4 Jenis Olahraga yang Terbukti Ampuh Menurunkan Berat Badan

Doktersehat-Manfaat-Olahraga-Lompat-Tali-Bagi-Tubuh
Photo Credit: Flickr.com/Matt Saunders

DokterSehat.Com– Selain menjaga asupan makanan, olahraga juga merupakan faktor penting dalam menurunkan berat badan. Sebab, dengan berolahraga otot-otot di dalam tubuh akan terbentuk, sehingga bisa membantu proses pembakaran lemak dan kalori penyebab kenaikan berat badan. Ada banyak jenis olahraga yang bisa dilakukan, namun hanya ada beberapa jenis olahraga saja yang dianggap ampuh menurunkan berat badan dalam waktu singkat. Apa saja itu?

1. Senam Aerobik

Jenis senam ini cukup populer di kalangan masyarakat, baik tua maupun muda. Senam aerobik mengandalkan gerakan tubuh yang stabil dengan iringan musik yang tidak terlalu cepat. Olahraga ini digadang-gadang ampuh menurunkan berat badan dalam waktu singkat. Sebab, saat melakukan senam aerobik, seluruh anggota tubuh bergerak sehingga bisa membakar lemak dan kalori cukup banyak. Tidak hanya mampu menurunkan berat badan saja, senam aerobik juga bisa menyehatkan jantung jika dilakukan secara rutin.

2. Lompat Tali

Anda mungkin pernah bermain lompat tali bersama kawan pada masa kecil dulu. Permainan ini juga efektif dijadikan sebagai olahragaa untuk menurunkan berat badan. Anda bisa melakukan lompat tali sebanyak 50 hingga 100 kali lompatan setiap hari. Dengan begitu, kalori di dalam tubuh akan terbakar. Selain itu, lompat tali juga bisa menguatkan otot kaki dan membuat tubuh Anda menjadi semakin tinggi.

3. Lari

Jenis latihan kerdio ini cukup digemari oleh masyarakat. Pasalnya, lari merupakan latihan yang mudah dilakukan tanpa membutuhkan alat maupun biaya. Ketika Anda berlari selama 30 hingga 60 menit, maka kalori yang terbakar akan sangat banyak sehingga bisa dikatakan bahwa lari merupakan salah satu olahraga yang ampuh menurunkan berat badan dalam waktu singkat.

4. Sepak Bola

Jika Anda bosan melakukan latihan lari, cobalah untuk melakukannya dengan cara yang berbeda, yakni bermain sepak bola. Permainan ini disukai oleh hampir semua pria. Selain menyenangkan, aktivitas mengejar dan menendang bola bisa membantu Anda membakar kalori lebih banyak.