Terbit: 17 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Olahraga adalah aktivitas melatih seluruh anggota tubuh dengan cara menggerakannya untuk mendapatkan kesehatan jasmani dan rohani. Olahraga teramat penting bagi setiap orang, sampai-sampai pakar kesehatan sangat menganjurkan agar setiap orang rutin berolahraga setiap hari.

Lebih Sehat Mana, Olahraga Pagi atau Malam?

Selain memberikan kebugaran, olahraga pun bisa digunakan sebagai metode dalam penurunan berat badan. Bagaimana tidak, dalam hitungan menit saja, sudah ada ratusan kalori yang terbakar. Bisa dibayangkan, jika semakin sering olaharaga maka kalori akan semakin banyak terbakar.

Kebanyakan orang biasanya melakukan pada pagi hari. Hal tersebut dikarenakan tubuh sedang fit akibat tidur semalaman. Selain itu, banyak yang memilih olahraga di pagi hari juga karena cuaca yang cerah serta udara yang masih segar dan bisa melegakan pernapasan. Namun, bagaimana jika olahraga dilakukan pada malam hari? Apakah manfaatnya masih sama, atau justru lebih baik?

Hal ini masih menjadi perdebatan hangat di dunia kesehatan, khususnya kebugaran tubuh. Sebab, ada beberapa pihak yang mengklaim bahwa pagi hari adalah waktu terbaik untuk olahraga. Namun, di sisi lain ada juga yang bersikeras berpendapat bahwa olahraga malam hari bisa memberikan manfaat berlebih bagi tubuh.

Perlu diketahui sebelumnya. Ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan dalam olahraga. Anda harus lebih mengenal diri Anda terlebih dahulu. Mulai dari tekanan darah, suhu tubuh, detak jantung, hormon, dan beberapa aspek lainnya. Hal ini digunakan untuk mengukur takaran olahraga yang tepat bagi tubuh Anda.

Sebab, setiap orang berbeda-beda aspeknya. Ada yang merasa lebih nyaman di pagi hari, adapula yang merasa lebih bugar di malam hari. Jadi, secara garis besar bisa disimpulkan bahwa kedua waktu tersebut sama-sama baik dan memiliki manfaat pada tubuh seseorang asal mengingat aspek di dalam tubuh. Jika tubuh Anda lebih nyaman berolahraga di pagi hari, maka lakukanlah pada pagi hari, begitupula sebaliknya.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi