5 Olahraga Terbaik bagi Penderita Diabetes

matahari-olahraga-pagi-doktersehat
Photo Source: Flickr/bryonlippincott

DokterSehat.Com– Tak hanya orang sehat, mereka yang menderita diabetes juga harus tetap rutin melakukan olahraga. Hal ini bisa membantu menjaga berat badan tetap ideal sekaligus membantu menyeimbangkan kadar gula darah. Selain itu, kebiasaan ini juga mampu membuat sensitivitas insulin meningkat dan organ kardiovaskular menjadi semakin sehat. Berbagai hal ini bisa memberikan dampak positif bagi risiko terkena komplikasi.

Beberapa jenis olahraga yang paling direkomendasikan bagi penderita diabetes

Banyak penderita diabetes yang khawatir untuk melakukan olahraga. Biasanya, rasa khawatir ini disebabkan oleh adanya kemungkinan tubuh tergores atau terluka saat melakukannya. Sebagaimana kita ketahui, berolahraga terkadang bisa membuat kita terpeleset atau terjatuh. Beruntung, pakar kesehatan menyebut ada beberapa jenis olahraga yang bisa dilakukan dengan aman oleh penderita diabetes.

Berikut adalah beberapa jenis olahraga tersebut.

  1. Berjalan kaki

Berbeda dengan lari atau jogging yang bisa membuat kita rentan terjatuh atau terpelset saat melangkahkan kaki, berjalan biasanya tidak akan mudah menyebabkan dampak tersebut. Hal ini disebabkan oleh tubuh yang lebih baik dalam mengawasi kondisi tempat untuk berjalan kaki sehingga kita tentu akan jauh lebih berhati-hati saat melakukannya. Risiko mengalami luka atau tergores pun bisa diturunkan.

Berdasarkan sebuah penelitian yang dipublikasikan oleh jurnal Diabetologia pada 2016 lalu, disebutkan bahwa penderita diabetes yang rutin berjalan kaki selama 10 menit setelah makan cenderung mampu mengendalikan kadar gula darah dengan lebih baik. Hal ini tentu bisa membantu mencegah datangnya komplikasi.

  1. Yoga

Yoga adalah sejenis olahraga meditasi yang dilakukan dengan gerakan yang lembut sehingga tentu akan aman untuk dilakukan penderita diabetes. Meskipun gerakannya terlihat gemulai, yoga bisa membantu pembakaran kalori dan menyeimbangkan kadar gula darah dengan baik. Selain itu, rutin melakukan yoga juga bisa membantu tubuh menjadi lebih elastis, fleksibel, dan bugar.

  1. Menggunakan sepeda statis

Bersepeda di luar ruangan memang sangat menyenangkan untuk dilakukan. Hanya saja, kita berisiko tinggi terkena kecelakaan atau terjatuh yang tentu akan memicu datangnya luka. Hal yang berbeda terjadi jika kita menggunakan sepeda statis. Dampak dan manfaat menggunakan peralatan ini tak jauh berbeda dibandingkan dengan menggunakan sepeda biasa. Kita juga bisa membuat massa otot meningkat sekaligus menyehatkan organ kardiovaskular dengan lebih baik.

  1. Berenang

Berenang juga sangat direkomendasikan bagi penderita diabetes. Olahraga ini juga sangat menyenangkan untuk dilakukan sehingga bisa membantu mengatasi masalah psikologis, sesuatu yang juga bisa menyerang penderita diabetes.

Berdasarkan sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Rheumatology pada 2016 silam, disebutkan bahwa berenang termasuk dalam olahraga yang paling baik bagi penderita diabetes karena bisa memperbaiki sistem metabolisme dan menyehatkan organ kardiovaskular.

Hanya saja, pastikan untuk berhati-hati saat melangkah di tepian kolam renang agar tidak terpeleset atau terjatuh.

  1. Melakukan latihan angkat beban

Tak hanya membuat otot dan tulang menjadi lebih kuat, olahraga angkat beban juga bisa membantu menyehatkan persendian. Rutin melakukannya juga bisa membuat tubuh penderita diabetes terjaga berat badannya. Selain itu, sistem metabolisme dan keseimbangan gula darah juga bisa semakin membaik.

Hanya saja, sebelum melakukan latihan angkat beban, kita bisa meminta saran ke dokter atau instruktur olahraga agar bisa melakukannya dengan porsi yang tepat sehingga aman untuk kondisi tubuh.

Dengan melakukan olahraga-olahraga ini secara teratur setidaknya 30 menit setiap hari, penderita diabetes bisa memperpanjang harapan hidupnya dan menjaga kondisi kesehatannya dengan lebih baik.