Terbit: 18 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Saat Lebaran kita memang selalu berusaha untuk mengatur pola makan agar tidak berlebihan. Namun, karena saat Lebaran godaannya sangat besar, beberapa dari kita jadi kalap saat makan dan akhirnya tidak bisa mengatur apa saja yang masuk ke dalam tubuh.

Olahraga yang Bisa Turunkan Lemak dengan Cepat Pasca Lebaran

Akibat tidak bisa mengatur apa yang masuk ke dalam tubuh, obesitas tidak bisa dihindari lagi. Tubuh jadi mengembang dan banyak lemak bermunculan khususnya di area perut dan juga bokong.

Nah, kalau Anda tidak mau berlama-lama dengan kondisi obesitas atau kenaikan berat badan di tubuh, segera lakukan olahraga. Turunkan berat badan dengan cepat menggunakan beberapa olahraga di bawah ini.

  1. Jogging dan jalan sehat

Olahraga pertama yang bisa dilakukan untuk menurunkan berat badan secara cepat pasca Lebaran adalah jogging atau jalan sehat. Lakukan aktivitas ini setiap pagi atau sore saat Anda sempat.

Saat melakukan jogging atau jalan sehat, Anda tidak perlu melakukannya selama hingga berjam-jam. Cukup lakukan selama 15-30 menit, tapi rutin setiap hari agar tubuh terbiasa untuk aktif bergerak.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Cetaphil Promo - Advertisement

Kalau Anda memiliki stamina yang baik, cobalah untuk berlari sesekali. Terapkan konsep intensitas tinggi, rendah, istirahat, lalu diulang hingga beberapa kali sesuai degan konsep Tabata.

  1. Angkat beban

Olahraga jenis kedua yang cukup membantu penurunan berat badan adalah angkat beban. Olahraga ini bisa digunakan untuk membakar lemak dengan cepat karena banyak kelompok otot yang dilatih dalam sekali waktu.

Semakin banyak kelompok otot yang dilatih, kalori yang dibutuhkan akan semakin banyak. Oleh karena itu cobalah untuk rutin melakukan angkat beban minimal 3 kali seminggu dengan intensitas yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Oh ya, angkat beban bisa dilakukan oleh pria dan wanita. Jadi, Anda dan pasangan bisa saling mendukung sehingga selalu semangat untuk menurunkan berat badan dengan cepat dan mudah.

  1. Bersepeda

Kalau Anda tidak suka mengangkat beban karena kondisi otot yang tidak memungkinkan, bisa melakukan sepeda santai setiap pagi atau sore hari. Bersepedalah dengan rutin dan melalui medan yang cukup sulit sehingga kaki akan banyak sekali mengayuh.

Saat bersepeda, usahakan untuk tidak melakukannya di siang hari. Terik matahari akan membuat Anda mudah sekali capai dan stamina akan turun dibarengi kondisi dehidrasi yang cukup parah.

  1. Sepak bola atau futsal

Beberapa pria enggan melakukan olahraga karena malas sendirian. Oleh karena itu, lakukan olahraga bersama dengan banyak orang dengan melakukan sepak bola atau futsal yang sangat menguras energi karena harus berlari di seluruh lapangan untuk menggiring bola.

Lakukan sepak bola atau futsal seminggu 2-3 kali. Jangan melakukan aktivitas ini dengan berlebihan karena futsal cukup menguras energi. Beri waktu pada tubuh untuk beristirahat hingga kembali ke kondisi terbaiknya.

  1. Olahraga dengan beban tubuh

Kalau Anda tidak sempat pergi ke mana-mana dan tetap ingin berolahraga dengan rutin setiap harinya, coba gunakan beban tubuh yang dimiliki. Anda bisa mulai dengan gerakan sederhana seperti sit-up, push-up, jumping jack, dan gerakan dengan tiang seperti chin-up.

Olahraga ini tidak membutuhkan alat sama sekali. Semua gerakan memanfaatkan beban tubuh yang Anda miliki. Jenis olahraga ini juga bisa disesuaikan intensitasnya mulai dari rendah, sedang, dan tinggi. Kalau Anda baru memulainya, pilih yang intensitasnya rendah agar gerakannya benar terlebih dahulu.

Nah, apa rencana olahraga Anda setelah Lebaran ini? Jangan kembali malas seperti saat Lebaran dan puasa, ya. Mari bergerak dan membuat tubuh kembali sehat.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi