Jangan Takut Olahraga Malam, Inilah Manfaatnya

doktersehat-olahraga-malam
photo credit : pexels.com

DokterSehat.Com– Bicara mengenai waktu olahraga memang tidak ada habisnya. Sebab, sampai saat ini masih saja terdapat mitos-mitos mengenai waktu olahraga. Ada yang mengatakan bahwa olahraga sebaiknya dilakukan pada pagi hari saja karena udara masih sangat segar. Namun, tak sedikit pula yang mengatakan bahwa olahraga di malam hari tak sehat karena bisa memicu terjadinya gangguan kesehatan.

Tentu saja perdebatan tersebut membuat sebagian besar orang menjadi bingung. Pasalnya, tidak semua orang memiliki waktu luang untuk berolahraga di pagi hari. Dengan hadirnya mitos tersebut, mereka pun takut jika harus berolahraga di malam hari. Lantas, apa yang sebaiknya dilakukan? Apakah harus memercayai mitos sehingga tidak berolahraga?

Perlu diketahui, mitos yang mengatakan bahwa olahraga di malam hari itu tidak sehat, merupakan sebuah mitos yang tidak bisa dipercaya sepenuhnya. Sebab, bagaimanapun juga olahraga adalah aktivitas baik, walau dilakukan pada waktu apapun. Dilansir dari laman Cosmopolitan, bahwasanya ada manfaat yang bisa kita dapatkan jika berolahraga di malam hari. Apa saja manfaat tersebut? Berikut diantaranya:

1. Mengeluarkan Racun

Tidak bisa dipungkiri, selama seharian penuh tubuh kita akan dihantam dengan berbagai macam bakteri, virus, serta radikal bebas yang bisa berubah menjadi racun. Untuk mengatasi serta mengeluarkan racun tersebut, Anda bisa melakukan olahraga pada malam hari. Maka dari itu, olahraga di malam hari cukup baik dilakukan bagi orang yang memiliki rutinitas yang padat pada siang hari.

2. Meningkatkan Kualitas Tidur

Mungkin Anda pernah mengalami, saat tubuh sangat pegal dan lelah justru tidak bisa mendapatkan kualitas tidur yang baik, bukan? Untuk mengatasinya, Anda perlu melakukan peregangan agar tubuh tidak terasa sakit semua. Dengan begitu, maka Anda akan mendapatkan tidur yang berkualitas dan nyenyak sampai pagi hari.

3. Mengatasi Sesak Napas

Bagi orang yang memiliki sesak napas, biasanya rasa sesak tersebut akan kumat saat suhu tubuh menjadi dingin. Sedangkan, setiap malam suhu selalu dingin, maka dari itu harus ada tindakan yang bisa membuat suhu menjadi stabil dan hangat. Salah satu caranya adalah dengan berolahraga. Sebab, berolahraga akan membakar kalori di dalam tubuh sehingga suhu tubuh pun menjadi hangat.