Terbit: 17 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Cara untuk menjaga tubuh agar selalu sehat dan bugar adalah dengan cara menerapkan pola hidup sehat, khususnya olahraga. Ada dua jenis olahraga yang biasa dilakukan, yakni olahraga kardio dan olahraga angkat beban. Bagi sebagian besar orang, olahraga bukanlah sebuah aktivitas yang mudah. Terlebih lagi bagi mereka yang sedang memiliki aktivitas pekerjaan yang sangat padat sehingga tidak memiliki waktu luang dan banyak tenaga untuk berolahraga.

Selain Lari, Olahraga Sederhana ini Juga Ampuh Turunkan Berat Badan

Namun, bukan berarti Anda tidak bisa berolahraga sama sekali, sebab ada 3 jenis olahraga sederhana yang bisa Anda lakukan selain berlari, untuk mendapatkan bentuk tubuh ideal dan tentu saja selalu sehat dan bugar. Berikut diantaranya:

1. Squat Jump

Jenis latihan ini sudah cukup populer di kalangan masyarakat. Bahkan, tidak sedikit dari mereka menerapkan latihan squat jump di sela-sela aktivitas meraka karena gerakannya yang cukup mudah dan tidak memakan waktu lama. Latihan ini juga bermanfaat membantu tubuh untuk memompa jantung dan membakar kalori dalam jumlah besar. Sebuah studi juga menemukan sebuah fakta mengejutkan, yakni saat melakukan latihan squat jump selama empat menit yang dipecah menjadi 20 sesi, maka dapat menciptakan keajaiban bagi tubuh Anda. Anda bisa membakar lebih dari 13 kalori per menit dengan melakukan intensitas tinggi ini.

2. Berolahraga dengan Tangga

Apakah Anda pernah mendengar bahwa naik turun tangga juga bisa menurunkan berat badan? Hal tersebut memanglah benar. Berolahraga dengan tangga bukan hanya melatih kelincahan kaki saja, namun juga bisa membuat kaki dapat bergerak dengan cepat sehingga memompa denyut jantung. Oleh sebab itu, berolahraga dengan naik turun tangga dapat dikatakan sebagai jenis olahraga yang cukup mudah untuk dilakukan. Selain dapat melatih kelincahan dan kecepatan kaki, olahraga dengan tangga juga mampu membakar kalori lebih cepat.

3. Lompat Tali

Jenis olahraga sederhana yang ampuh menurunkan berat badan yang terakhir adalah lompat tali. Dengan lompat tali, Anda bisa membakar sekitar 13 kalori per menit. Olahraga ini sangat mudah untuk dilakukan. Anda hanya membutuhkan tali sebagai alat. Setelah itu, Anda bisa menggunakan tali tersebut untuk melompat dalam beberapa kali hitungan.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku PTH - Advertisement


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi