DokterSehat.Com – Vitazym obat apa? Vitazym adalah suplemen dengan kandungan berupa beberapa vitamin dan enzim yang berguna untuk memperbaiki metabolisme tubuh terutama proses pencernaan. Suplemen vitazym termasuk ke dalam kelas terapi sediaan vitamin B kompleks.

efek-samping-vitazym-doktersehat

Baca terus untuk mengetahui lebih lanjut tentang obat vitazym termasuk informasi tentang indikasi vitazym, kontraindikasi vitazym, bentuk sediaan vitazym, manfaat vitazym, dosis vitazym, dan efek samping vitazym.

  • Nama: Vitazym
  • Kelas Terapi: Sediaan Vitamin B kompleks
  • Monografi Obat: Vitamin B kombinasi dan enzim kombinasi

Indikasi Vitazym

Suplemen vitazym bisa diberikan kepada orang-orang yang memiliki beberapa keluhan terkait sistem pencernaan. Beberapa keluhan tersebut bisa berupa rasa mual, nyeri lambung, perut kembung, sering buang angin, sering bersendawa, sulit buang air besar atau sembelit, dan lainnya.

Para pasien atau konsumen yang bisa menggunakan obat vitazym tidak hanya untuk yang memiliki keluhan-keluhan tersebut. Akan tetapi, suplemen vitazym juga bisa untuk memperbaiki proses pencernaan agar saluran cerna yaitu lambung dan usus memiliki kemampuan yang lebih baik dalam mencerna makanan.

Pada anak-anak, pemberian suplemen vitazym bisa diberikan dengan tujuan untuk meningkatkan nafsu makan. Peningkatan nafsu makan akan membawa dampak positif pada pertumbuhan tubuh anak-anak sehingga memiliki tubuh yang sehat dan ideal.

Kontraindikasi Vitazym

Meskipun tidak ada kontraindikasi secara khusus, pemberian vitazym masih bisa menimbulkan kontraindikasi pada orang-orang yang memiliki alergi atau hipersensitivitas terhadap kandungan yang ada di dalam vitazym, yaitu enzim dan vitamin B kombinasi.

Selain itu, ada kemungkinan juga kontraindikasi bisa terjadi pada pasien yang memiliki penyakit diabetes. Kandungan beberapa enzim yang ada di dalam suplemen vitazym bisa menimbulkan kontraindikasi terhadap kadar gula dalam darah Anda.

Pengonsumsian vitazym pada ibu hamil dan ibu menyusui sebaiknya tidak dilakukan sebelum Anda mendapat anjuran dari dokter. Penggunaan vitazym pada anak-anak pun juga sebaiknya tidak dilakukan sebelum mendapatkan resep dari dokter.

Bentuk Sediaan Vitazym

Multivitamin vitazym yang beredar di pasaran tersedia dalam satu bentuk. Bentuk sediaan vitazym adalah tablet salut selaput atau tablet salut gula. Setiap tablet salut selaput vitazym mengandung beberapa kandungan enzim dan vitamin.

Beberapa kandungan tersebut di antaranya adalah amilase, protease, lipase, deoxycholic acid, dimethylpolysiloxane, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B6, vitamin B12, Niacinamide, dan Ca Pantothenate.

Manfaat Vitazym

Vitazym memiliki beberapa manfaat yang baik untuk sistem pencernaan Anda. Manfaat vitazym bisa untuk mengatasi beberapa masalah proses pencernaan seperti sembeli atau susah buang air besar, perut kembung, nyeri lambung, mual, sering buang angin, dan sering bersendawa.

Selain itu, manfaat vitazym juga bisa untuk memperbaiki sistem pencernaan dan metabolisme tubuh Anda melalui beberapa enzim dan vitamin B kompleks yang dikandungnya. Kombinasi enzim dan vitamin merupakan paduan yang cocok untuk memperbaiki metabolisme tubuh terutama pada proses pencernaan.

Dosis Vitazym

Meskipun bukan berupa obat dan hanya sebuah multivitamin, penggunaan vitazym haruslah sesuai dengan dosis yang dianjurkan. Penggunaan vitazym dalam dosis lebih bisa menimbulkan efek samping tertentu yang tidak baik bagi tubuh Anda.

Jadi, konsumsilah vitazym sesuai dosis. Dosis vitazym yang dianjurkan untuk orang dewasa adalah 1 hingga 2 tablet sebanyak 3 kali dalam sehari. Pengonsumsian vitazym dilakukan setelah makan. Hal ini bertujuan agar Anda terhindar dari iritasi lambung.

Efek Samping Vitazym

Vitazym tidak memiliki efek samping yang parah. Akan tetapi, Anda tetap perlu tahu bahwa kondisi alergi atau hipersensitif terhadap salah satu atau beberapa kandungan yang ada di dalam vitazym bisa memicu terjadinya tanda-tanda reaksi alergi.

Beberapa tanda reaksi alergi tersebut di antaranya adalah gatal-gatal, ruam kulit, sesak napas, pusing, sakit kepala, rasa mual, muntah, dan terjadinya pembengkakan pada bagian wajah, bibir, dan mata. Segeralah mencari bantuan medis terdekat atau berkonsultasilah dengan dokter Anda apabila mengalami hal tersebut.

Pada penderita diabetes, penggunaan vitazym sebelum melakukan konsultasi dengan dokter bisa berefek negatif. Hal ini dikarenakan kandungan enzim-enzim di dalam vitazym bisa meningkatkan kadar gula darah Anda. Jadi, apabila Anda memiliki penyakit diabetes sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsi vitazym.

 

 

Sumber:

  1. BPOM: Pusat Informasi Obat Nasional: http://pionas.pom.go.id
  2. KalbeMed:Vitazym. http://www.kalbemed.com/Products/Drugs/Branded/tabid/245/ID/8014/Vitazym.aspx