5 Olahraga di Gym yang Cocok untuk Wanita

doktersehat olahraga wanita

DokterSehat.Com – Secara fisik tubuh wanita memang lebih lemah daripada pria. Struktur tulang dan juga ototnya sedikit berbeda sehingga secara stamina, pria selalu lebih unggul. Meski tubuh wanita tidak sekuat pria dan pembentukan ototnya tidak masif, wanita tetap bisa menjadi kuat dan sehat kalau mau berlatih serius di gym.

Kalau Anda adalah wanita yang ingin meningkatkan stamina tubuh agar bisa melakukan apa saja atau wanita yang ingin menurunkan berat badan, lakukan olahraga secara rutin di gym paling tidak seminggu tiga kali. Untuk gerakan yang bisa dilakukan, coba simak beberapa rekomendasinya di bawah ini.

  1. Squat

Squat adalah latihan yang digunakan untuk melatih otot di sekitar kaki dan bokong. Latihan ini dilakukan dengan cara seperti jongkok ke belakang lalu kembali lagi ke posisi duduk. Lakukan hal ini sebanyak 3-4 set dengan masing-masing set terdiri dari 8-12 pengulangan.

Squat bisa dilakukan secara langsung tanpa ada beban. Namun, kalau Anda ingin efek yang lebih baik bisa menggunakan beban berupa dumbbell, barbell, atau plat besi dengan ukuran mulai dari 2,5 kg.

Lakukan Latihan ini dengan selang satu hari jika ingin mengulang. Selain itu, sesuaikan squat dengan kondisi tubuh agar tidak terlalu berat dan posisinya benar.

  1. Lat pull down

Lat pull down adalah latihan yang dilakukan dengan mesin untuk melatih otot punggung. Anda bisa menarik stik yang ada pada mesin ke bawah dengan dada sedikit membusung dan pinggang mengunci. Lakukan latihan ini sebanyak 3-4 set.

Latihan ini akan membuat otot di sekitar punggung jadi lebih kencang dan terbentuk. Kalau Anda melihat model-modal dari Victoria Secret, punggung itulah yang akan Anda dapatkan kalau rutin melakukan latihan ini,

  1. Curling untuk tangan

Curling atau menekuk tangan dengan dumbbell adalah salah satu latihan yang banyak dilakukan oleh wanita. Latihan ini memberikan manfaat berupa pengecilan lemak di sekitar tangan sehingga bentuk tangan menjadi lebih indah dan tidak menggelambir.

Curling ini bisa dilakukan sambil duduk atau berdiri. Gerakannya juga ada yang langsung di depan tubuh atau dari samping. Latihan ini sama-sama melatih otot di tangan dengan

  1. Deadlift

Latihan selanjutnya yang bisa dilakukan oleh wanita adalah deadlift. Latihan ini dilakukan untuk memperkuat otot di area core dan pinggang belakang. Lemak yang ada di sekitar perut akan perlahan menghilang sehingga tubuh terlihat lebih langsing dari biasanya.

Oh ya, karena deadlift cukup susah dilakukan dan melibatkan cukup banyak otot di perut, wanita disarankan untuk menggunakan sabuk di sekitar perut. Selain itu, kalau tidak kuat menggunakan barbell bisa menggunakan dumbbell dengan gerakan atau form yang sama.

Oh ya, deadlift termasuk latihan besar yang melibatkan banyak sekali otot di area perut. Oleh karena itu, lakukan latihan ini maksimal seminggu dua kali dan tidak boleh berurutan.

  1. Bench press

Olahraga terakhir yang cukup dianjurkan untuk wanita karena termasuk latihan besar adalah bench press. Latihan ini bisa dilakukan dengan barbell atau dumbbell. Gerakannya pun bisa sambil miring ke atas, ke bawah, atau datar.

Kelebihan dari latihan bench press adalah kuatnya tubuh bagian atas. Wanita bisa dengan mudah mengangkat apa-apa karena otot di sekitar tangan dan dada bekerja dengan maksimal.

Nah, dari lima jenis latihan di gym yang tersaji di atas, mana saja yang pernah Anda lakukan? Yuk, latihan dengan serius dan jangan takut akan memiliki badan berotot karena wanita tidak akan mengalaminya.