Terbit: 26 November 2020
Ditulis oleh: Gerardus Septian Kalis | Ditinjau oleh: dr. Ursula Penny Putrikrislia

Olahraga basket adalah salah satu olahraga paling populer di dunia. Ini adalah jenis olahraga yang bisa dilakukan oleh segala usia karena mudah untuk dipraktekkan. Apa saja manfaat main basket bagi kesehatan tubuh? Simak penjelasan lengkapnya.

15 Manfaat Olahraga Basket, Baik bagi Kesehatan Fisik hingga Mental

Manfaat Olahraga Basket bagi Kesehatan Fisik dan Mental

Seperti halnya olahraga lain yang membutuhkan bola, jenis olahraga ini menuntut Anda untuk fokus dalam mengatur kekuatan, koordinasi, dan ketahanan otot. Saat semua fungsi tubuh bekerja secara bersamaan, hal itu bisa berdampak pada kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Berikut adalah berbagai manfaat olahraga basket yang bisa Anda dapatkan, antara lain:

1. Memperkuat Daya Tahan Otot

Bermain bola basket membutuhkan ketangkasan, kekuatan, dan stamina. Anda harus dengan cepat bergerak dan mengubah arah menggunakan kontraksi otot intensitas tinggi berdurasi pendek.

Anda juga membutuhkan daya tahan otot, yang merupakan kemampuan otot untuk berulang kali memberikan kekuatan untuk waktu yang lama. Jika rutin melakukannya, manfaat main basket dapat meningkatkan ketahanan otot sekaligus membangun kekuatan tubuh bagian bawah dan atas.

2. Menjaga Kesehatan Tulang

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa bermain olahraga tim, seperti bola basket, memiliki efek positif pada kekuatan tulang. Penelitian tersebut mengungkapkan bahwa seseorang yang rutin melakukan olahraga yang banyak mengandalkan tangan ini memiliki kepadatan mineral tulang yang lebih banyak, dibanding seseorang yang jarang bergerak.

3. Meningkatkan Keseimbangan

Bermain bola basket mengharuskan Anda mengembangkan koordinasi tangan, mata, dan kaki sambil menjaga keseimbangan sepanjang gerakan. Saat bermain, Anda perlu menggerakkan tubuh dengan cepat saat melompat, berputar, atau mengubah arah.

Olahraga basket mengharuskan Anda menggunakan banyak keterampilan motorik seperti menembak, mengoper, dan menggiring bola. Memiliki kekuatan tubuh yang baik dapat membantu Anda melakukan semua gerakan tersebut dengan lebih mudah.

4. Mengembangkan Keterampilan Gerakan Dasar

Bermain bola basket menawarkan kesempatan kepada anak-anak untuk mengembangkan keterampilan motorik yang diperlukan untuk perkembangan. Sebuah penelitian menunjukkan keefektifan bola basket dalam meningkatkan keterampilan gerakan dasar yang perlu dipelajari anak-anak. Keterampilan ini terbukti memiliki efek positif dalam meningkatkan berat badan yang sehat dan meningkatkan kebugaran tubuh.

5. Memperbaiki Komposisi Tubuh

Sebuah penelitian menemukan bahwa bermain bola basket memiliki efek positif pada komposisi tubuh secara keseluruhan. Dalam penelitian ini, seseorang menjalani 3 bulan pelatihan bola basket memiliki efek positif pada kebugaran dan komposisi tubuh secara keseluruhan.

Usai pelatihan, partisipan dalam penelitian ini menunjukkan massa tubuh tanpa lemak meningkat dan menurunkan persentase lemak tubuh.

6. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Aktivitas fisik secara teratur membantu meningkatkan kesehatan jantung dan tingkat kebugaran secara keseluruhan. Menurut penelitian, olahraga bola basket meningkatkan detak jantung istirahat, yang memiliki efek positif pada kebugaran kardiorespirasi. Efek positifnya juga terkait dengan kemungkinan lebih rendah terkena penyakit kardiovaskular.

7. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Anda dapat mengembangkan kepercayaan diri saat Anda menemukan dan belajar lebih banyak tentang siapa Anda dalam situasi baru. Sebagai sebuah tim, setiap anggota dapat saling mendorong, memotivasi, dan mendukung.

Anggota tim juga dapat menunjukkan bagian-bagian mana yang membutuhkan perbaikan, hal itulah yang mengarahkan pada pertumbuhan sikap positif. Sukses di lapangan dapat meluas ke area lain dalam hidup.

Baca Juga: Pakai Masker saat Olahraga di Masa Pandemi COVID-19, Amankah?

8. Menurunkan Stres

Terlibat dalam aktivitas fisik dapat membantu tubuh melepaskan endorfin, hormon yang terkait dengan perasaan senang. Endorfin dapat meningkatkan suasana hati, meningkatkan relaksasi, dan mengurangi rasa sakit. Hormon ini juga dapat mengurangi depresi, meningkatkan harga diri, dan meningkatkan produktivitas.

Olahraga bola basket akan membantu Anda mengasah kemampuan konsentrasi dengan tetap fokus pada permainan. Hal ini dapat membantu mengembangkan kesadaran atau perhatian yang terjadi saat itu. Cara ini mungkin efektif untuk membantu mengatasi kecemasan.

9. Meningkatkan Rasa Kebersamaan

Bermain bola basket membantu menumbuhkan rasa kebersamaan dan kerja tim. Anda mungkin memiliki kesempatan untuk berinteraksi secara positif dengan orang-orang dari latar belakang berbeda, hal itu dapat memperluas perspektif mengenai suatu masalah.

Selain itu, Anda akan belajar bermain dengan adil dan anggun terlepas dari hasil permainan. Keberhasilan rekan satu tim dapat menjadi teladan yang suportif dan positif bagi satu sama lain.

10. Mengembangkan Kemampuan Komunikasi

Saat Anda berinteraksi dengan rekan satu tim, Anda mungkin mempelajari cara baru untuk berkomunikasi secara verbal dan nonverbal. Setiap anggota tim memiliki kesempatan untuk berbicara dan mendengarkan setiap apa yang anggota tim lain katakan.

Akan ada waktu untuk berkomunikasi sebelum, selama, dan setelah permainan. Baik Anda belajar berbicara atau lebih sering diam, keterampilan komunikasi yang positif akan membawa manfaat bagi kehidupan secara keseluruhan.

11. Membantu Menurunkan Berat Badan

Cara yang aman dan efisien untuk membakar kalori salah satunya adalah dengan bermain basket. Menyeimbangkan antara kalori yang masuk dan kalori yang dibakar dapat menjaga berat badan ideal. Mempertahankan berat badan yang sehat pada akhirnya dapat membantu mencegah masalah seperti diabetes dan masalah terkait berat badan lainnya.

12. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Sistem kekebalan adalah bagian penting dari kesehatan karena itulah yang membantu Anda agar tidak sakit. Semakin sehat Anda semakin baik sistem kekebalan tubuh.

Permainan bola basket yang intens menyebabkan tubuh berkeringat, yang pada gilirannya mengeluarkan racun yang tidak diinginkan dari tubuh sekaligus meningkatkan sistem kekebalan.

13. Meningkatkan Kesadaran Ruang dan Tubuh

Bola basket sangat bagus untuk kesadaran spasial karena olahraga ini mengharuskan Anda menilai jarak ke keranjang dan seberapa keras Anda harus menembak. Selain itu, Anda juga harus menilai jarak pemain lain di sekitar untuk mengoper atau menghindarinya. Bermain bola basket melatih otot dan otak untuk dapat bereaksi dengan baik berdasarkan jarak dan ruang.

14. Meningkatkan Koordinasi Tangan dan Mata

Banyak olahraga lain yang membutuhkan koordinasi, tetapi bola basket membutuhkan koordinasi tangan-mata lebih intens.

Saat pemain menggiring bola ke lapangan, tubuhnya harus cukup terkoordinasi untuk fokus pada dribbling sambil juga bersiap untuk mengoper bola ke pemain lain atau menembakkan gol. Jika olahraga ini Anda ajarkan pada anak yang masih kecil, maka anak akan mendapatkan keseimbangan dan koordinasi tangan-mata yang baik sejak dini.

15. Meningkatkan Kelincahan

Olahraga ini adalah jenis permainan yang menuntut tubuh untuk bergerak cepat. Saat berada di lapangan, arah permainan bisa berubah setiap saat, jadi setiap pemain juga harus cepat beradaptasi dengan perubahan. Pada akhirnya, hal tersebut dapat membuat tubuh lebih lincah.

Nah, itulah berbagai manfaat olahraga basket yang berguna bagi tubuh.

 

  1. Cronkleton, Emily. 2020. 10 Physical and Mental Benefits of Basketball. https://www.healthline.com/health/exercise-fitness/benefits-of-basketball. (Diakses pada 26 November 2020).
  2. Winkler, Eric. 2020. What Are Some of the Physical Benefits of Playing Basketball?. https://dunkorthree.com/benefits-playing-basketball/. (Diakses pada 26 November 2020).
  3. Wolff, Emily. 2020. Benefits of Youth Sports: 6 Benefits of Playing Basketball. https://rockytopsportsworld.com/blog/advantages-playing-basketball/. (Diakses pada 26 November 2020).


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi