Obat Sakit Pinggang Alami yang Bisa Anda Coba

Doktersehat-obat-sakit-pinggang

DokterSehat.Com – Sakit pinggang menjadi salah satu penyakit yang sering dihadapi semua orang, tarutama mereka yang lanjut usia. Jika Anda memilih bahan dan obat sakit pinggang alami, Anda dapat menghindari bahaya dari bahan kimia yang mungkin mengancam kesehatan.

Daftar Obat Sakit Pinggang Tradisional

Ada banyak obat sakit pinggang tradisional yang bisa digunakan. Bahan-bahan di bawah ini merupakan bahan yang penting Anda ketahui. Berikut ini ada beberapa obat herbal sakit pinggang yang dipercaya ampuh, di antaranya:

1. Daun sirsak

Obat sakit pinggang alami yang pertama adalah daun sirsak. Daun sirsak dipercaya mempunyai zat yang bisa menyembuhkan kanker. Selain dapat menyembuhkan kanker, daun sirsak juga bisa menyembuhkan sakit pinggang.

Cara membuatnya sangat mudah. Ambil banyak 25 daun sirsak yang tidak begitu tua kemudian cuci hingga bersih. Setelah itu rebus dengan menggunakan 6 gelas air, didihkan sampai tersisa 3 gelas saja. Minum sehari sekali, sampai sakit pinggang Anda benar-benar sembuh.

baca juga: Awas, Kurang Minum Bisa Memicu Sakit Pinggang

2. Akar ilalang

Akar ilalang juga bisa digunakan sebagai obat sakit pinggang. Akar ilalang ini sangat mudah didapatkan. Biasanya akar ilalang digunakan sebagai obat panas dalam.  Caranya, ambil beberapa batang akar ilalang kering yang sudah dibersihkan. Rebus dengan menggunakan 1 liter air.

Setelah itu didihkan sampai tersisa setengahnya. Minum obat herbal sakit pinggang sehari tiga kali satu gelas yaitu pada pagi, siang dan sore. Konsumsilah secara rutin, pada saat merebus jangan ditambahkan dengan gula atau bahan apapun.

3. Daun dewa

Obat herbal sakit pinggang selanjutnya adalah daun dewa. Daun dewa memang mempunyai banyak sekali manfaat untuk mengobati berbagai penyakit. Daun dewa mengandung saponin, minyak atsiri, dan senyawa flavanoid.

Pertama-tama siapkan 40 gram daun dewa, 35 gram daun baru cina yang masih segar, 40 gram temulawak dan 600 ml air. Cuci bersih semua bahan yang sudah disiapkan. Rebus semua bahan dengan menggunakan air, didihkan sampai tersisa setengahnya saja. Saring ramuan tersebut kemudian minum sehari satu kali.

4. Daun bakung

Selain menggunakan daun dewa, daun bakung juga bisa digunakan sebagai obat alami sakit pinggang. Daun bakung mengandung zat yang bisa membuat sendi dan saraf-saraf pada pinggang menjadi lebih baik. cara membuat juga sangat mudah sekali. Ambil beberapa lembar daun bakung, cuci bersih.

Gunakan daun bakung yang tidak terlalu tua dan tidak terlalu muda. Rebus dengan menggunakan air sampai mendidih kemudian disaring. Minum didihan daun bakung sehari dua kali secara rutin sampai sakit pinggang Anda sembuh.

Pada akhirnya, agar obat tradisional sakit pinggang manjur untuk tubuh Anda, minumlah obat sakit pinggang herbal tersebut secara rutin. Selain itu, Anda juga harus melakukan sedikit gerakan supaya pinggang dapat terus bergerak.

Tetaplah melakukan banyak kegiatan bermanfaat dan tetap aktif, karena tetap aktif melakukan kegiatan dapat membantu mencegah pembentukan jaringan parut yang menyebabkan kekakuan.

Obat sakit pinggang alami terbaik lainnya yang dapat digunakan adalah krim atau koyo yang mengandung capsaicin yang mampu meringankan rasa nyeri pada pinggang Anda. Hindari aktivitas membungkuk, duduk pada kursi yang rendah dan mengangkat barang berat. Jika Anda sering bekerja dengan posisi duduk dalam waktu yang lama upayakan untuk melakukan latihan ringan setiap 1-2 jam.

baca juga: Sering Sakit Pinggang? Atasi dengan 4 Makanan ini!

Cara Mengatasi Sakit Pinggang Alami Lainnya

Berikut ini cara alami lainnya yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi sakit pinggang:

1. Yoga

Yoga menciptakan keseimbangan dalam tubuh melalui berbagai pose yang mengembangkan fleksibilitas dan kekuatan. Ada beberapa bukti bahwa mengikuti latihan yoga dapat membantu meredakan sakit pinggang.

Berdasarkan penelitian 2011 yang diterbitkan di Clinical Rheumatology, para peneliti mengamati tujuh uji klinis yang menguji efek yoga pada pasien dengan sakit pinggang bawah. Dari beberapa penelitian tersebut, lima menyarankan bahwa yoga mengarah ke pengurangan yang lebih besar dalam sakit pinggang daripada perawatan biasa, pendidikan, atau latihan terapi konvensional.

2. Meditasi

Sebuah latihan pikiran-tubuh kuno, meditasi telah ditemukan untuk meningkatkan toleransi rasa sakit dan meningkatkan manajemen nyeri kronis dalam sejumlah penelitian kecil. Selain itu, sejumlah studi awal telah difokuskan secara khusus pada penggunaan meditasi dalam mengatasi sakit pinggang. Sebuah studi 2008 yang diterbitkan di Pain, misalnya, menemukan bahwa program meditasi delapan minggu menyebabkan peningkatan penerimaan rasa sakit dan fungsi fisik pada pasien dengan sakit pinggang kronis. Penelitian ini melibatkan 37 orang dewasa yang lebih tua, dengan anggota bermeditasi rata-rata 4,3 hari seminggu untuk rata-rata 31,6 menit sehari.

Salah satu bentuk meditasi yang paling sering dipraktikkan dan dipelajari dengan baik adalah meditasi kesadaran.

3. Terapi musik

Terapi musik adalah terapi alami berbiaya rendah yang dapat mengurangi beberapa stres nyeri kronis dalam hubungannya dengan perawatan lain. Studi menemukan bahwa itu dapat mengurangi kecacatan, kecemasan, dan depresi yang terkait dengan sakit pinggang kronis. Hal ini diduga membantu karena dapat mengalihkan perhatian dari sensasi rasa sakit yang tidak menyenangkan, dan ini dapat menyebabkan pelepasan endorfin atau perubahan tingkat katekolamin.

4. Pijat terapi

Penelitian telah membuktikan bahwa terapi pijat dapat membantu mengatasi sakit pinggang, banyak orang melaporkan bahwa terapi pijat dapat melemaskan dan mengurangi rasa sakit kronis.

Penelitian 2009 yang diterbitkan di Spine, para peneliti meninjau 13 uji klinis pada terapi pijat untuk pengobatan sakit pinggang. Peneliti menyimpulkan bahwa pijatan “mungkin bermanfaat untuk pasien sakit pinggang akut dan kronis, terutama bila dikombinasikan dengan latihan.

Terapi pijat juga dapat mengurangi kecemasan dan depresi yang terkait dengan nyeri kronis. Ini adalah terapi alami paling populer untuk sakit pinggang selama kehamilan.

5. Hipnoterapi

Juga disebut sebagai “hipnosis,” hipnoterapi adalah teknik pikiran-tubuh yang melibatkan memasuki alam bawah sadar seperti relaksasi dan konsentrasi yang mendalam. Ketika menjalani hipnoterapi, pasien dianggap lebih terbuka terhadap sugesti. Dengan demikian, hipnoterapi sering digunakan untuk memengaruhi perubahan perilaku yang dianggap berkontribusi terhadap masalah kesehatan, termasuk sakit pingggang kronis.

Penelitian awal menunjukkan bahwa hipnoterapi mungkin berguna dalam pengobatan sakit pinggang. Sebagai contoh, sebuah studi percontohan yang diterbitkan dalam International Journal of Clinical and Experimental Hypnosis menemukan bahwa program hipnosis empat sesi (dikombinasikan dengan program pendidikan psikologis) secara signifikan mengurangi intensitas nyeri dan menyebabkan peningkatan mood di antara pasien dengan sakit pinggang kronis.

Bila keluhan sakit pinggang terus berlangsung dan muncul gejala seperti nyeri yang menusuk hingga mati rasa, sebaiknya Anda segera menemui dokter agar dapat diperiksa lebih lanjut, baik melalui pemeriksaan fisik maupun tes penunjang jika diperlukan (X-Ray, tes darah, tes urine, CT Scan).

Konsultasi dengan dokter sangat disarankan apabila seseorang merasakan gejala selama lebih dari 72 jam atau mengalami kondisi seperti diare, tidak dapat menahan kemih, demam, rasa lemas pada kaki, dan merasakan nyeri saat batuk atau berkemih.