5 Jenis Latihan Fisik yang Bisa Membuat Mood Wanita Membaik

olahraga-dan-mood-wanita-doktersehat

DokterSehat.Com – Wanita cenderung memiliki perubahan mood yang signifikan yang dipicu oleh fluktuasi hormon di dalam tubuh wanita Kebanyakan saat mendekati hari menstruasi atau PMS, mood wanita sering buruk. Ada kalanya juga marah atau sedih tanpa sebab yang jelas. Sudah tahu olahraga untuk memperbaiki mood wanita?

Pilihan Olahraga untuk Memperbaiki Mood Wanita

Kondisi mood yang berubah-ubah pada wanita sebenarnya sangat normal terjadi. Namun, ada kalanya mood yang buruk membuat wanita sering tidak nyaman dengan sendirinya. Nah, kalau pasangan yang Anda miliki sering mengalami perubahan mood yang cukup signifikan, ada baiknya untuk menyarankan mereka melakukan olahraga atau latihan fisik. Berikut beberapa jenis latihan yang bisa dijalankan.

  1. Jalan santai

Salah satu jenis latihan fisik yang paling mudah dilakukan oleh wanita adalah jalan kaki. Seorang wanita bisa jalan kaki setiap hari selama 15-30 menit saat pagi atau sore hari. Tubuh yang berkeringat dan agak lelah membuat pikiran menjadi relaks. Mood yang buruk akan perlahan-lahan reda dengan sendirinya.

Kalau Anda ingin memberi sangat pada pasangan, ajaklah mereka untuk berjalan-jalan saat pagi sebelum berangkat untuk bekerja. Selanjutnya, Anda juga bisa memberikan tantangan seperti jogging singkat sehingga pasangan akan merasa lebih semangat. Mood akan membaik dengan sendirinya seiring dengan segarnya tubuh dan pikiran.

  1. Yoga

Fungsi dari yoga ada dua, pertama untuk membuat tubuh jadi lebih elastis dan kuat. Kedua untuk menangkan pikiran dari pelakunya. Gerakan yoga yang bisa dipilih wanita adalah gerakan sederhana yang masih bisa menguras tenaga. Gerakan ini juga bisa menguatkan otot dan tulang dari wanita secara menyeluruh.

Yoga yang dilakukan dengan benar juga memberikan ketenangan batin. Dengan melakukannya, wanita akan merasa nyaman dan tekanan yang ada di dalam dirinya perlahan luntur. Wanita bisa melakukan yoga setiap hari atau seminggu 1-2 kali dengan intensitas sesuai dengan kemampuan.

  1. Senam aerobik

Zaman sekarang aneka sanggar senam khusus wanita banyak bermunculan dan diikuti oleh banyak orang. Senam aerobik akan menguras tenaga dan membuat tubuh menjadi segar. Apalagi kalau senam dilakukan beramai-ramai dengan banyak orang. Wanita akan lebih bersemangat untuk melakukannya setiap saat. Jenis senam aerobik yang bisa dilakukan ada banyak dan salah satunya adalah Zumba.

  1. Bersepeda

Bersepeda santai dengan mengelilingi desa saat akhir pekan atau setiap sore akan membuat wanita lebih relaks dan tidak gampang mengalami mood swing. Rasa lelah yang dirasakan akan membuat mereka melepas beban sehingga pikiran tidak akan kacau lagi. Kalau tidak sempat pergi keluar rumah dan ada sepeda statis, gunakan selama 15-30 menit. Buat tubuh berkeringat dengan perlahan.

  1. Berenang

Kalau pasangan Anda sering tidak mood meski jauh dari tanggal menstruasinya, ada baiknya Anda mengajak dia ke kolam renang. Lakukan relaksasi di dalam air untuk bergerak dar satu sisi ke sisi yang lain. Gerakan yang dilakukan di dalam kolam renang akan membuat emosi dari wanita mereda dengan sendirinya.

Jadwalkan seminggu sekali atau dua minggu sekali untuk berenang sekalian untuk piknik. Dengan melakukan dua hal itu, mood wanita akan membaik karena olahraga yang dilakukan dan juga perasaan nyaman dan bahagia karena merasa diperhatikan serta pikirannya menjadi lebih relaks.

Mana saja jenis olahraga untuk memperbaiki mood wanita yang menurut Anda paling mudah dilakukan? Apa pun jenis latihan yang dipilih ada baiknya untuk selalu konsisten setiap hari agar hasilnya terlihat dan memuaskan.