Tuzalos – Manfaat, Dosis, dan Efek Samping

DokterSehat.Com – Tuzalos obat apa? Tuzalos adalah obat yang digunakan untuk mengatasi beberapa gejala flu yang muncul. Akan tetapi, gejala-gejala flu tersebut adalah gejala karena alergi. Obat tuzalos dijual bebas tetapi Anda perlu tahu beberapa informasi penting.

Baca terus untuk mengetahui lebih lanjut tentang obat tuzalos termasuk informasi tentang bentuk sediaan tuzalos, kandungan obat tuzalos, harga tuzalos, indikasi tuzalos, kontraindikasi tuzalos, manfaat tuzalos, dosis tuzalos, dan efek samping tuzalos.

  • Nama: Tuzalos
  • Kelas Terapi: Analgesik Non-Opioid, Antihistamin, Antitusif & Ekspektoran

Bentuk Sediaan Tuzalos

Obat tuzalos memiliki satu bentuk sediaan. Bentuk sediaan obat tuzalos adalah berbentuk kaptabs atau kaplet. Kaplet dari obat tuzalos berwarna putih susu. Setiap satu strip obat tuzalos berisi 3 kaplet.

Kandungan Tuzalos

Obat tuzalos terdiri dari beberapa bahan aktif sebagai kandungannya. Kandungan obat tuzalos di antaranya adalah parasetamol, klorfeniramin maleat, dekstrometorfan, dan fenilpropanolamin hidroklorida.

Setiap satu kaplet tuzalos mengandung 500 gram parasetamol, 10 mg dekstrometorfan, 15 mg fenilpropanolamin hidroklorida, dan 1 mg klorfeniramin maleat. Semua kandungan tersebut bekerja sama meredakan gejala flu akibat alergi.

Harga Tuzalos

Harga jual dari obat tuzalos cukup bervariasi. Tidak ada harga yang pasti, tetapi kisaran harga tuzalos adalah mulai dari Rp3.500 hingga Rp4.500 per strip. Cukup terjangkau bukan? Dengan nilai nominal sebesar itu, Anda akan mendapatkan 4 kaplet obat tuzalos.

Indikasi Tuzalos

Penggunaan obat tuzalos haruslah tepat guna. Tidak boleh menggunakan obat tuzalos tanpa adanya indikasi medis. Anda baru bisa menggunakan obat tuzalos jika mengalami flu dan memiliki beberapa gejala.

Beberapa gejala yang dimaksud di antaranya adalah demam, batuk-batuk, bersin-bersin, pilek, dan hidung tersumbat. Akan tetapi, gejala flu yang bisa diobati dengan menggunakan tuzalos adalah flu akibat alergi.

Anda tidak bisa mengobati beberapa gejala flu yang bukan dikarenakan alergi. Jika Anda mengalami kondisi tersebut, maka Anda memerlukan obat jenis lain. Cara kerja tuzalos tablet sesuai dengan indikasinya.

Kontraindikasi Tuzalos

Meskipun Anda memiliki indikasi yang telah disebutkan, tetapi Anda tidak bisa memakai tuzalos jika memiliki salah satu hal yang merupakan kontraindikasi. Ada beberapa hal yang menjadi kontraindikasi bagi penggunaan obat tuzalos.

Orang-orang yang memiliki hipersensitivitas terhadap salah satu atau beberapa kandungan obat tuzalos tidak dapat menggunakannya. Pemakaian tuzalos dengan kondisi alergi akan menimbulkan efek samping tertentu.

Selain itu, obat tuzalos juga tidak bisa digunakan oleh pasien atau orang-orang yang memiliki gangguan fungsi hati terlebih lagi gangguan fungsi hati yang berat. Hal ini dikarenakan obat tuzalos mengandung parasetamol dan dekstrometorfan.

Orang yang memiliki gangguan fungsi hati memiliki kontraindikasi terhadap kandungan parasetamol dan dekstrometorfan. Selain itu, penderita asma akut juga tidak boleh memakai tuzalos.

Penderita asma akut akan memiliki reaksi tubuh yang negatif jika menggunakan obat yang memiliki kandungan dekstrometorfan dan klorfeniramin maleat. Tuzalos tidak bisa diberikan kepada bayi yang lahir prematur. Oleh karena itu, Anda tidak bisa menggunakan tuzalos jika hendak menyusui bayi prematur.

Peringatan Penggunaan Obat Tuzalos

Sebaiknya, ibu hamil dan ibu menyusui tidak menggunakan obat tuzalos sebelum melakukan konsultasi dengan dokter kandungan. Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya hal-hal buruk pada kehamilan dan kandungan ASI.

Apabila Anda memiliki gangguan fungsi ginjal, penggunaan obat tuzalos tidak bisa dilakukan sebelum mendapatkan rekomendasi dari dokter. Obat tuzalos juga tidak bisa digunakan pada pecandu alkohol.

Ini dikarenakan penggunaan obat tuzalos bisa memperparah fungsi hati terutama jika bersamaan mengonsumsi alkohol. Berhati-hatilah di dalam menggunakan tuzalos jika Anda sedang menjalani terapi obat depresan SSP,  penghambat MAO, dan anti kolinergik.

Penggunaan bersama jenis obat-obatan itu akan memicu interaksi obat yang dapat merugikan kesehatan tubuh. Beritahulah dokter Anda jika sedang menjalani obat-obatan tersebut sebelum memakai tuzalos.

Selain itu, Anda juga perlu berhati-hati dan melakukan konsultasi dengan dokter jika mengalami glaukoma sudut sempit, retensi urin, dan hipertropi prostat. Jangan memakai obat tuzalos saat sedang mengemudi sendiri atau bekerja dengan mesin.

Manfaat Tuzalos

Manfaat tuzalos secara umum adalah untuk mengatasi beberapa gejala flu yang diakibatkan oleh kondisi alergi. Beberapa gejala flu tersebut yaitu pilek, batuk, dan demam.

Secara khusus, manfaat tuzalos didapatkan dari masing-masing kandungan. Tuzalos bisa mengobati gejala alergi melalui kandungan klorfeniramin maleat. Kandungan dekstrometorfan dapat mengobati batuk kering tidak produktif dan parasetamol dapat meredakan nyeri yang muncul.

Dosis Tuzalos

Pemakaian obat tuzalos tablet memiliki dosis yang berbeda tergantung usia. Dosis tuzalos bagi dewasa adalah 1 kaplet sebanyak 3 kali sehari, sedangkan dosis pada anak-anak adalah 1/2 kaplet dengan frekuensi 3 kali sehari.

Efek Samping Tuzalos

Pemakaian obat tuzalos bisa menimbulkan efek samping tertentu pada beberapa kasus. Efek samping tuzalos dapat menimbulkan tanda-tanda reaksi alergi bagi penderita alergi terhadap salah satu kandungan.

Beberapa tanda reaksi alergi yang mungkin muncul di antaranya adalah ruam kulit, gatal-gatal, sakit kepala, pusing, sesak napas, sakit perut, mual, dan muntah. Ada kemungkinan Adna juga bisa mengalami tekanan darah rendah setelah menggunakan tuzalos.

Efek samping tuzalos lainnya yaitu berupa gangguan atau kelainan darah. Beberapa kelainan darah yang bisa terjadi yaitu trombositopenia, leukopenia, dan neutropenia. Penggunaan obat tuzalos untuk jangka panjang dapat menyebabkan gangguan fungsi hati yang serius.

Jika Anda menggunakan tuzalos tablet/ kaplet dengan dosis berlebih atau overdosis maka organ hati bisa rusak dan mengalami keracunan. Efek samping obat tuzalos lainnya dapat menyebabkan gangguan saluran cerna, sedasi, lemah otot, tinnitus, dan efek antimuskarinik.

Obat tuzalos juga bisa menimbulkan efek samping psikosis yaitu seperti halusinasi dan hiperaktif bila digunakan dalam dosis besar. Hentikanlah penggunaan tuzalos dan segeralah kunjungi dokter bila Anda mengalami efek samping yang telah disebutkan.

 

 

Sumber:

  1. BPOM: Pusat Informasi Obat Nasional: http://pionas.pom.go.id