Obat Alami untuk Mengatasi Penyakit Kulit

Doktersehat-obat-alami-penyakit-kulit

DokterSehat.Com – Berbagai macam penyakit kulit seperti panu, kadas, dan kurap adalah sesuatu yang tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Selain dengan cara medis, masyarakat Indonesia sering kali mengandalkan obat penyakit kulit dari bahan alami.

Obat Penyakit Kulit Berbahan Alami

Berikut ini adalah obat penyakit kulit alami yang bisa Anda digunakan, antara lain:

1. Kudis dan gatal-gatal

Obat penyakit kulit alami ini hanya dilakukan untuk pengobatan luar. Caranya, ambil daun, kulit, batang, atau akar salam secukupnya. Cuci daun salam hingga bersih, lalu tumbuk hingga halus. Balurkan pada kulit yang gatal, kemudian dibalut dengan kasa.

Jika penyakit kulit disertai luka, obat gatal alami yang harus diracik adalah daun biduri dan minyak kelapa secukupnya. Oleskan daun biduri dengan minyak kelapa, lalu dilayukan di atas perapian. Kemudian daun ditempel ke bagian kulit yang luka atau gatal. Sebelum diobati, kulit yang luka dicuci dulu dengan air hangat atau alkohol 70 %.

baca juga: 7 Penyakit Kulit Saat Hamil dan Cara Mengatasi

2. Borok, luka, dan kutil

Olesi borok dan luka dengan obat kulit dari getah buah jambu monyet atau jambu mete (Anarcadium occidentale L) selama beberapa hari sampai luka mengering. Sedangkan untuk pengobatan kutil, petiklah 5 lembar daun dewa, tumbuk daun hingga halus. Lumurkan daun yang telah halus pada tempat yang berkutil, buatlah sampai merekat, biarkan satu hari dan lepas keesokan harinya.

3. Bisul dan eksim

Obat kulit alami selanjutnya adalah menggunakan mahkota bunga teratai yang dibakar. Abu hasil pembakarannya dipercaya berkhasiat untuk menyembuhkan bisul, eksim dan penyakit kulit lainnya. Sedangkan serbuk dan benang sari bunga teratai jika dicampur madu dan keju akan menjadi obat penyakit wasir.

3. Kudis pada anak-anak

Anak-anak yang terkena kudis dianjurkan mandi dengan rebusan air brotowali. Cara membuat air rebusan obat kulit: ambil batang brotowali sekitar 1 m, kemudian potong kecil-kecil, rebus dengan 4 liter air hingga mendidih, masukkan air rebusan ke dalam ember dan tambahkan air dingin. Mandikan anak sambil merendam tubuhnya.

4. Eksim

Obat sakit kulit lainnya adalah menggunakan jahe. Parut rimpang jahe dan peraslah untuk menghasilkan sari jahe. Kemudian campurkan dengan parutan lobak. Oleskan ramuan ke bagian kulit yang terkena eksim.

5. Panu dan koreng

Cara mengobati penyakit kulit lainnya adalah menggunkan lengkuas. Cara membuatnya: tumbuk halus rimpang lengkuas dengan bawang putih (perbandingan 1:4, 1 rimpang 4 bawang putih) hingga halus. Kemudian oleskan pada kulit panu dan koreng. Bagi Anda yang memiliki kurap menahun, tambahkan ramuan tadi dengan cuka.

6. Kurap

Bawang putih adalah obat alami penyakit kulit yang dapat dengan mudah Anda dapatkan. Bawang putih bahkan bisa mengatasi masalah kulit sekitar kurap yang sering terkena efek perubahan warna. Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah dengan mengupas bawang putih.

Setelah itu usapkan pada bagian kurap secara langsung. Awalnya akan terasa perih namun efek ini tidak perlu dikhawatirkan. Anda juga bisa menempelkan irisan bawang putih ke bagian kurap selama beberapa jam.

Selain bawang putih, minyak zaitun juga sangat baik untuk mengobati kurap. Obat penyakit kulit ini mengandung bahan yang sangat baik untuk melawan infeksi dan jamur yang bisa tumbuh. Bahkan minyak zaitun juga bisa meningkatkan kesehatan tubuh.

Cara perawatan kulit dengan minyak zaitun yaitu dengan mengoleskan minyak zaitun secara langsung ke bagian kulit yang terkena kurap. Setelah itu biarkan selama beberapa saat dan bersihkan dengan air hangat. Lakukan selama beberapa kali hingga bekas kurap tidak terlihat lagi.

baca juga: 5 Alasan Mengapa Pria Harus Menggunakan Produk Perawatan Kulit

7. Infeksi kulit

Gel lidah buaya adalah obat penyakit kulit alami yang ampuh dalam melawan jamur dan infeksi kulit. Selain itu gel lidah buaya juga bisa membantu menyembuhkan kurap serta menghaluskan kembali bekas kurap. Obat penyakit kulit alami ini sangat baik untuk menyembuhkan kurap di semua bagian. Anda bisa mencoba untuk menerapkan gel lidah buaya secara langsung tanpa kapas.

5 Cara Mencegah Penyakit Kulit

Kulit Anda memainkan peran penting dalam melindungi tubuh Anda dari berbagai penyakit, jadi penting untuk mengambil langkah-langkah untuk meningkatkan kesehatan kulit. Merawat kulit tidak harus rumit atau menghabiskan banyak waktu, dan dapat dengan cepat menjadi kebiasaan kedua, seperti menyikat gigi setiap hari.

Anda dapat menjaga kulit agar terlihat segar dengan melawan berbagai penyebab penyakit kulit, seperti kulit pecah-pecah, penuaan dini hingga kanker kulit.

Itulah mengapa penting untuk menjaga kebiasaan merawat kulit agar tetap sehat. Berikut adalah lima tips perlindungan kulit yang dapat Anda praktikkan ke dalam rutinitas Anda sehari-hari:

1. Batasi kulit dari paparan sinar matahari

Anda mungkin sering mendengar nasihat orang agar jangan terlalu lama terpapar sinar matahari, karena sinar ultraviolet yang dipancarkan matahari menyebabkan banyak jenis kerusakan kulit, termasuk:

  • Kanker kulit
  • Keriput
  • Bintik-bintik
  • Bintik-bintik usia
  • Discolorations

Menggunakan produk perawatan kulit yang menawarkan perlindungan terhadap ultraviolet adalah salah satu cara terbaik untuk membantu menjaga kulit Anda terlihat segar dan awet muda. Coba tips ini untuk membantu melindungi kulit dari paparan sinar matahari:

  • Gunakan tabir surya setiap hari dan oleskan ulang secara teratur setiap kali Anda berada di luar ruangan untuk waktu yang lama. Sebaiknya menggunakan tabir surya dengan SPF minimal 30.
  • Menutupi. Ini benar-benar tentang perlindungan – yang berarti memakai topi dan pakaian pelindung matahari. Menggunakan lengan panjang dan celana panjang atau rok panjang adalah cara terbaik.
  • Tetap berada di dalam ruangan saat matahari begitu menyengat, biasanya antara pukul 10 pagi hingga 2 malam.
  • Gabungkan strategi perlindungan matahari. Sebuah studi yang diterbitkan pada Januari 2017 di JAMA Dermatology menemukan bahwa para pengunjung pantai yang menggunakan payung saja untuk perlindungan matahari lebih mungkin terkena sinar matahari daripada mereka yang hanya menggunakan tabir surya – tetapi tidak ada cara yang sepenuhnya mencegah sengatan matahari. Para peneliti menyimpulkan bahwa menggabungkan berbagai strategi menawarkan perlindungan paling besar dari sinar matahari yang berbahaya.

Perlu diingat bahwa tanning bed (alat untuk menjadikan kulit berewarna cokelat) sama berbahayanya dengan sinar matahari langsung, karena alat ini juga memancarkan sinar ultraviolet.

2. Tetap terhidrasi

Minum cukup air sangat penting untuk kesehatan Anda secara menyeliruh. Mulailah pagi hari dengan meminum secangkir teh hijau untuk hidrasi, kafein, dan antioksidan.

Selain mencukupi cairan dalam tubuh, menjaga kelembapan kulit sangat penting untuk perlindungan kulit.

Kulit yang terhidrasi dengan baik dapat mempertahankan kelenturan dan dapat mengurangi risiko kulit pecah-pecah, kasar, atau bersisik. Cobalah tips ini untuk menjaga kulit Anda terhidrasi:

  • Gunakan krim atau lotion pelembab yang tepat untuk kulit Anda. Carilah pelembab dengan asam hyaluronic, ceramide, atau minyak kelapa. Selalu oleskan pada kulit untuk menjaga kelembapan.
  • Mandilah atau berendam menggunakan air hangat dan batasi hingga lima hingga 10 menit. Jika kulit masih kering, pertimbangkan untuk tidak terlalu sering mandi dengan air hangat.
  • Jika kulit cenderung kering, gunakan humidifier di kamar tidur saat malam hari dan di ruang kerja di siang hari, ini dapat membantu menjaga udara terhidrasi.

3. Lakukan tindakan pencegahan penyakit kulit

Luka dingin disebabkan oleh infeksi virus pada kulit, sementara bakteri dapat menyebabkan kulit berjerawat dan kondisi kulit lainnya. Hindari penyentuh kulit wajah dapat membantu menurunkan peluang terpapar kuman. Mulailah dengan kiat-kiat berikut ini:

  • Jangan berbagi barang-barang pribadi, seperti lip balm atau sikat gigi, dengan orang lain.
  • Jangan berbagi minuman dengan orang lain.
  • Hindari menyentuh wajah dengan jari-jari Anda, dan hindari kontak wajah dengan benda-benda yang telah digunakan oleh orang lain, seperti telepon rumah atau telepon umum.
  • Jangan sembarangan memilih obat kista. Sebaiknya konsultasikan pada dokter untuk membantu penanganan yang sesual dengan kondisi kulit Anda.

Cepat mendapat pertolongan pertama juga penting. Jika Anda digigit serangga atau tergores, segera obati. Sebaiknya membersihkan area kulit yang terluka terlebih dahulu, kemudian oleskan salep antibiotik, gunakan perban bersih, dan bersihkan luka dua kali sehari.

4. Gunakan produk perawatan kulit yang lembut

Mencuci wajah Anda penting untuk menghilangkan kotoran, minyak, kuman, dan sel-sel kulit mati. Namun, menggosok wajah terlalu keras dapat menyebabkan iritasi dan menyebabkan kulit rentan pecah-pecah. Sebaiknya jangan terlalu sering menggunakan scrub yang bisa didapatkan secara bebas.

Tips membersihkan kulit yang tepat:

  • Cuci muka dua kali sehari dengan air hangat dan pembersih ringan.
  • Pijat wajah dengan lembut menggunakan jari-jari Anda, dengan gerakan melingkar.
  • Membilas dengan setelah mencuci untuk menghilangkan semua sabun dan kotoran.
  • Menepuk – tidak menggosok – kulit yang kering, lalu mengoleskan pelembap.

5. Kenali kulit Anda

Periksa kulit Anda secara teratur untuk melihat tanda-tanda dari kemungkinan kanker kulit. Bicarakan dengan dokter kulit tentang jenis perubahan apa saja yang harus Anda perhatikan.

Kondisi kulit tertentu memerlukan penanganan dokter kulit, termasuk sering berjerawat, kulit kemerahan yang meradang atau teriritasi, dan ruam kulit dan iritasi yang tidak hilang, karena ini bisa menjadi tanda dari salah satu dari banyak jenis dermatitis, atau peradangan kulit.

Namun, jika Anda pernah memerhatikan masalah kulit lainnya, penting untuk mendapatkan perhatian medis untuk mengatasinya dengan cepat dan menghindari risiko penyakit kulit.

Itulah penyakit kulit dan obatnya dari bahan alami yang sangat mudah didapatkan hingga cara mencegah penyakit kulit. Supaya tidak mudah terserang penyakit, yuk mulai sekarang tingkatkan kesehatan kulit Anda, Teman Sehat!