Obat Alami untuk Mengatasi Sakit Akibat Gigi Berlubang

Doktersehat-obat-sakit-gigi

DokterSehat.Com – Sakit gigi adalah penyakit yang pasti pernah dialami oleh semua orang. Banyak orang mengakui bahwa saat dirinya mengalami sakit gigi, hal itu bisa mengganggu aktivitasnya sehari-hari.

Perlu diketahui, penyebab terjadinya sakit gigi berlubang adalah adanya plak dan bakteri. Makanan dan minuman yang tertinggal di gigi akan digunakan bakteri untuk bertahan hidup. Setelah memakannya, bakteri akan menghasilkan plak di mulut.

Plak mengandung asam yang bisa melarutkan mineral pada lapisan enamel gigi dan menyebabkan erosi pada gigi. Erosi ini menimbulkan lubang kecil pada lapisan enamel. Pada akhirnya, bakteri bisa menembus lapisan gigi hingga menyerang saraf dan pembuluh darah.

Hal itu mengakibatkan gigi sensitif, sakit saat mengigit dan berbagai gejala lain yang menyertai gigi berlubang.

baca juga: Penyebab dan Cara Mencegah Gigi Keropos

Sakit gigi bisa disebabkan oleh beragam hal. Dan sakitnya pun tidak hanya pada bagian gigi, tapi juga bisa terasa hingga ke gusi. Oleh karena itu, cara mengobati sakit gigi tidak selalu harus menggunakan obat sakit gigi yang dijual di apotek.

Berikut adalah obat alami sakit gigi yang bisa Anda coba, antara lain:

1. Bawang putih

Kandungan senyawa antiseptik dalam bawang putih telah dipercaya para ilmuwan dapat menyembuhkan sakit gigi, untuk itu Anda dapat menggunakannya sebagai obat sakit gigi alami.

Caranya, ambil satu siung bawang putih, kemudian letakkan pada gigi berlubang. Tunggu selama kurang lebih 5 menit, lalu keluarkan bawang putih dan berkumurlah dengan air hangat.

2. Teh hangat

Tahukah Anda, teh hangat ternyata dapat membantu meredakan sakit gigi. Teh hangat ini mampu memberikan efek reda sementara terhadap sakit gigi. Selain itu, teh hangat juga bermanfaat untuk menghilangkan bakteri dalam gigi.

Caranya, siapkan satu kantong teh yang telah dicelupkan dalam air hangat. Pastikan bahwa teh hangat tidak mengandung gula. Jika sudah, tempelkan pada gusi, tunggu selama beberapa saat hingga sakitnya reda.

3. Cabe rawit

Mungkin Anda heran kenapa cabe rawit dapat menjadi obat sakit gigi. Ya, cabe rawit mengandung senyawa capcasaicin yang dapat meredakan rasa sakit, termasuk sakit gigi. Oleh karena itu, tidak ada salahnya apabila Anda ingin mencobanya sebagai obat sakit gigi.

Caranya cukup mudah, larutkan cabe rawit ke dalam air panas kemudian siapkan kapas dan celupkan. Peras sedikit lalu tempelkan di sela-sela gigi berlubang.

4. Kumur dengan air garam

Cara mengobati sakit gigi yang dapat dengan mudah dilakukan adalah dengan berkumur menggunakan air garam. Anda juga dapat menggunakan benang gigi dalam membersihkan makanan yang menempel di gigi yang sakit. Campurkan satu gelas air dengan setengah sendok teh garam, kemudian kumur-kumur selama beberapa detik, lalu buang.

5. Kompres dengan es batu

Obat sakit gigi alami yang dapat dengan mudah Anda lakukan di rumah adalah menggunakan kompres es. Caranya, lapisi batu es dengan handuk, kemudian tempelkan ke bagian pipi Anda yang dekat dengan gigi yang sakit.

baca juga: 4 Cara Alami Menjaga Kesehatan Gigi dan Mencegah Gigi Berlubang

6. Minyak cengkeh

Cengkeh adalah salah satu rempah yang dapat Anda gunakan sebagai obat sakit gigi alami. Caranya, tempelkan minyak cengkeh ke bagian gigi yang sakit dengan menggunakan kapas kemudian gigit supaya tetap ditempat yang sakit. Di dalam minyak cengkeh terdapat bahan kimia eugenol yang berperan sebagai antibakteri dan anastesi. Sehingga, minyak cengkeh dipercaya dapat meredakan sakit gigi.

Kendati rasa nyeri bisa diatasi dengan obat sakit gigi alami seperti beberapa contoh di atas, akan lebih baik apabila gigi berlubang segera mendapatkan penanganan dokter. Pengobatan untuk gigi berlubang tergantung pada seberapa parah kondisi gigi berlubang yang Anda alami.