Jangan Anggap Sepele, 4 Olahan Kacang Merah Ini Ternyata Sangat Berkhasiat!

Khasiat-kacang-merah-doktersehat-1
Photo credit: Flickr.com/ Zenia Nunez

DokterSehat.Com– Seberapa sering Anda mengonsumsi kacang merah? Kacang merah memang seakan kalah populer dengan jenis kacang lainnya misalnya kacang hijau atau kacang edamame, namun jangan salah, kacang merah juga memiliki berbagai manfaat yang unggul dibandingkan dengan kacang jenis lainnya, lho.

Ya, kacang merah merupakan salah satu jenis kacang-kacangan yang cenderung mudah diperoleh dan bisa diolah dalam banyak jenis makanan dan minuman.

Kacang merah merupakan alternatif sumber makanan protein nabati harian yang praktis karena bisa diolah dalam kondisi segar maupn saat dikeringkan.

Kandungan gizi kacang merah

Kacang merah memiliki kandungan gizi unggulan yaitu antioksidan yang tinggi. Hal ini ditunjukkan warna kacang yang merah gelap, seperti yang kita tahu, antioksidan memiliki peran penting untuk mendukung funsgi tubuh melawan berbagai penyakit yang diakibatkan oleh radikal bebas.

Tak hanya itu, ada beberapa kandungan mineral unggul yang ada pada kacang merah yaitu asam folat, potassium dan zat besi.

Ketiganya penting untuk mendukung kesehatan saraf tubuh, melancarkan peredaran darah serta mendukung asupan oksigen dan nutrisi maksimal dalam tubuh. Hal ini tentu memberikan banyak manfaat untuk kesehatan jantung hingga pencegahan terhadap kanker.

Kandungan unggulan kacang merah tersebut akan kita rasakan dengan maksimal jika kita mengolah kacang merah dengan sajian yang tepat. Lantas, apa saja sih pilihan sajian kacang merah yang tepat?

Olahan kacang merah yang super berkhasiat

Olahan kacang merah akan terjaga khasiatnya jika kita memilih sajian yang tepat, yaitu yang tidak membuat olahan kacang merah menimbulkan banyak gas sehingga tetap aman dalam tubuh, namun sajian tersebut haruslah tetap mampu menjaga kadar kandungan gizi dalam kacang merah.

Salah satu caranya adalah dengan meminimalkan metode pemasakan, yaitu hanya mengukus atau merebus saja. Beberapa sajian yang bisa dipilih adalah:

1. Nasi dengan kacang merah

Pernah mencoba nasi dengan kacang merah? Sajian ini cukup cocok dengan banyak menu berkuah misalnya gulai atau kare.

Penambahan kacang merah tidak hanya memberikan tekstur yang berbeda namun akan meningkatan asupan serat dan vitamin dalam tubuh. Umumnya, sajian ini sudah banyak digunakan oleh menu khas banyak negara misalnya masakan Arab atau India.

Jika ingin mencobanya, pastikan Anda merebus kacang merah hingga beberapa tahap agar kandungan gas dan teksturnya lunak.

Hal ini memang membuang bebrapa jenis vitamin larut air, namun kadar gas dalam kacang merah bisa hilang dan lebih aman untuk tubuh. Setelah kacang merah lunak, Anda bisa mencampurkannya dalam nasi.

2. Salad kacang merah

Bingung kacang apa yang bisa ditambahkan untuk sajian salad Anda? Pilih saja kacang merah. Kandungan protein yang tinggi bisa melengkapi salad sayur dan buah yang Anda buat.

diet-flexitarian-doktersehat
Photo Credit: www.pixabay.com

Sama seperti sajian kacang merah dengan nasi, agar lebih aman pastikan Anda sudah merebus kacang merah hingga lunak, ya.

3. Es kacang merah

Sajian khas Indonesia ini tentu super nikmat diminum di siang hari, ya. Disajikan dengan santan yang gurih membuat perpaduan es kacang merah menjadi lezat di lidah.

Dibandingkan es lainnya, es dari kacang merah lebih sehat karena padat kalori dan protein nabati. Gunakan gula dari pemanis alami, misalnya madu atau kayu manis, jangan lupa gunakan santan encer saja, ya.

4. Sup kacang merah

Bosan dengan tiga menu di atas, sajikan sajian kacang merah dengan cara yang lebih sederhana, yaitu sup kacang merah.

sup-labu-doktersehat
Photo Credit: pexels.com

Sajikan sup dengan kentan, wortel, daging rendah lemak atau ayam tanpa kulit. Selain rasanya yang nikmat dan cocok dengan kaldu alami yang kental, sup kacang merah akan melengkapi gizi pada sajian sup dengan protein nabati yang dikandungnya.