Terbit: 5 Agustus 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Hamil kembar ternyata tidak menjadi hambatan bagi ibu hamil untuk tetap melakukan olahraga. Olahraga hamil penting dilakukan sekalipun sedang hamil kembar agar ibu hamil tetap sehat dan bugar. Kondisi ibu hamil yang sehat dan bugar ini tentunya akan memberikan efek positif kepada janin kembarnya.

Aman, 7 Olahraga yang Baik untuk Ibu Hamil Kembar

Manfaat olahraga hamil bagi ibu hamil kembar

Olahraga hamil memiliki manfaat bagi ibu hamil termasuk ibu hamil kembar. Manfaat olahraga hamil untuk ibu hamil kembar yang cukup terasa adalah untuk meredakan sakit punggung yang akrab dialami oleh ibu hamil kembar.

Olahraga hamil juga dapat membantu ibu hamil kembar untuk tidur lebih nyenyak. Selain itu olahraga hamil juga bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan kardiovaskular, dan meredakan pergelangan kaki yang bengkak.

Olahraga yang baik untuk ibu hamil kembar

Berenang

Berenang dan adalah olahraga yang baik untuk ibu hamil. Air akan membantu Anda membawa berat tubuh dan janin Anda. Hal ini akan membuat tekanan dari sendi dan ligamen Anda sehingga terhindar dari cidera.

Olahraga hamil ini bermanfaat untuk meredakan sakit dan nyeri pada ibu hamil kembar. Pada masa hamil tua, ibu hamil akan merasa sensasi senang apabila berdiri di dalam kolam berenang. Sering berada di kolam berenang juga dapat mengurangi bengkak pada kaki dan kaki Anda.

Akan tetapi, konsultasilah dengan bidan atau dokter kandungan Anda sebelum Anda mulai berenang jika Anda memiliki sakit punggung atau nyeri panggul. Hal ini mencegah Anda dan janin dari hal-hal buruk.

Baca juga: Berenang Merupakan Olahraga yang Baik Untuk Hamil Kembar

Peregangan (Stretching)

Olahraga hamil lainnya yang baik untuk ibu hamil kembar adalah melakukan peregangan. Peregangan dapat membantu memperpanjang otot dan melonggarkan seluruh tubuh Anda sehingga Anda merasa lebih nyaman saat hamil.

Rasa sakit selama kehamilan akan berkurang apabila Anda melakukan peregangan setiap hari. Peregangan juga memiliki banyak manfaat yang sama untuk bayi Anda. Lakukanlah peregangan seperti lingkaran bahu, peregangan dada, putar pinggang, peregangan betis, putri duyung, peregangan paha dan pinggul fleksor.

Latihan kegel

Biasanya ibu hamil apalagi ibu hamil kembar akan sedikit buang air kecil tanpa sengaja akibat batuk atau bersin. Hal ini terjadi karena berat ekstra yang sedang Anda tanggung. Selain itu, hal ini juga terjadi karena peningkatan hormon kehamilan.

Masalah ini bisa diatasi melalui olahraga hamil berupa latihan kegel. Melalui olahraga latihan kegel, otot-otot dasar panggul Anda akan terlatih sehingga bisa mencegah atau mengobati masalah kebocoran air seni itu. Latihan kegel pun aman untuk ibu hamil kembar.

Yoga

Yoga adalah olahraga hamil yang sangat lembut bagi ibu hamil kembar. Yoga bisa untuk menjaga kebugaran. Olahraga hamil ini juga membangun fleksibilitas dan nada otot Anda. Ikutilah kelas yoga khusus pernapasan dan rileksasi pada saat trimester pertama kehamilan.

Pada saat trimester kedua Anda, Anda baru bisa mengikuti kelas yoga yang lebih ekstra lagi. Jangan melakukan gerakan dengan telentang setelah 16 minggu. Posisi ini dapat menurunkan tekanan darah Anda dan akan membuat Anda merasa pingsan.

Pilates

Olahraga yang baik untuk ibu hamil kembar selanjutnya adalah pilates. Olahraga pilates ini menargetkan otot perut dan otot dasar panggul Anda yang merupakan area di mana banyak tekanan terutama yang membawa lebih dari satu bayi.

Beberapa latihan Pilates dilakukan dengan posisi tangan dan lutut. Latihan pilates akan menghilangkan stres di punggung dan panggul Anda. Carilah kelas Pilates yang dirancang untuk wanita hamil dan aman pula untuk hamil kembar.

Anda perlu tahu bahwa Anda juga tidak boleh melakukan pose yang melibatkan Anda berbaring telentang atau perut pada olahraga pilates ini. Anda akan dapat melakukan beberapa latihan Pilates menggunakan bola bersalin yang mendukung gerakan Anda.

Baca juga: Senam Hamil Pilates

Berjalan

Berjalan adalah bentuk olahraga hamil yang luar biasa khususnya bagi ibu hamil kembar. Olahraga hamil yang sederhana ini akan membuat Anda tetap bugar tanpa menggerakan lutut dan mata kaki Anda. Berjalan santai dapat membantu Anda tetap aktif sehingga nyeri panggul dan nyeri punggung dapat diatasi.

Aerobik air

Olahraga air adalah olahraga untuk ibu hamil kembar yang mudah dan aman. Olahraga hamil ini bisa dilakukan oleh berbagai kalagan. Aerobik air memiliki manfaat untuk membakar lemak. Selain bermanfaat untuk kesehatan dan kebugaran, aerobik air juga bisa menyenangkan perasaan ibu hamil kembar.

Tanda untuk menghentikan olahraga hamil

Walaupun olaraga di atas aman dan baik bagi ibu hamil kembar tetapi Anda tetap harus waspada saat melakukan olahraga tersebut. Hentikanlah sementara waktu apabila terdapat beberapa tanda ini:

  • Merasa seperti mengalami kontraksi
  • Merasakan tekanan panggul
  • Mengalami pendarahan atau keluarnya cairan vagina
  • Merasa pusing
  • Mengalami pembengkakan, terutama di kaki Anda

DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi