Terbit: 20 Oktober 2019
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Sudah menjadi rahasia umum jika olahraga bisa memberikan banyak manfaat kesehatan. Ada orang yang terbiasa makan sarapan sebelum melakukannya, namun ada yang memilih untuk berolahraga saat perut masih kosong demi mencegah sensasi tidak nyaman pada perut. Mana yang lebih baik di antara kedua hal ini?

Olahraga dengan Perut Kosong Bisa Cegah Diabetes

Manfaat Olahraga dengan Perut Kosong

Penelitian terbaru yang dilakukan para ahli dari Bath University, Birmingham, Inggris, menghasilkan fakta bahwa berolahraga dengan perut masih kosong bisa memberikan manfaat lebih besar.

Dalam penelitian ini, disebutkan bahwa sering berolahraga dengan kondisi perut kosong akan membuat tubuh lebih baik dalam mengendalikan hormon insulin. Sebagaimana diketahui, keberadaan hormon ini bisa memberikan pengaruh besar bagi pengendalian kadar gula darah, sistem metabolisme, dan risiko terkena diabetes tipe 2.

Setidaknya, 30 pria yang mengalami masalah obesitas dilibatkan dalam penelitian ini. Para partisipan ini dibagi menjadi dua kelompok yang dicek kebiasaan makan dan olahraganya selama 6 pekan. Kelompok pertama diminta untuk sarapan sebelum melakukan olahraga dan kelompok kedua diminta untuk olahraga dengan perut kosong. Seluruh partisipan diminta untuk tak lagi mengonsumsi makanan apapun setelah pukul 20.00.

Menu sarapan yang dikonsumsi para partisipan adalah yang tinggi kandungan karbohidrat. Mereka juga diberi minuman plasebo di waktu sebelum dan setelah melakukan olahraga. Sebagai informasi, olahraga yang dilakukan para partisipan ini adalah bersepeda yang dilakukan tiga kali dalam seminggu dengan durasi 50 menit.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku PTH - Advertisement

Hasil dari penelitian ini adalah, kelompok partisipan yang berolahraga saat perutnya masih dalam kondisi kosong cenderung memiliki sensitivitas insulin yang jauh lebih baik. Sementara itu, kelompok lainnya cenderung mengalami kesulitan untuk mengendalikan insulin dan akhirnya memiliki risiko lebih besar terkena diabetes.

Penelitian ini juga mengungkap fakta bahwa kelompok yang berolahraga sebelum sarapan cenderung lebih baik dalam menurunkan berat badan dengan signifikan.

Beberapa Tips yang Bisa Dilakukan agar Tubuh Lebih Aktif

Banyak orang yang mengaku kesulitan untuk melakukan olahraga karena kesibukan sehari-hari. Bahkan, di akhir pekan tubuh terasa tidak nyaman dan kelelahan. Mengingat tubuh harus lebih aktif agar bisa tetap sehat, kita tentu harus cermat agar bisa menyiasati hal ini.

Berikut adalah beberapa cara yang bisa kita lakukan agar tubuh lebih aktif bergerak.

  1. Lebih Banyak Berjalan Kaki

Jika kita terbiasa membawa kendaraan bermotor ke mana-mana, cobalah untuk mulai mengurangi penggunaannya dan memperbanyak berjalan kaki. Sebagai contoh, jika kita perlu ke toko yang tidak begitu jauh, cobalah untuk berjalan kaki agar tubuh lebih aktif. Jika jaraknya terlalu jauh untuk digapai dengan berjalan kaki, tak ada salahnya untuk menggunakan sepeda.

Pakar kesehatan juga menyarankan kita untuk lebih sering memakai angkutan umum karena hal ini akan membuat kita lebih sering berdiri atau berjalan kaki dibandingkan dengan menggunakan kendaraan umum.

  1. Melakukan Pekerjaan Rumah

Lakukan pekerjaan rumah seperti menyapu, beres-beres, cuci piring, atau hal-hal lainnya secara rutin. Tak hanya membuat rumah menjadi lebih bersih dan rapi, hal ini juga bisa membantu tubuh lebih sehat.

  1. Mendengarkan Musik Saat Berolahraga

Mendengarkan musik sambil berolahraga baik itu di dalam atau di luar rumah bisa membuat semangat kita untuk melakukannya meningkat.

  1. Puasa Peralatan Elektronik

Di akhir pekan, cobalah untuk menjauh dari peralatan elektronik seperti ponsel atau televisi agar kita bisa disibukkan dengan hal-hal lainnya yang membuat tubuh menjadi lebih aktif.

  1. Melakukan Hobi yang Disenangi

Hobi bersepeda, berkebun, atau berenang bisa membantu kita menjadi lebih aktif bergerak.

 

Sumber:

  1. Dunne, Andy. 2019. Increase health benefits of exercise by working out before breakfast – new research. bath.ac.uk/announcements/increase-health-benefits-of-exercise-by-working-out-before-breakfast-new-research/. (Diakses pada 20 Oktober 2019).


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi