Tips Sehat Diabetes, Olahraga Setelah Makan

jalan-kaki-doktersehat
Photo Source: Flickr/gauthierdelecroix

DokterSehat.Com– Penderita diabetes tidak boleh sembarangan mengonsumsi makanan. Jika mereka mengonsumsi makanan tinggi kalori, dikhawatirkan akan membuat kadar gula darah naik dengan signifikan. Hal ini disebabkan oleh minimnya produksi hormon insulin di dalam tubuh mereka. Padahal, keberadaan hormon ini sangatlah penting dalam memetabolisme gula darah.

Selain menerapkan pola makan sehat, penderita diabetes bisa berolahraga setelah makan

Selain dengan menjaga pola makan, penderita diabetes sebenarnya juga bisa melakukan hal lain untuk menjaga kadar gula darahnya tetap dalam kondisi seimbang. Caranya adalah dengan melakukan olahraga ringan setelah makan. Hal ini diungkap oleh Kajsa Ernestam, seorang pakar diet yang berasal dari Lifesum.

Menurut Ernestam, melakukan olahraga ringan seperti berjalan kaki, berenang, atau sekadar bersih-bersih ruangan bisa membuat sensitivitas insulin meningkat. Hal ini tentu akan membuat kadar hormon insulin di dalam tubuh meningkat. Semakin banyak insulin yang diproduksi, maka semakin banyak pula gula darah yang bisa dimetabolisme. Hal ini tentu akan membantu mencegah lonjakan kadar gula darah sekaligus menyediakan energi bagi sel-sel tubuh untuk menjalankan fungsinya.

Cocok bagi mereka yang tidak menderita diabetes namun berisiko terkena penyakit ini

Selain bagi penderita diabetes, Ernestam menyebut kebiasaan melakukan olahraga ringan setelah makan ini ternyata juga bermanfaat bagi orang sehat namun memiliki risiko diabetes tinggi akibat faktor genetik. Menurut Ernestam, risiko terkena diabetes bahkan bisa ditekan hingga 40 persen.

Meskipun begitu, sebaiknya kita tidak melakukan olahraga yang terlalu keras karena jika dilakukan setelah makan, ada kemungkinan perut terasa tidak nyaman atau bahkan membuat sensasi mual muncul.

Beberapa olahraga terbaik bagi penderita diabetes

Selain berolahraga ringan setelah makan demi menjaga gula darah tetap seimbang, penderita diabetes juga sangat disarankan untuk rutin berolahraga setiap hari.

Berikut adalah olahraga-olahraga yang paling disarankan bagi mereka

  1. Berjalan cepat

Berjalan cepat bisa dengan mudah dilakukan di mana saja. Selain di ruangan terbuka, penderita diabetes juga bisa menggunakan treadmill untuk melakukannya. Olahraga ini tergolong dalam latihan aerobik yang bisa membantu aliran darah menjadi lebih lancar dan membuat denyut jantung meningkat. Penderita diabetes pun bisa mencegah komplikasi yang terkait dengan organ kardiovaskular.

Hanya saja, pastikan untuk berhati-hati saat melakukannya karena jika sampai terjatuh atau cedera, bisa jadi akan muncul luka yang sulit sembuh.

  1. Yoga

Yoga adalah olahraga yang membutuhkan kekuatan, keseimbangan, dan kelenturan. Olahraga ini tak hanya mampu menurunkan stres, melainkan juga membuat fungsi saraf meningkat, membuat sensitivitas insulin meningkat, dan membantu mengembalikan keseimbangan kadar gula darah. Olahraga ini juga bisa dilakukan di dalam rumah sehingga cenderung aman untuk dilakukan penderita diabetes.

  1. Bersepeda

Sebagaimana jalan cepat, bersepeda termasuk dalam olahraga aerobik yang baik bagi kesehatan organ kardiovaskular. Olahraga ini juga baik bagi kesehatan paru-paru. Hanya saja, karena penderita diabetes rentan mengalami luka jika sampai terjatuh dari sepeda, ada baiknya mereka menggunakan sepeda statis yang bisa dipakai di dalam rumah.

  1. Angkat beban

Olahraga ini bisa dilakukan di pusat kebugaran. Hanya saja, jika kita memiliki beban atau barbel di dalam rumah, tak ada salahnya melakukannya setiap hari. Rutin melakukan olahraga angkat beban bisa membantu membuat massa otot meningkat sekaligus membuat keseimbangan kadar gula darah terjaga.

  1. Berenang

Berenang bisa mengatasi stres, membakar kalori, menurunkan kolesterol, dan memperbaiki kesehatan organ kardiovaskular. Hanya saja, penderita diabetes harus berhati-hati saat melakukannya karena jika sampai terpeleset atau tergores, dikhawatirkan akan muncul luka.