Omega-3: Fungsi & Manfaat Lemak yang Baik bagi Kesehatan

omega-3-doktersehat

Nama Omega-3 tentu sudah tidak asing lagi di telinga Anda. Omega-3 seringkali disebutkan sebagai bahan atau komposisi yang sangat bermanfaat untuk memproduksi suplemen anak atau susu. Tentunya, Anda pun sudah sering mendengar bahwa Omega-3 juga memiliki julukan sebagai lemak yang baik karena fungsinya yang cukup banyak untuk mendukung pertumbuhan dan untuk menjaga kesehatan. Namun, sudah tahukah Anda apa itu Omega-3? Apa manfaat Omega-3 bagi tubuh yang perlu untuk Anda ketahui?

Jika Anda penasaran dengan informasi mengenai Omega-3 yang kaya manfaat ini, baca informasi di bawah ini tentang fungsi Omega-3 dan manfaat Omega-3 untuk kesehatan Anda.

Fungsi Omega-3 & Manfaat Omega-3

Tahukah Anda apa itu asam lemak Omega-3? Asam lemak Omega-3 adalah asam lemak esensial yang bermanfaat untuk tubuh. Asam lemak esensial merupakan asam lemak yang tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh, sehingga jika Anda ingin mendapatkan asam lemak Omega-3 yang cukup, Anda harus mengonsumsi makanan yang mengandung zat nutrisi ini.

Barangkali ada pertanyaan di benak Anda, mengapa kita harus mengonsumsi Omega-3, sementara biasanya asam lemak berlebihan justru akan menyebabkan gangguan pada kesehatan. Namun, Anda perlu untuk mencatat bahwa tidak semua asam lemak tidak sehat. Memang benar bahwa asupan makanan berlemak berlebihan dapat meningkatkan kadar kolesterol dan trigliserida, namun asupan asam lemak tetap penting untuk tubuh, termasuk asupan makanan yang mengandung Omega-3.

Asam lemak omega-3 memiliki manfaat signifikan dalam menurunkan risiko penyakit jantung, pembunuh utama orang-orang di dunia. Omega-3 juga dapat melindungi tubuh terhadap depresi, demensia, kanker, dan arthritis. Asam lemak omega-3 ditemukan dalam jumlah yang lebih tinggi pada salmon, kenari, dan bayam.

Selain itu, asam lemak Omega-3 memiliki fungsi yang sangat signifikan untuk mendukung perkembangan otak anak, bahkan sejak ia masih janin di rahim ibu. Asam lemak Omega-3 adalah komponen penyusun sel saraf. Jika asupan asam lemak Omega-3 terpenuhi dengan baik, tentu otak bayi dan anak akan berkembang dengan baik dan akan membawa dampak positif untuk kecerdasannya kelak. Maka dari itu, tidak mengherankan jika susu yang diperuntukkan bagi anak-anak biasanya diperkaya dengan Omega-3.

Tidak hanya bisa mendukung kecerdasan otak saja, Omega-3 juga memiliki efek yang baik untuk membantu menjaga kesehatan mata. Konsumsi asam lemak yang baik ini bisa membuat seseorang yang telah lanjut usia terhindar dari gangguan penglihatan kabur akibat degenerasi makula.

Tentu saja manfaat Omega-3 seperti ini bisa didapatkan jika Anda rutin mengonsumsi Omega-3 untuk mencegah gejala degenerasi fungsi penglihatan tersebut. Konsumsi Omega-3 yang paling dianjurkan adalah Omega-3 yang didapatkan dari makanan sehat yang dikonsumsi sehari-hari. Bila perlu, Anda juga bisa menambah asupan Omega-3 dengan mengonsumsi suplemen minyak ikan yang mengandung asam lemak yang bermanfaat ini.

Ada banyak bentuk asam lemak Omega-3. Jenis yang ditemukan pada ikan, yang disebut DHA dan EPA, telah dipelajari secara ekstensif dan tampaknya memiliki manfaat kesehatan terkuat. Bentuk lain dari asam lemak omega-3 yang dikenal dengan ALA (Alpha-Linolenic Acid atau asam alpha-linolenat).

ALA  adalah omega-3 “esensial” sejati karena tubuh kita tidak dapat membuatnya sendiri. Kita mendapatkan ALA dari makanan kita dengan mengkonsumsi makanan kaya ALA seperti pada minyak nabati, biji rami, kenari, dan sayuran berdaun gelap seperti bayam, brokoli, serta edamame. ALA adalah prekusor (bentuk awal) dari EPA dan DHA, namun tingkat konversi di tubuh kita sangat rendah – seringkali kurang dari 1 persen ALA diubah menjadi EPA dan DHA.

EPA dan DHA omega-3 berantai panjang yang dikenal untuk mendukung kesehatan jantung, otak dan mata pada semua tahap kehidupan. Sebenarnya, hati, otak dan mata kita mengandung kandungan omega-3 tertinggi dibandingkan dengan bagian tubuh manusia lainnya.

Tubuh manusia tidak menghasilkan sejumlah besar EPA atau DHA dengan sendirinya, jadi Anda harus mendapatkan nutrisi penting ini dari makanan yang Anda konsumsi dan suplemen yang Anda konsumsi.’Jika Anda ingin mendapatkan manfaat kesehatan dari omega-3, langsung ke sumber EPA dan DHA. EPA dan DHA secara alami ditemukan di sumber-sumber makanan kelautan, termasuk ikan berlemak seperti – salmon, tuna, mackerel, herring – shellfish, dan marine algae. Sangat penting untuk menjaga asupan nutrisi Anda sehingga berbagai komponen yang penting seperti Omega-3 dapat tercukupi.

Jika diperlukan, Anda dapat mengonsumsi suplemen yang mengandung asam lemak Omega-3 sesuai kebutuhan. Apabila Anda yang sudah dewasa tidak terbiasa minum susu, Anda bisa mendapati tambahan jumlah asupan Omega-3 dari suplemen minyak ikan. Konsumsi secara teratur sesuai dengan cara pemakaian suplemen agar Anda bisa mendapatkan manfaat yang maksimal dari asupan Omega-3 yang Anda konsumsi melalui suplemen tersebut.

Sampai di sini tentu Anda sudah mengetahui fungsi Omega-3 dan manfaat Omega-3. Bagi Anda yang masih penasaran tentang asam lemak esensial yang satu ini, Anda bisa membaca informasi pada halaman selanjutnya.

Omega-3 – Halaman Selanjutnya :   1   2   3   4   5