Terbit: 3 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Kita tentu tahu jika omega 3 adalah zat yang baik untuk tubuh. Namun, bagaimana dengan omega 6? Apakah juga sama baiknya dengan omega 3, atau malah memberikan dampak yang kurang baik untuk tubuh?

Omega 6 Juga Penting Bagi Kesehatan Tubuh

Seperti yang kita ketahui bahwa lemak yang baik untuk kesehatan tubuh adalah lemak tidak jenuh, lemak tidak jenuh akan meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh. Hal ini tentu akan mendukung kadar darah yang baik untuk mendukung fungsi dan sistem organ tubuh maksimal.

Pakar kesehatan dari Mayo Clinic, Francisco Lopez-Jimenez menyebutkan bahwa ada beberapa poin yang menyebabkan omega 6 baik untuk kita konsumsi, di antaranya:

  • Omega 6 termasuk dalam lemak tidak jenuh, omega 6 merupakan bagian dari lemak tidak jenuh PUFA yang umumnya diperoleh dari bahan makanan nabati misalnya minyak sayur, kacang dan biji-bijian.
  • - Iklan -
    Iklan DokterSehat Farmaku Sensodyne - Advertisement

  • Konsumsi omega 6 baik untuk jantung, konsumsi omega 6 yang menggantikan asupan lemak jenuh dari makanan hewani mampu mendukung kesehatan jantung, utamanya jika dikonsumsi dalam jumlah yang cukup.
  • Omega 6 baik untuk kesehatan organ, omega 6 memiliki kandungan anti-inflamasi atau anti peradangan, hal ini tentu mendukung omega 6 sebagai jenis minyak yang baik untuk kesehatan dan organ tubuh.

Manfaat dari omega 6 tersebut tentu akan kita rasakan jika kita mengonsumsi omega 6 sesuai dengan kebutuhan tubuh. America Heart Association menganjurkan asupan lemak jenuh sebesar 5 persen dari kebutuhan yang digantikan dengan asupan lemak tidak jenuh, yang salah satunya adalah omega 6 bisa membantu mendukung kesehatan tubuh.

Hal ini dapat dilakukan dengan mengganti penggunaan mentega dengan margarin, memilih menggunakan minyak dari dari tanaman misalnya minyak zaitun atau minyak dari biji-bijian, serta mengurangi asupan lemak jenuh dari makanan hewani yang tinggi lemak.

Nah, jadi omega 6 ternyata tidak kalah manfaatnya dari omega 3, ya!


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi