Terbit: 15 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Saat sedang Lebaran kita akan sibuk berkeliling dari rumah saudara yang satu ke rumah tetangga yang lain. Selain berkunjung, kita juga akan lebih banyak makan di sana sehingga tubuh akan menumpuk banyak lemak kalau tidak bisa mengontrol diri untuk tidak terus makan.

5 Cara Melakukan Olahraga Saat Lebaran agar Sempat dan Selalu Sehat

Kalau Anda susah mengontrol diri dan merasa sungkan kalau menolak makanan yang disajikan, pastikan untuk melakukan olahraga dengan baik. Dengan olahraga, energi yang berlebihan di dalam tubuh akan dibabat hingga habis sehingga tidak akan ada penumpukan lemak lagi.

Oh ya, karena Lebaran cukup susah untuk melakukan olahraga karena jadwal yang cukup padat, coba siasati dengan melakukan beberapa hal di bawah ini.

  1. Lebih banyak berjalan

Lebih banyak berjalan saat berkunjung ke rumah saudara atau tetangga. Kalau masih satu lingkungan jangan menggunakan kendaraan. Dengan berjalan kaki, Anda susah berolahraga ringan dan cukup mengurangi pasokan kalori yang berlebih pada tubuh sehingga penimbunan lemak tidak akan terjadi.

Oh ya, karena jalan kaki tidak begitu banyak membakar kalori terlebih jika jaraknya dekat, batasi apa yang dimakan, ya. Sebisa mungkin tidak makan banyak hidangan sehingag kalori yang masuk tidak terlalu banyak.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Darlie - Advertisement

  1. Sempatkan jogging pagi hari

Karena begitu menjalang siang kita akan repot dikunjungi oleh saudara atau mengunjungi saudara, olahraga hanya bisa dilakukan saat pagi hari. Bangunlah lebih pagi untuk melakukan jogging ringan di sekitar rumah sampai berkeringat selama 30 menit saja. Selanjutnya Anda boleh mandi dan bersiap-siap untuk melakukan acara selanjutnya.

Kalau Anda tidak menyempatkan olahraga, tubuh akan terus mendapatkan timbunan lemak. Kondisi ini akan membuat Anda jadi semakin malas dan pasif. Jadi, mumpung Lebaran baru satu hari, sempatkan olahraga dengan baik agar terbiasa pada hari-hari selanjutnya.

  1. Olahraga jelang tidur

Kalau Anda tidak sempat berolahraga di pagi hari, lakukan olahraga saat malam menjelang tidur. Anda tidak perlu keluar rumah untuk lari atau jogging. Cukup di dalam rumah atau di kamar untuk melakukan sit-up dan push-up semampunya hingga tubuh mendapatkan keringat.

Lakukan olahraga selama 15-30 menit saja setiap malam, selanjutnya keringkan tubuh, mandi, dan tidur dengan nyenyak. Kalau Anda membiasakan diri untuk melakukan olahraga, begitu kembali ke rumah atau tempat bekerja, tubuh akan segar dan bugar.

  1. Olahraga dengan beban tubuh

Kalau Anda ingin mendapatkan tubuh yang bugar, tapi tempat fitness masih banyak yang belum buka, coba untuk melakukan olahraga dengan beban tubuh. Anda bisa ke taman yang memiliki fasilitas untuk back-up, chin-up, dan olahraga yang hanya membutuhkan tubuh untuk melakukan gerakan.

Lakukan olahraga ini selama beberapa menit dua hari sekali agar tubuh tetap segar dan tidak terlalu capai mengingat harus melakukan perjalanan kembali ke rumah. Lakukan olahraga sesuai dengan kemampuan tubuh.

  1. Lakukan skipping

Olahraga terakhir yang bisa dilakukan di rumah, tanpa perlu keluar atau mencari tempat yang lebar adalah skipping atau lompat tali. Dengan melakukan olahraga ini Anda cukup menyisihkan waktu sekitar 15 menit di depan rumah atau di halaman belakang hingga berkeringat.

Lakukan skipping saat pagi hari sebelum memulai aktivitas atau di malam hari sebelum Anda beristirahat. Lakukan olahraga ini dengan rutin dan wajib disempatkan kalau Anda suka kalap saat makan.

Meski momen Lebaran banyak dihabiskan dengan keluarga dan makan, kita tidak boleh melupakan olahraga, ya. Kalau sampai lupa, Anda akan mengalami kegemukan pasca Lebaran.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi