Terbit: 27 Oktober 2019
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Salah satu hal penting yang harus dilakukan setiap hari selain memenuhi nutrisi dengan baik adalah olahraga. Dengan melakukan olahraga, Anda akan mendapatkan cukup banyak manfaat seperti tubuh yang ideal. Nah, pertanyaannya adalah apakah olahraga yang dilakukan sehari sebanyak dua kali aman?

Hal yang Harus Diperhatikan Kalau Ingin Olahraga Dua Kali Sehari

Manfaat Olahraga Dua Kali Sehari

Melakukan olahraga dengan benar akan memberikan cukup banyak manfaat untuk tubuh. Berikut beberapa manfaat yang akan dilakukan kalau olahraganya dua kali dalam sehari.

  • Meningkatkan volume olahraga untuk mereka yang hanya punya waktu sedikit untuk berolahraga. Misal hanya bisa berolahraga seminggu 3 kali. Agar bisa maksimal, volumenya dinaikkan jadi pagi dan malam hari. Lakukan hal ini kalau memang tubuh mampu melakukannya.
  • Mengurangi gaya hidup yang pasif. Gaya hidup yang pasif akan membuat Anda jadi lemah, rawan mengalami obesitas, hingga mengalami gangguan pada seks. Dengan melakukan olahraga dua kali sehari meski intensitasnya rendah, Anda tetap mendapatkan manfaatnya.
  • Performa tubuh akan meningkat. Performa ini sangat penting untuk menentukan apakah tubuh jadi kuat atau lemah. Kalau tubuh terbiasa memiliki performa yang tinggi, kemungkinan besar performanya meningkat perlahan-lahan.
  • Pertumbuhan otot di tubuh akan meningkat. Pertumbuhan otot bisa terjadi karena ada rangsangan yang kuat. Kalau Anda mengonsumsi makanan dalam jumlah yang lebih banyak nutrisinya, otot bisa tumbuh dengan lebih cepat.

Kekurangan Olahraga Dua Kali Sehari

Olahraga yang dilakukan sebanyak dua kali dalam sehari tetap memberikan efek samping pada tubuh. Kalau Anda sembrono melakukannya, beberapa hal di bawah ini bisa saja terjadi.

  • Mengalami dehidrasi yang berlebihan pada tubuh. Dehidrasi yang berlebihan pada tubuh muncul karena Anda terus menguras kadar air. Kalau kadar airnya terus turun, kemungkinan besar tubuh jadi sangat lemah.
  • Mengalami overtraining. Kondisi ini menyebabkan tubuh jadi sulit sekali digerakkan atau jadi lemas karena energi terkuras dengan habis. Kondisi ini menyebabkan Anda sulit melakukan aktivitas lain atau bahkan mengalami sakit.
  • Mengalami cedera pada tubuh. Cedera pada tubuh akan menyebabkan beberapa bagian tubuh keseleo, parah, atau masalah lainnya.

Hal  yang Harus Diperhatikan Sebelum Olahraga

Sebelum Anda melakukan olahraga sebanyak dua kali dalam sehari, perhatikan beberapa hal di bawah ini terlebih dahulu. Harapannya adalah untuk mencegah terjadinya overtraining yang bisa berbahaya.

  1. Selalu Perhatikan Keselamatan

Apa pun tujuan Anda melakukan olahraga, pastikan keselamatan diri terlebih dahulu. Jangan karena terobsesi memiliki tubuh yang ideal atau tujuan lainnya Anda jadi sembrono dan tidak memperhatikan keselamatan diri sendiri.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku RT Mandiri - Advertisement

Seperti yang sudah dibahas di atas, olahraga dua kali dalam sehari bisa menyebabkan overtraining. Kalau kondisi overtraining tidak terlalu parah, istirahat 1-2 hari saja sudah cukup. Namun, kalau sampai menyebabkan cedera pada tubuh, kemungkinan besar akan sembuh lebih lama.

Selain keselamatan yang berhubungan dengan tubuh, Anda juga harus memperhatikan keselamatan sekitar. Misal tidak melakukan di jalanan yang ramai. Kalau olahraga dilakukan di tempat itu, kemungkinan besar bisa mengalami kecelakaan.

  1. Prioritaskan untuk Melakukan Istirahat

Olahraga yang dilakukan sebanyak dua kali dalam sehari sangat rawan sekali kelelahan. Oleh karena itu lakukan istirahat yang cukup dan beri jeda waktu antar olahraga yang cukup. Misal pagi olahraga lalu baru malam hari melanjutkannya.

Jangan memaksakan diri untuk melakukan olahraga secara berlebihan. Kalau Anda melakukannya, tubuh bisa saja rawan cedera. Kalau cedera terjadi organ tubuh seperti kaki dan tangan bisa terdampak, bahkan mengalami kerusakan.

  1. Perhatikan Isi Piring

Dalam melakukan olahraga ada beberapa hal penting yang harus dilakukan. Hal penting itu adalah nutrisi yang masuk ke dalam tubuh. Kalau nutrisi yang masuk ke dalam tubuh sangat sedikit, kemungkinan besar bisa memicu kondisi lemas di tubuh.

Santaplah makanan yang cukup. Kalau Anda bisa menyantap makanan yang cukup dan kandungan nutrisinya seimbang, kemungkinan besar tubuh tidak akan lemas. Selain itu proses penyembuhannya juga berjalan dengan cepat sehingga saat waktu olahraga lanjutan tiba, tidak terasa kelelahan.

  1. Gerakan Harus Sempurna

Percuma kalau Anda olahraga sampai dua kali dalam sehari kalau gerakannya masih saja salah. Oleh karena itu fokuskan pada gerakan yang sempurna terlebih dahulu. Hindari melakukan gerakan di luar arahan atau form.

Kalau Anda merasa sulit melakukan gerakan atau tidak tahu apakah gerakannya sudah sempurna atau tidak, ada baiknya untuk bertanya pada mereka yang sudah ahli. Dengan begitu gerakan bisa dibenarkan.

  1. Jangan Terlalu Tinggi Intensitasnya

Turunkan intensitas dari gerakan olahraga yang dilakukan. Kalau gerakannya sangat intens, kemungkinan besar bisa mengalami overtraining. Pahami kondisi fisik dan jangan memaksakan diri.

Intensitas tidak selalu menentukan hasil. Daripada nanti Anda malah mengalami cedera dan akhirna tidak bisa melakukan olahraga lagi, ada baiknya untuk menyesuaikan diri dengan kondisi fisik dan dimulai dari intensitas rendah terlebih dahulu.

Inilah beberapa ulasan tentang melakukan olahraga dua kali dalam sehari. Selama Anda kuat menjalankan olahraga ini dengan baik dan tidak sampai mengalami overtraining, tidak masalah. Namun, kalau memicu gangguan yang besar, ada baiknya memperhatikan istirahat.

 

 

Sumber:

  1. Frothingham, Scott. 2019. What Are the Pros and Cons of Working Out Twice a Day?. https://www.healthline.com/health/fitness-exercise/working-out-twice-a-day#weight-management. (Diakses pada 27 Oktober 2019)
  2. Shkodzik, Kate. 2019. Working Out Twice a Day: Should You Do It?. https://flo.health/menstrual-cycle/lifestyle/fitness-and-exercise/working-out-twice-a-day. (Diakses pada 27 Oktober 2019)
  3. Williams, Laura. 2019. The Pros and Cons of Working Out Twice a Day. https://www.verywellfit.com/working-out-twice-a-day-4136241. (Diakses pada 27 Oktober 2019)
  4. Baum, Isadora. 2018. Should You Work Out Twice a Day?. https://www.menshealth.com/fitness/a19539530/is-it-safe-to-work-out-twice-a-day/. (Diakses pada 27 Oktober 2019)
  5. Rachael Finch. 2019. 5 Things to Consider Before Working Out Twice a Day. https://www.byrdie.com/working-out-twice-a-day-4691692. (Diakses pada 27 Oktober 2019)

 


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi