Olahraga Kalistenik, Cara Ampuh Membentuk Otot dengan Cepat

Photo Credit : www.pixabay.com

DokterSehat.Com-Tidak sedikit orang yang mendambakan punya tubuh atletis dengan otot yang terbentuk ideal sehingga bisa memacu penampilan. Tapi untuk mendapatkan impian tersebut kebanyakan orang enggan melakukannya karena harus melalui tahapan yang cukup sulit dan panjang.

Ya, secara umum untuk mendapatkan tubuh atletis memang harus melakukan berbagai usaha yang sedikit berat dan memakan waktu, misalnya nge-gym.

Namun, Anda harus tahu kalau ada sebuah metode yang tidak mewajibkan untuk latihan berat guna mendapat tubuh atletis. Metode tersebut bernama kalistenik. Ya, kalistenik merupakan sebuah olahraga yang terdiri dari seperangkat gerakan motorik untuk membangun otot tubuh secara berkala.

Gerakannya terdiri dari menarik, mendorong, menerjang, serta mengangkat kepala tanpa alat bantu apapun. Tapi jangan lupa, diperlukan pemanasan terlebih dahulu agar tidak terjadi cidera otot saat olahraga berlangsung.

Adapun ragam kalistenik yang paling mendasar adalah ­push-up, pull-up, squat, crunch, dan lunges. Menurut sebagian orang, kalistenik juga bisa disebut sebagai competitor dari sasana kebugaran.

Seperti diketahui, sasana kebugaran merupakan olahraga yang berfokus pada pembentukan otot hipertropi, sedangkan kalistenik sendiri menggunakan banyak otot dalam satu gerakan yang diistilahkan dengan Compound Movements.

Sebagai contoh, saat melakukan pull-up, terdapat banyak otot yang terlibat dalam gerakan ini, diantaranya triseps, biseps, punggung, perut, hingga bahu.

Dengan melakukan latihan secara rutin, paling tidak 30 menit dalam sehari, maka otot bagian atas akan bereaksi lebih cepat sehingga tidak membutuhkan waktu lama untuk mendapatkan bentuk tubuh yang atletis.

Lebih lanjut, orang-orang yang telah melakukan olahraga ini memaparkan jika manfaat yang diberikan sangat baik, khususnya pada kekuatan otot bagian atas.

Jadi, olahraga kalistenik merupakan salah satu olahraga yang bisa dikatakan cukup mudah dan dapat dilakukan di mana saja karena tidak butuh alat bantu.