Tips dan jenis Olahraga yang Tepat Saat Musim Hujan

gangguan-olahraga-saat-musim-hujan-doktersehat

DokterSehat.Com – Saat musim hujan tiba, sebagian besar masyarakat akan lebih banyak pasif dan berada di dalam rumah. Jarang sekali ada yang mau berolahraga meski aktivitas ini sangat menyehatkan. Kalau Anda termasuk orang yang malas, lebih baik diubah sejak sekarang. Simak tips olahraga saat musim hujan dan pilihan jenis olahraganya.

Tips olahraga saat hujan agar tetap sehat

Melakukan olahraga saat musim hujan pilihannya ada dua, pertama di dalam ruangan dan yang kedua di luar ruangan. Apapun jenis olahraga saat musim hujan yang Anda pilih, simak tips melakukannya di bawah ini:

  1. Pilih baju yang tepat

Pilih baju yang tepat untuk berolahraga. Baju yang tepat untuk berolahraga di musim hujan adalah yang cukup tebal, tapi tetap nyaman dan tidak mengganggu fungsi gerak. Baju ini akan melindungi udara dingin yang ingin masuk ke dalam tubuh.

Anda bisa memilih kaos yang agak tebal atau memakai jaket yang tahan air dan dingin. Jangan memakai baju biasa saja karena bisa membuat Anda kedinginan.

  1. Lakukan pemanasan dengan benar

Udara dingin membuat kaki dan tangan sering sekali kaku ada baiknya untuk tetap melakukan pemanasan. Anda bisa melakukan pemanasan sebelum melakukan olahraga saat musim hujan selama 15 menit di beberapa bagian tubuh yang sering digunakan untuk bergerak.

Hindari untuk langsung melakukan olahraga karena kemungkinan terjadi cedera akan tinggi. Pemanasan berlaku di semua jenis olahraga.

  1. Tubuh harus terhidrasi

Tubuh tetap harus terhidrasi dengan sempurna saat musim hujan. Selalu bawa botol minuman untuk mengganti cairan tubuh. Jangan kurangi jumlah asupan air sebanyak 8 gelas agar tidak mudah lemas dan akhirnya sakit.

  1. Memerhatikan kondisi cuaca dengan baik

Meski sedang musim hujan, tidak setiap hari akan turun hujan. Selain itu pasti ada saat-saat sedang cerah. Lakukan olahraga setiap harinya saat cuaca sedang mendukung. Jangan memaksakan diri untuk melakukan olahraga kalau sedang hujan deras.

Perhatikan prakiraan cuaca harian agar bisa mengantisipasi dengan membawa jas hujan atau pakaian anti air lainnya kalau hujan.

  1. Pilih olahraga yang tepat

Pilih olahraga saat musim hujan yang paling tepat. Tidak semua olahraga cocok dilakukan seperti sepak bola atau aneka aktivitas di luar ruangan. Kalau olahraga di dalam ruangan kapan pun bisa dilakukan.

  1. Segera mandi jika terkena hujan

Segera mandi kalau terkena hujan dan tubuh menjadi basah kuyup. Kalau tubuh basah kuyup dan kepala terkena air hujan kemungkinan akan pusing dan demam akan tinggi. Jadi, sedikit atau banyak terkena air hujan, segara bersihkan diri.

  1. Berolahraga setelah makan

Olahraga saat dingin akan membutuhkan banyak sekali energi ketimbang saat biasa. Oleh karena itu Anda wajib makan sebelum berolahraga agar tubuh bisa hangat dan tidak mudah kedinginan.

Jenis olahraga saat musim hujan

Jenis olahraga saat musim hujan bisa dibilang cukup tebatas. Kalau Anda ingin melakukannya, simak beberapa rekomendasinya di bawah ini:

  1. Angkat beban di gym

Olahraga pertama yang cocok dilakukan saat musim hujan adalah angkat beban di gym. Di tempat gym ada banyak sekali alat yang bisa digunakan. Jadi, meski hari sedang badai pun, Anda tetap bisa berolahraga dengan maksimal. Jadi, meski cuaca sedang buruk tidak akan menjadi masalah.

  1. Badminton

Anda tetap bisa melakukan badminton kapan saja asal berada di dalam ruangan. Oh, ya, berhubung udara cukup dingin saat hujan ada baiknya untuk melakukan badminton dengan pakaian yang nyaman atau berada di dalam ruangan yang tidak terlalu dingin.

  1. Renang

Berenang juga bisa dilakukan kapan saja dan bisa menjadi pilihan olahraga saat musim hujan yang tepat. Anda tetap harus memerhatikan pemanasan dan pendinginan agar tidak terjadi masalah di dalam air. Usahakan berenang saat pagi hingga sore.

  1. Jogging

Jogging bisa dilakukan di luar ruangan asal tidak hujan deras. Kalau hari terlihat tidak mendukung gunakan jaket yang bisa digunakan untuk menahan angin dan air. Selain itu perhatikan jenis sepatu yang digunakan dan usahakan yang tidak mudah ditembus dengan air hujan.

  1. Basket indoor

Anda yang suka bermain olahraga dalam bentuk tim bisa melakukan basket indoor. Jenis olahraga saat musim hujan yang satu ini pun tentunya bisa dilakukan kapanpun. Perhatikan pemanasan dan pendinginan agar tidak terjadi masalah pada kesehatan.

  1. Sepeda statis

Anda bisa bersepeda santai di dalam ruangan dengan sepeda statis. Kalau hari sedang baik barulah Anda bisa menggunakan sepeda biasa untuk berkeliling di luar ruangan.

  1. Yoga

Lakukan yoga di dalam ruangan dengan gaya apa pun. Selain yoga, Anda juga bisa melakukan relaksasi agar tubuh lebih berkeringat dan tidak mudah sakit.

Menjaga daya tahan saat musim hujan

Salah satu masalah terbesar kalau ingin melakukan olahraga saat musim hujan adalah daya tahan. Anda akan sering sakit sehingga menjaga daya tahan di bawah ini harus dilakukan.

  • Memerhatikan asupan makanan setiap harinya. Asupan makanan harus sesuai dengan nilai gizi harian. Kalau gizi harian sampai kurang kemungkinan sakit akan tinggi.
  • Mengonsumsi buah dan sayuran yang banyak mengandung vitamin C. Dengan mengonsumsi makanan seperti ini, tubuh tidak akan mudah sakit.
  • Kalau keluar rumah usahakan untuk tidak menggunakan pakaian dingin. Usahakan tubuh untuk tetap hangat.
  • Perbanyak minuman yang menangkal sakit dan bisa memicu peningkatan daya tahan seperti teh atau jahe.
  • Usahakan tidur tepat waktu dengan durasi sekitar 6-8 jam setiap harinya.

Inilah beberapa tips olahraga saat musim hujan. Mana saja yang pernah Anda lakukan? Terakhir, saat musim hujan, Anda masih tetap berolahraga atau justru malas melakukannya?