Terbit: 30 Agustus 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Meski sering mengalami gejala nyeri pada persendian, penderita asam urat tetaplah sangat disarankan untuk berolahraga secara teratur. Dengan menerapkan pola makan yang sehat dan rajin berolahraga, maka diharapkan frekuensi kemunculan gejala asam urat ini bisa ditekan.

Olahraga Terbaik Bagi Penderita Asam Urat

Sebagaimana kita ketahui, penderita asam urat memiliki risiko tinggi untuk mengalami penumpukan asam urat di dalam tubuhnya. Jika sampai kadar asam urat yang runcing ini terus terkumpul di persendiannya, maka gejalanya akan menjadi semakin terasa. Memang, penderita asam urat kesulitan untuk menggerakkan persendiannya dengan lancar, namun jika hal ini dibiarkan dan tak kunjung digerakkan, maka persendian akan menjadi lebih kaku dan otot pun bisa menjadi lebih lemah.

Dengan rajin berolahraga, maka tulang, otot, dan persendian penderita asam urat akan menjadi lebih sehat. Hal ini akan berpengaruh besar pada frekuensi kemunculan gejala asam urat yang bisa semakin menurun.

Lantas, olahraga seperti apa yang sebaiknya dilakukan oleh penderit asam urat? Pakar kesehatan menyarankan olahraga yang cenderung membuat persendian lebih aktif bergerak seperti bermain bulu tangkis, bersepeda, berenang, atau jogging. Beberapa olahraga yang bisa membuat kekuatan otot meningkat seperti angkat beban, yoga, dan taichi juga sangat direkomendasikan. Hanya saja, jika persendian memang sudah terasa kaku, penderita asam urat bisa memulai aktivitas fisiknya dengan melakukan peregangan pada tubuh sehingga membantu persendian dan otot menjadi lebih fleksibel.

Hanya saja, jika memang gejala asam urat sedang muncul dan membuat persendian sakit, penderita asam urat boleh tidak melakukan olahraga untuk sementara karena jika dipaksakan, dikhawatirkan gejala asam urat justru akan menjadi lebih parah.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Sensodyne - Advertisement


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi