7 Obat Vertigo Alami Paling Praktis dan Ampuh

obat-vertigo-alami-doktersehat

DokterSehat.Com – Anda tentunya sudah pernah mendengar istilah vertigo. Perasaan pusing yang membuat kita merasa sedang berputar-putar atau bahkan dunia yang sedang berputar-putar biasanya disebut dengan vertigo. Tapi penyakit seperti apa sebenarnya vertigo itu dan adakah cara alami untuk mengobati vertigo?

Apa Itu Vertigo?

Pada dasarnya vertigo bukan merupakan penyakit, melainkan sebuah gejala akibat adanya gangguan sistem saraf pusat dan perifer. Vertigo ditandai dengan sensasi kepala atau lingkungan sekitar penderita yang berputar-putar. Umumnya gejala vertigo akan membuat seseorang kehilangan keseimbangan dan kesulitan untuk bergerak apalagi berjalan.

Penyebab Vertigo

Vertigo memilik dua jenis yaitu vertigo sentral dan juga vertigo perifer. Vertigo sentral disebabkan oleh adanya gangguan pada sistem saraf, sedangkan vertigo perifer disebabkan oleh adanya masalah pada telinga bagian dalam. Kasus yang paling banyak terjadi adalah kasus vertigo perifer. Beriku adalah beberapa penyebab umum yang menyebabkan munculnya vertigo perifer:

  • BPPV atau benign paroxysmal positional vertigo yang bisa menyebabkan timbulnya gejala vertigo dipicu oleh perubahan posisi kepala tertentu. Penyebab BPPV sendiri masih belum diketahui dengan jelas.
  • Penyakit maniere, merupakan penyakit gangguan telinga bagian dalam yang disebabkan oleh penumpukan cairan pada telinga. Penyakit maniere selain ditandai dengan vertigo juga ditandai dengan gangguan pendengaran.
  • Neuritis vestibular atau labirintis, merupakan masalah telinga bagian dalam yang umumnya diakibatkan oleh infeksi virus.

Faktor lain yang bisa menyebabkan vertigo namun jarang terjadi antara lain adalah masalah otak seperti tumor dan stroke, migrain, cedera kepala atau leher, hingga penggunaan obat dengan efek samping kerusakan telinga.

baca juga: Apa Saja Penyebab Vertigo saat Hamil?

Obat Vertigo Alami

Selain menggunakan obat vertigo dari dokter, Anda juga bisa mamanfaatkan bahan alami untuk mengurangi gejala vertigo. Bahan-bahan yang digunakan sangatlah mudah didapatkan dan juga diolah sehingga sangat direkomendasikan sebagai obat pendamping untuk mengobati vertigo.

1. Ginkgo Biloba

Obat vertigo alami yang pertama adalah ginkgo biloba. Tanaman yang satu ini sudah dinyatakan oleh para ahli bahwa ampuh untuk meredakan gejala vertigo. Ginkgo biloba berkhasiat untuk malancarkan peredaran darah ke telinga bagian dalam, kepala, dan juga otak. Manfaat lainnya adalah ginko biloba dapat menjadi antioksidan yang ampuh untuk mencegah kerusakan saraf dan sel-sel otak.

Saat ini sudah banyak bermunculan ekstrak daun ginkgo biloba dalam bentuk tablet. Tapi Anda juga bisa mengolahnya sendiri di rumah dengan cara mengeringkan daun ginkgo biloba dan menyeduhnya bersama dengan teh.

Ginkgo biloba memang merupakan bahan alami, tetapi masih mungkin menimbulkan efek samping seperti alergi, sembelit, saking kepala, dan detak jantung menjadi lebih kencang. Konsumsi ginkgo biloba sebaiknya dihindari oleh ubu hamil dan menyusui, pasien yang sedang dalam program hamil, penderita diabetes,dan pasien yang akan menjalani operasi.

2. Daun Selasih

Obat vertigo alami selanjutnya adalah daun selasih. Banyak orang yang tidak dapat membedakan antara daun selasih dan daun kemangi karena keduanya mirip dan sama-sama merupakan jenis daun basil. Selain bijinya banyak dimanfaatkan untuk dijadikan campuran minuman, daun selasih ternayta memiliki manfaat untuk kesehatan.

Daun selasih berguna untuk menjaga kesehatan pembuluh darah dan juga mengurangi gejala vertigo. Hal ini disebabkan oleh daun selasih yang memiliki sifat antibakteri dan antiinflamasi. Berbeda dengan kemnagi, daun selasih atau basil tidak dapat dikonsumsi sebagai lalapan. Anda bisa mengonsumsi daun basil sebagai obat vertigo alami dalam bentuk potongan bubuk daun maupun teh.

3. Lada Merah

Obat vertigo alami yang ketiga adalah lada merah. Cara konsumsi lada merah cukup mudah, Anda hanya perlu menjadikannya sebagai bahan masakan. Lada merah mampu menjadi obat vertigo alami karena lada merah banyak mengandung Capsaicin. Kandungan satu ini memiliki khasiat untuk melancarkan aliran darah menuju telinga bagian dalam dan ke otak serta menyeimbangkan jumlah trombosit.

4. Sambiloto

Obat vertigo alami selanjutnya berasal dari tanaman liar bernama sambiloto. Tanaman ini kaya akan kandungan flavonoid yang merupakan antioksidan yang sangat baik bagi tubuh. Manfaat ini menjadikan sambiloto ampuh untuk mengurangi vertigo.

Cara menggunakan samiloto sebagai obat vertigo sangat mudah. Anda hanya perlu merabus dauh sambiloto lalu meminum air rebusan tersebut. Jika sulit untuk menemukan daun yang satu ini, Anda bisa meminum jamu sambiloto yang banyak dijual di toko jamu atau tukang jamu keliling.

5. Cocor Bebek

Selain tanaman sambiloto, cocor bebek juga merupakan tanaman dengan kandungan flavonoid yang ampuh untuk menangkal radikal bebas dan berbagai virus yang menghampiri tubuh. Cara menggunakan cocor bebek sebagai obat vertigo adalah dengan cara mengompres dahi menggunakan daun ini.

Caranya adalah tumbuk 10-15 helai daun cocor bebek hingga hancur dan tambahkan sedikit garam. Lalu oleskan daun yang sudah hancur ke bagian dahi hingga ke pelipis. Lakukan setiap hari atau dua kali sehari jika diperlukan.

6. Jahe

Obat vertigo alami selanjutnya adalah tanaman jahe. Bumbu dapur yang satu ini memang memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Jahe memiliki sifat antiinflamasi dan mampu untuk melancarkan peredaran darah sehingga suplai oksigen ke seluruh tubuh juga bisa menjadi lebih lancar.

Cara mengolah jahe sebagai obat vertigo juga sangat mudah. Anda hanya perlu merebus jahe atau menyeduh bubuk jahe dengan air panas. Hasil rebusan atau seduhan tersebut bisa Anda campurkan dengan madu dan daun mint agar lebih beraroma dan rasanya lebih enak.

7. Bunga Melati

Obat vertigo alami selanjutnya adalah bunga melati. Selain sebagai bunga hiasan, ternyata melati juga memiliki manfaat sebagai obat herbal. Melati yang merupakan salah satu jenis tanaman yang termasuk ke dalam jenis minyak atsiri yang baik untuk relaksasi dan mampun untuk menjadi anti-depressan sekaligus melancarkan peredaran darah.

Cara menggunakan melati untuk obat vertigo adalah dengan cara meremas daun me;ati, kemudian merendamnya dalam sebuah wadah berisi air. Gunakan air rendaman bunga melati tersebut untuk mengompres dahi Anda.

Pada gejala vertigo yang amat berat, obat vertigo alami mungkin hanya akan dapat meredakan gejala. Pengobatan di bawah pengawasan dokter tetap menjadi yang utama untuk megetahui dan mengobati vertigo dengan tepat. Selain perawatan medis dan juga dengan obat vertigo alami Anda juga bisa mengatasi gejala vertigo dengan tidur yang cukup dan juga beberapa cara lainnya.

Latihan manuver epley atau manuver foster adalah dua gerakan yang dapat membantu mengurangi serangan vertigo. Selain itu, Anda juga bisa melakukan terapi rehabilitasi vestibular yang bertujuan untuk memperkuat sitem vestibular yang merupakan sistem yang mengirim sinyal ke otak.

Apapun obat vertigo yang Anda pilih, pastikan Anda sudah mengetahui penyebab dari gejala vertigo yang Anda alami. Penyebab vertigo yang cukup serius mungkin mengharuskan Anda untuk melakukan prosedur operasi untuk menyembuhkannya. Jadi, selalu konsultasikan ke dokter untuk mengetahui penyebab gejala vertigo Anda agar dapat memilih pengobatan yang tepat.