Terbit: 25 Maret 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Banyak orang yang berkata jika mereka yang mengalami obesitas atau kelebihan berat badan cenderung mengalami penurunan kemampuan indera pengecap sehingga membuat rasa masakan menjadi kurang nikmat. Apakah hal ini benar adanya?

Obesitas Bisa Menurunkan Kemampuan Indera Pengecap?

Dikutip dari Medical News Today, sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal PLOS Biology yang dilakukan pada tikus percobaan berhasil mengklarifikasi pendapat ini.

Menurut penelitian ini, saat kita mengonsumsi makanan enak, maka otak akan dibanjiri oleh dopamin yang bisa membuat indera pengecap kita merasakan sensasi nikmat dan ketagihan. Indera pengecap ini berupa ujung saraf dengan 50-100 sel yang berbeda pada lidah. Sayangnya, bagi para penderita obesitas, kemampuan untuk merasakan kenikmatan makanan memang menurun meskipun para peneliti belum benar-benar menemukan sebabnya.

Andrew Kaufman dan Robin Dando, para peneliti dari Cornell University, Ithaca, New York, tertarik dengan hal ini dan mencoba mencari tahu kaitan antara indera pengecap dan obesitas. Selama 8 pekan, Kaufman dan timnya membagi dua kelompok tikus percobaan. Satu kelompok diberi diet harian dengan kandungan 14 persen lemak dan kelompok lainnya diberikan asupan tinggi diet dengan 58 persen lemak.

Di akhir periode penelitian, tikus dengan masalah obesitas cenderung mengalami penurunan kemampuan indera pengecap jika dibandingkan dengan tikus dengan berat badan normal. Penurunan kemampuan ini bahkan mencapai 25 persen.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku PTH - Advertisement

Penyebab dari penurunan kemampuan indera pengecap ini disebabkan oleh tingginya kadar sel-sel yang mendukung peradangan bernama TNF-Alpha, sejenis sitokin penyebab peradangan pada tubuh tikus yang mengalami obesitas. Para peneliti kemudian mencoba menginjeksikan sel TNF-Alpha ini pada lidah tikus dengan berat badan normal. Hasilnya adalah, tikus ini juga kehilangan kemampuan indera pengecapnya.

Melihat adanya fakta ini, Sobat Sehat sebaiknya tetap menjaga berat badannya tetap ideal agar tetap bisa menikmati rasa makanan dengan maksimal, ya?


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi