Alasan Mengapa Olahraga Bagus untuk Kesehatan Otak

doktersehat olahraga ringan setelah sahur

DokterSehat.Com– Anda pasti sepakat jika olahraga sangat bermanfaat bagi kesehatan dan kebugaran tubuh, bukan? Bahkan, olahraga juga bisa membentuk tubuh menjadi langsing dan ideal. Dengan olahraga, tubuh bisa menjadi lebih kuat dan tidak mudah terserang penyakit. Oleh karenanya, olahraga sangat dianjurkan untuk dilakukan secara rutin setiap hari.

Selain bermanfaat untuk kesehatan tubuh, ternyata olahraga juga baik untuk kesehatan otak. Seperti yang kita tahu bahwa otak merupakan salah satu bagaian organ di dalam tubuh yang memegang kendali seluruh hidup kita.

Jika otak tidak dalam keadaan baik, maka kita tidak bisa hidup dengan baik pula. Daripada penasaran, berikut adalah beberapa manfaat olahraga bagi kesehatan otak, diantaranya:

1. Mempercepat Pertumbuhan Sel Otak

Tahukah Anda bahwa semakin bertambahnya usia maka semakin lambat pula pertumbuhan sel otak, serta menyusutnya jaringan yang ada di otak. Akan tetapi, kondisi tersebut dapat dicegah, bahkan pertumbuhan sel otak yang baru akan semakin cepat.

Cara yang bisa Anda gunakan adalah olahraga secara rutin. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa otak mengalami peningkatan volume cera signifikan setelah menjalankan program olahraga, khususnya kardio selama kurang lebih 6 bulan. Oleh karena itu, cobalah untuk berolahraga secara rutin setiap hari.

2. Meningkatkan Produksi Hormon

Manfaat dari rutin olahraga bagi kesehatan otak selanjutnya adalah mampu meningkatkan produksi hormon pembangun otak. Hal ini dikarenakan saat berolahraga, produksi BDNF atau Neurotropik akan semakin meningkat.

BDNF merupakan zat yang bertugas untuk menstimulasi perkembangan sel-sel yang ada di dalam otak. Sehingga, dapat disimpulkan rutin berolahraga sangat baik untuk pertumbuhan dan perkembangan otak.

3. Dapat Mengatasi Depresi

Kesibukan di kantor akibat pekerjaan yang menupuk sering kali membuat Anda stres. Ditambah lagi dengan masalah lain yang berhubungan dengan masalah pribadi menambah beban pikiran Anda sehingga menyebabkan depresi.

Jika dibiarkan, depresi akan memperlambat kemampuan otak untuk memproses informasi sehingga dapat menyebabkan Anda kesulitan dalam berpikir atau konsentrasi. Untuk mengatasinya, Anda bisa berolahraga secara rutin yang dikalim ampuh mengatasi depresi.

Hal ini dikarenakan olahraga secara rutin dapat meningkatkan produksi hormon serotonin dan dopamin yang berperan penting dalam membangun suasana hati yang bahagia.