serbi Umum Kanker Anak

Tahapan Onkologi

Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana diagnosis dari seorang onkolog hingga ke tahap perawatan kanker. Berikut ini adalah tahap-tahap saat Anda pertama kali memeriksakan diri ke ahli onkologi, yaitu:

  • Pemeriksaan Fisik: Anda akan menjalani pemeriksaan fisik terlebih dahulu, walaupun Anda mungkin sudah pernah melakukannya dengan dokter umum.
  • Diagnosis: Onkolog akan mendiagnosis kanker Anda dengan beberapa metode seperti biopsi, endoskopi, sinar-X, CT scan, MRI, dan lainnya.
  • Tes Tambahan: Anda mungkin harus menjalani tes tambahan seperti tes darah.
  • Pertemuan dengan Profesional Kanker Lainnya: Onkolog akan menjelaskan semua hal yang Anda butuhkan, bertemu dengan profesional kesehatan lainnya untuk mendukung perawatan Anda, dan memberi informasi asuransi dan biaya perawatan.
  • Prognosis Dini: Seorang onkolog akan memberi Anda prognosis dini yaitu prediksi kasar tentang penyakit kanker Anda.

Seorang onkolog akan membantu Anda menjelaskan semua rencana perawatan dan pengobatan kanker Anda. Onkolog juga akan menjelaskan semua tahap dan risiko pengobatan kanker yang akan Anda lakukan.

Baca Juga: 7 Makanan Enak Ini Bisa Picu Kanker

Tips Memilih Ahli Onkologi

Mendengar diri Anda terkena penyakit kanker pasti akan membuat Anda merasa sangat tidak baik. Awalnya Anda akan merasa sedih, marah, kecewa, dan kaget. Anda mungkin juga akan merasa takut untuk pergi ke onkolog atau dokter spesialis.

Satu dari penyembuhan terbaik yang dapat Anda lakukan untuk berjuang melawan kanker adalah dengan memilih onkolog yang tepat. Berikut ini adalah tips memilih onkolog, yaitu:

  • Cari referensi seorang onkolog dari dokter umum atau rumah sakit yang biasa Anda datangi, seorang onkolog yang sesuai dengan jenis kanker yang Anda derita.
  • Tentukan pilihan pada rumah sakit terdekat atau yang pelayanannya baik.
  • Tentukan seorang ankolog yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan membuat Anda nyaman saat berkonsultasi.
  • Ketahui estimasi biaya dan perawatan yang akan Anda jalani.

Kanker adalah penyakit yang kompleks, karena itulah sangat penting untuk berkonsultasi pada dokter spesialis yang mumpuni dan dapat mengerti perawatan terbaik untuk Anda. Jika Anda ingin memeriksakan diri ke onkolog, Anda harus tenang dan berpikir positif karena seorang onkolog pasti akan memberi perawatan terbaik untuk Anda.

Semoga informasi kesehatan ini dapat membantu Anda dalam mengetahui macam-macam onkologi untuk perawatan kanker yang sesuai dengan kondisi Anda. Salam sehat!

 

  1. Cancer.Net. 2018. Types of Oncologists. https://www.cancer.net/navigating-cancer-care/cancer-basics/cancer-care-team/types-oncologists. (Diakses pada 3 Oktober 2019).
  2. Joy Stanborough, Rebecca, MFA. 2019. What Is an Oncologist?. https://www.healthline.com/health/cancer/what-is-an-oncologist#types. (Diakses pada 3 Oktober 2019).
  3. Lewis, Sarah, PharmD. 2019. 8 Tips for Choosing an Oncologist. https://www.healthgrades.com/explore/8-tips-for-choosing-an-oncologist. (Diakses pada 3 Oktober 2019).
  4. WebMD. 2019. Your Cancer Specialists. https://www.webmd.com/cancer/your-cancer-specialists-doctors-you-need-to-know#1. (Diakses pada 3 Oktober 2019).



DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi