Obesitas Bisa Sebabkan Kanker?

Doktersehat-cara-menurunkan-berat-badan

DokterSehat.Com– Obesitas atau kelebihan berat badan telah dikenal luas sebagai kondisi yang bisa memicu datangnya berbagai macam penyakit. Hanya saja, apakah benar jika masalah kesehatan ini juga bisa menyebabkan datangnya kanker?

Dilansir dari NY Times, sebuah penelitian membuktikan fakta bahwa wanita dengan masalah kelebihan berat badan memiliki risiko tinggi terkena kanker usus besar. Selain itu, penelitian ini juga membuktikan fakta tentang kasus kanker usus besar yang semakin sering terjadi pada orang-orang dengan usia kurang dari 50 tahun. Padahal, sebelumnya kasus penyakit ini lebih sering terjadi pada usia lebih dari 50 tahun.

Dalam penelitian yang dipublikasikan hasilnya dalam Journal of the American Medical Association (JAMA) Oncology ini, disebutkan bahwa sekitar 85 ribu wanita dicek kondisi kesehatannya secara protektif dan terus-menerus dalam kurun waktu 22 tahun. Para wanita ini dipantau kondisinya sejak usia 25 hingga 42 tahun.

Hasil dari penelitian ini adalah kemunculan 114 kasus kanker usus besar pada wanita dengan usia di bawah 45 tahun. Kebanyakan dari kasus ini terjadi pada wanita dengan masalah berat badan. Para peneliti pun kemudian menyimpulkan bahwa masalah obesitas atau kelebihan berat badan memang bisa meningkatkan risiko terkena kanker usus besar dengan signifikan.

Fakta ini didukung dengan hasil penelitian lainnya, yakni wanita dengan indeks massa tubuh sekitar 18,5 hingga 22,9 atau berada dalam kondisi normal cenderung memiliki risiko terkena penyakit ini lebih rendah. Sementara itu, wanita dengan indeks massa tubuh lebih dari angka 30 mengalami peningkatan risiko terkena penyakit ini hingga 93 persen.

Melihat adanya fakta ini, para peneliti pun menyarankan wanita dengan usia lebih dari 18 tahun untuk menjaga berat badannya tetap ideal. Tak hanya bisa membantu penampilan tubuh menjadi lebih menarik dan ideal, hal ini juga menurunkan risiko terkena kanker usus besar dengan signifilan.

“Selama ini kita hanya mengenal skrining dan deteksi dini bagi kanker payudara, namun tidak untuk kasus kanker usus besar. Hingga saat ini belum ada skrining bagi penyakit ini, khususnya bagi orang-orang dengan usia 50 tahun. Karena alasan inilah ada baiknya kita menjaga berat badan demi mencegah kedatangan kanker ini,” ungkap salah satu peneliti, Profesor Yin Cao.