Vitabumin – Manfaat, Dosis, dan Efek Samping

efek-samping-vitabumin-doktersehat
Photo source: Madudananak.com

DokterSehat.Com – Vitabumin obat apa? Vitabumin adalah suplemen anak yang terbuat dari bahan-bahan alami. Suplemen vitabumin mengandung tiga kompenen alami utama, yaitu madu, ekstrak ikan gabus, dan ekstrak temulawak. Biasanya, vitabumin digunakan untuk menjaga daya tahan tubuh dan membantu tumbuh kembang agar optimal.

Baca terus untuk mengetahui lebih lanjut tentang obat vitabumin termasuk informasi tentang indikasi vitabumin, kontraindikasi vitabumin, bentuk sediaan vitabumin, manfaat vitabumin, dosis vitabumin, dan efek samping vitabumin.

  • Nama: Vitabumin
  • Kelas Terapi: Suplemen makanan
  • Monografi Obat: Madu, ekstrak ikan gabus, dan ekstrak temulawak

Indikasi Vitabumin

Suplemen vitabumin biasanya diberikan kepada anak-anak yang sering sakit. Pemberian vitabumin bisa menjaga daya tahan tubuh anak-anak sehingga tidak mudah jatuh sakit. Vitabumin juga baik untuk diberikan kepada anak-anak dengan berat badan kurang atau sulit meningkatkan berat badan walau hasilnya belum tentu signifikan.

Anak-anak yang memiliki masalah dengan pertumbuhan tinggi badan juga baik untuk diberikan suplemen vitabumin. Ini bisa membantu anak memiliki tumbuh kembang yang optimal sehingga memiliki berat dan tinggi badan yang baik. Tumbuh kembang yang baik bisa meningkatkan kepercayaan diri anak terhadap lingkungannya.

Pengonsumsian vitabumin juga sangat baik diberikan kepada anak-anak yang memiliki masalah dengan nafsu makan. Anak-anak yang tidak atau kurang selera untuk makan akan mengalami peningkatan nafsu makan. Selain itu, suplemen vitabumin juga baik untuk diberikan kepada anak yang memiliki gangguan pencernaan.

Kontraindikasi Vitabumin

Suplemen vitabumin yang terdiri dari tiga komponen utama memungkinkan anak sebagai konsumen untuk memiliki kontraindikasi terhadap vitabumin. Kontraindikasi yang paling mungkin ada adalah adanya alergi atau hipersensitvitas terhadap salah satu atau beberapa kandungan vitabumin.

Anak-anak yang memiliki alergi dengan madu, atau ikan gabus, atau temulawak, dan atau beberapa di antaranya maka sebaiknya jangan dulu mengonsumsi vitabumin hingga anak tersebut sudah tidak alergi dengan bahan terkandung di dalam vitabumin.

Pemberian vitabumin pada bayi atau anak dengan usia di bawah 1 tahun tidak dianjurkan. Hal ini dikarenakan lambung bayi masih belum sempurna untuk memecah madu yang ada di dalam vitabumin. Hal ini bisa meningkatkan gangguan pencernaan anak. Selain itu, anak yang sedang mengalami diare juga tidak boleh mengonsumsi vitabumin.

Bentuk Sediaan Vitabumin

Suplemen vitabumin yang ada di pasaran tersedia dalam bentuk sediaan cairan kental yang mirip dengan madu. Bentuk sediaan berupa cairan kental dengan rasa dan aroma yang menarik akan membuat anak mengonsumsi vitabumin secara mudah. Di dalam satu botol vitabumin terkandung madu, ekstrak ikan gabus, dan temulawak.

Manfaat Vitabumin

Ada beberapa manfaat vitabumin yang akan didapatkan oleh anak Anda apabila mengonsumsi vitabumin sesuai dengan aturan pakai. Manfaat vitabumin bisa untuk meningkatkan nafsu makan anak. Jadi, vitabumin bermanfaat untuk anak yang tidak mau atau sulit makan.

Vitabumin juga memiliki manfaat untuk memperbaiki fungsi pencernaan agar bisa menyerap zat-zat gizi secara optimal dan meningkatkan fungsi lambung dan usus. Suplemen vitabumin juga bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah jatuh sakit.

Adanya kandungan madu di dalam vitabumin yang kaya akan antioksidan bisa menangkal zat-zat yang merugikan kesehatan tubuh dan bisa melindungi tubuh dari berbagai vektor penyakit. Selain itu, manfaat vitabumin juga bisa untuk membantu anak memiliki tumbuh kembang yang optimal.

Kandungan albumin yang ada di dalam ekstrak ikan gabus pada vitabumin bisa membantu anak memenuhi asupan zat gizi yang sangat berperan terhadap pertumbuhan dan perkembangan anak.

Dosis Vitabumin

Meskipun aman untuk anak dan berupa suplemen, para ibu tetap harus memperhatikan dosis vitabumin yang dianjurkan. Hal ini penting agar anak Anda bisa mendapatkan manfaat vitabumin yang telah disebutkan sebelumnya.

Dosis vitabumin untuk anak usia 1-3 tahun adalah 2 sendok teh sebanyak 2 kali sehari, sedangkan dosis vitabumin untuk anak usia 3-12 tahun adalah 2 sendok makan sebanyak 3 kali sehari. Pemberian suplemen vitabumin bisa langsung diminum atau bisa dicampurkan dengan bahan lain seperti air putih, susu, atau makanan anak.

Efek Samping Vitabumin

Vitabumin bisa saja menimbulkan efek samping pada anak karena alasan tertentu. Efek samping vitabumin berupa reaksi alergi seperti gatal-gatal, ruam kulit, mual, muntah, sakit kepala, dan bengkak pada bagian wajah merupakan efek samping yang disebabkan karena hipersensitivitas terhadap salah satu atau beberapa kandungan vitabumin.

Efek samping vitabumin berupa botulisme juga bisa terjadi apabila vitabumin diberikan kepada anak di bawah usia 1 tahun. Pada beberapa kasus, efek samping vitabumin bisa menimbulkan konstipasi atau sembelit pada anak-anak. Hentikanlah pemberian vitabumin kepada anak dan lakukanlah konsultasi dengan dokter apabila efek samping itu terjadi.

 

 

Sumber:

  1. Vitabumin: Tentang Vitabumin: https://vitabumin.co.id/madu-vitabumin