8 Obat Varikokel Alami bagi Anda yang Ingin Hindari Operasi

varikokel-doktersehat

DokterSehat.Com– Varikokel adalah pelebaran pembuluh darah vena pada skrotum (buah zakar). Umumnya varikokel mengenai skrotum yang sebelah kiri karena bentuk anatomisnya. Lalu apa ciri dari varikokel dan bagaimana cara pengobatannya?

Varikokel adalah gejala nyeri testis pada kaum pria. Pada jaman sekarang penyakit varikokel ini banyak mengidap kaum pria, penyakit ini ada tingkatannya. Ada yang parah dan sedang, ada seorang pengidap varikokel yang bisa punya anak dan ada juga yang susah punya anak. Bila lelah sedikit, varikokel-nya kambuh sehingga terasa sakit di testis, bahkan ada yang bisa pingsan karena tidak bisa menahan sakitnya. Sebelum menuju bagaimana cara mengobari varikokel, terlebi dahulu simak gejala hingga penyebab varikokel.

Gejala Varikokel yang Perlu Anda Waspadai

Penyakit varikokel muncul dengan beberapa gejala. Berikut adalah beberapa cir-ciri varikokel yang umum terjadi pada penderita varikokel:

1. Kumpulan urat di testis

Terasa ada kumpulan urat di testis, bisa bagian diatas atau di bawah testis. Ya intinya bila kantung testis dipegang seperti memegang sekumpulan cacing.

Lakukan seperti membuang udara melalui mulut tapi udara tidak keluar dari mulut dan hidung seperti gerakan meniup balon (manuver valsalva), kemudian raba testis menggunakan tangan. Aila ada kumpulan urat seperti cacing, berarti Anda mengalami varikokel.

3. Ngilu pada testis  

Testis terasa ngilu sakit pada testis anda, dengan rentan waktu yang tak menentu.

Varikokel adalah penyakit yang dapat mengakibatkan fertilitas, oleh karena itu bila Anda mempunyai ciri salah satu dari varikokel di atas dan mengalami gangguan fertilitas, mungkin Anda menderita varikokel.

Penyebab Varikokel

Tali pusat membawa darah ke dan dari testis. Tidak pasti apa yang menyebabkan varikokel. Namun, banyak ahli percaya bahwa varikokel terbentuk ketika katup di dalam pembuluh darah di tali pusat mencegah darah mengalir dengan benar. Cadangan yang dihasilkan menyebabkan pembuluh darah melebar. Kondisi ini dapat menyebabkan kerusakan pada testis dan menyebabkan kesuburan semakin memburuk.

Varikokel sering terbentuk selama masa pubertas. Varikokel adalah penyakit yang biasa terjadi di sisi kiri, kemungkinan besar karena posisi vena testis kiri. Berikut adalah beberapa penyebab varikokel lainnya yang patut Anda waspadai:

  • Genetika atau keturunan
  • Sering memakai celana ketat
  • Gelombang elektromagnet, bagi orang yang bekerja di tower GSM, berhubungan dengan reaksi nuklir, hal-hal yang bertegangan tinggi
  • Sering naik motor sport, karena posisi testis menempel dengan tangki motor
  • Stres berlebihan
  • Suhu area testis terlalu panas
  • Daerah testis selalu berkeringat

Pengobatan Varikokel secara Alami

Berikut adalah beberapa cara mengobati varikokel dengan alami yang disarankan dan mungkin ingin Anda pertimbangkan dan diskusikan dengan dokter sebelum membuat keputusan tentang perawatan terbaik untuk Anda.

1. Ace Maxs

Obat varikokel alami adalah Ace Maxs yang terbuat dari 100% bahan herbal pilihan, di antaranya kulit buah manggis dan daun sirsak. Kedua bahan alami tersebut memiliki khasiat yang sangat luar biasa, yakni dapat mengobati berbagi macam penyakit, salah satunya penyakit varikokel.

Kulit manggis mengandung suatu zat yang bernama zat XANthone, di dalam XANthone terdapat antioksidan yang sangat tinggi dan berfungsi untuk memperlancar aliran pembuluh darah di sekitar testis menuju ginjal, serta memperbaiki kinerja katup pembuluh darah.

Selain itu, obat herbal Ace Maxs yang bermanfaat sebagai cara mengobati varikokel yang alami ini juga dapat meningkatkan kesuburan produksi sperma, hal ini dikarenakan terdapat Anti-pyretic yang menjaga suhu tubuh terutama di sekitar testis agar tetap normal.

Sementara manfaat daun sirsak berdasarkan riset penelitian yang telah dilakukan di berbagai institusi, salah satunya penelitian di Jepang yang membuktikan bahwa daun sirsak memiliki zat berupa anti-kanker yang akan berfungsi memperlambat pertumbuhan sel kanker dalam tubuh. Kedua bahan obat alami varikokel ini mudah ditemukan.

Selain penelitian di Jepang, Korea pun ikut meneliti kandungan daun sirsak, dan hasilnya sangat memuaskan. Berdasarkan penelitian tersebut, daun sirsak dapat menumpas kanker dengan kekuatan yang dahsyat yaitu sekitar 10.000 kali lebih kuat dibandingkan dengan kemoterapi.

Obat Alami Varikokel Lainnya yang Bisa Anda Coba

Tersedia beberapa obat varikokel alami lainnya dan pilihan invasif minimal bagi mereka yang ingin menghindari operasi penyakit varikokel. Sebelum memutuskan pengobatan yang terbaik, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum mencoba obat varikokel alami ini.

2. Mengubah pola makan

Obat alami varikokel yang pertama dengan mengubah pola makan Anda. Semakin banyak bukti bahwa makanan yang mengandung tepung putih, gula, dan makanan olahan dapat berkontribusi terhadap banyak konsekuensi kesehatan yang tidak diinginkan termasuk pembentukan varikokel.

Obat varikokel dengan menerapkan pola makan sehat dapat meningkatkan asupan serat tinggi dan makanan seperti sayuran segar, buah-buahan, dan biji-bijian ke dalam makanan Anda. Makanan kaya flavonoid ini dikenal bisa meningkatkan integritas struktural pembuluh darah.

Menurut pakar kesehatan, kekurangan serat akan sering menyebabkan ketegangan selama buang air besar. Ketegangan ini berkontribusi pada varises, jadi mengatasi masalah usus mungkin bisa membantu mengatasi masalah vena skrotum dan penyakit varikokel.

3. Pengobatan herbal 

Mereka yang berlangganan menjalani pengobatan homeopathic, mengklaim bahwa kombinasi herbal dapat meringankan gejala yang berasal dari varises. Dipercayai oleh terapis homeopathic bahwa ada beberapa obat herbal yang mungkin bisa membantu.

Menggunakan terapi herbal memerlukan konsultasi dengan naturopath atau praktisi kesehatan holistik sebelum memulai program pengobatan. Mengonsumsi obat varikokel alami secara sewenang-wenang atau meresepkan diri sendiri bisa berbahaya, karena herbal tertentu jika dicampur bersama, bisa beracun, atau menghasilkan efek samping yang tidak diinginkan ketika dikombinasikan dengan beberapa obat resep.

4. Latihan kegel

Beberapa percaya bahwa latihan kegel sebagai cara mengobati varikokel atau membantu meringankan gejala varikokel. Kegel adalah latihan panggul yang mudah dijalani, bila dilakukan secara konsisten dapat meningkatkan dan mengembalikan tonus otot dan aliran darah. Mereka dianggap latihan kegel dapat meringankan masalah seperti inkontinensia dan varikokel.

Meskipun latihan ini hanya memakan waktu lima menit, Anda perlu melakukannya beberapa kali sehari untuk melihat manfaat potensial untuk penyakit varikokel.

5. Minyak hati ikan cod

Minyak ini tinggi asam lemak esensial omega 3. DHA, salah satu asam lemak yang terkandung dalam minyak ikan cod, memiliki manfaat signifikan pada kelangsungan hidup dan kesehatan sperma. Ketika tidak ada cukup asam lemak, kolesterol menggantikan asam lemak yang dibutuhkan dalam membran sperma. Ini mencegah sperma dari pematangan yang tepat.

6. L-Carnitine

Asam amino ini mengangkut omega. L-Carnitine telah terbukti membantu menormalkan motilitas sperma pada pria dengan kualitas sperma rendah. L-Carnitine membantu sperma untuk memetabolisme lemak dan gula menjadi energi.

7. L-Arginine

Asam amino ini meningkatkan sirkulasi alami ke organ reproduksi untuk meningkatkan detoksifikasi dan untuk membawa darah kaya nutrisi yang mengandung oksigen ke sperma. L-Arginine juga terbukti meningkatkan produksi sperma dan memberi manfaat positif pada pergerakan sperma menurut Mohamed Z. Gad, fakultas Departemen Biokimia, Fakultas Farmasi dan Bioteknologi, Universitas Jerman di Kairo, Mesir.

8. Selenium

Obat varikokel selanjutnya selenium. Selenium adalah mineral yang diperlukan untuk pembentukan sperma yang tepat. Sangat mudah untuk mendapatkan asupan selenium yang cukup dengan mengonsumsi sebanyak 4-5 kacang Brasil sehari.