4 Jenis Olahraga Aman Bagi Ibu Hamil Tua

Doktersehat-senam-hamil
Photo Credit: Flickr.com/Jessica Miller

DokterSehat.Com– Setiap ibu hamil pasti sangat membatasi aktivitasnya dan lebih disarankan untuk beristirahat di rumah. Hal tersebut dikarenakan kondisi tubuh yang tidak stabil karena sedang mengandung sang buah hati. Selain itu, ibu hamil juga cukup berisiko jika sampai terlalu lelah karena akan membahayakan bagi diri sendiri serta kandungan.

Namun, terlalu berdiam diri juga tidak boleh. Meskipun sedang hamil, ada baiknya untuk tetap bergerak dan tidak terlalu banyak diam di tempat tidur. Hal ini juga berlaku bagi ibu yang sedang hamil tua. Sebab, dengan melatih tubuh, maka akan mempermudah proses persalinan nantinya. Lantas, aktivitas apa saja yang bisa dilakukan oleh ibu hamil? Berikut diantaranya:

1. Yoga

Yoga adalah olahraga meditasi yang aman dilakukan bagi ibu hamil. Hal tersebut dikarenakan yoga tidak memerlukan energi banyak serta gerakan yang padat. Tapi yoga lebih menekankan pada konsentrasi dengan gerakan-gerakan ringan. Tentunya latihan ini bisa membuat tubuh bugar serta pikiran menjadi lebih rileks menjelang persalinan.

2. Pilates

Olahraga yang aman selanjutnya adalah pilates. Ya, pilates adalah olahraga ringan yang menggunakan teknik gerakan ringan serta pernapasan. Olahraga yang satu ini tak hanya bisa membuat tubuh bugar, tapi juga bisa melancarkan pernapasan bagi ibu hamil yang biasanya suka sesak akibat perut membesar.

3. Jalan Santai

Alternatif olahraga lainnya adalah jalan santai. Anda bisa melakukan olahraga ini pada pagi serta sore hari. Namun, yang baik adalah di pagi hari karena udara masih sangat segar. Anda bisa berjalan mengelilingi kompleks perumahan atau berjalan di depan rumah saja dengan waktu yang normal, alias jangan terlalu lelah.

4. Aerobik Ringan

Jika Anda ingin tubuh lebih lentur, Anda bisa melakukan aerobik ringan di dalam rumah. Pilihlah gerakan yang sederhana dan mudah, misalnya meluruskan kaki, meluruskan tangan ke atas, atau melipat kaki dalam beberapa saat. Aerobik ringan bisa membuat tubuh Anda menjadi lebih fleksibel pada waktu menjelang persalinan.