10 Obat Tipes Alami untuk Mempercepat Kesembuhan Tipes

obat-tipes-alami-doktersehat

DokterSehat.Com – Tipes atau demam tifoid adalah infeksi yang disebabkan oleh bakteri Salmonella typhi. Tipes menyebar ke seluruh tubuh dan memengaruhi banyak organ dalam tubuh. Selain menjalani perawatan medis, Anda juga bisa menggunakan obat tipes alami agar tipes dapat diatasi dengan lebih cepat.

Obat Tipes Alami

Seseorang dengan tipes parah mungkin akan membutuhkan perawatan medis di rumah sakit selama beberapa waktu. Secara umum tipes diobati dengan obat antibiotik, karena infeksi ini disebabkan oleh bakteri.

Selain obat-obatan medis yang dikonsumsi selama masa penyembuhan dan pemulihan, Anda juga bisa mencoba obat tipes alami sebagai pengobatan pendamping.

Berikut adalah 10 obat penyakit tipes alami yang banyak dipercaya oleh masyarakat!

1. Oralit

Obat tipes alami yang pertama dapat dicoba adalah oralit.

Oralit atau larutan gula garam adalah salah atau obat ampuh mengatasi diare, yang bisa menjadi salah satu gejala tipes. Konsumsi larutan gula garam dapat membantu mencegah dehidrasi akibat banyaknya cairan tubuh yang keluar.

2. Cuka Apel

Cuka apel adalah salah satu bahan alami yang sangat banyak dimanfaatkan dalam bidang kecantikan maupun kesehatan.

Cuka apel dipercaya dapat mencegah berbagai jenis penyakit. Sifat antibakteri dari cuka apel juga membuatnya dipercaya dapat membantu mengatasi gejala tifoid. Cuka apel dipercaya dapat membantu menurunkan demam dan juga menggantikan asupan mineral yang hilang akibat diare.

3. Bawang Putih

Anda tentu tidak asing lagi dengan obat penyakit tipes alami selanjutnya ini, karena bahan satu ini selalu hadir di dapur.

Ya, bawang putih ternyata tidak hanya berguna untuk masak saja, tapi banyak menyimpan manfaat untuk kesehatan. Antibakteri dalam bawang putih dipercaya dapat membantu penyembuhan tipes. Selain itu, bawang putih juga mengandung antioksidan tinggi yang dapat membantu meningkatkan imunitas sehingga mempercepat proses pemulihan.

4. Cengkeh

Cengkeh adalah rempah yang memiliki banyak kegunaan, salah satunya adalah untuk menambah cita rasa pedas pada masakan.

Cengkeh dipercaya dapat menjadi obat tipes alami karena memiliki sifat antibakteri. Selain itu, rempah satu ini juga dipercaya dapat membantu mengatasi diare dan muntah yang umum menjadi gejala tipes.

5. Daun Basil

Obat tipes alami selanjutnya masih berasal dari rempah yang banyak ditemukan di Indonesia, yaitu daun basil.

Daun basil memiliki sifat antibakteri sehingga dapat menjadi antibiotik alami yang dapat menyembuhkan tipes. Daun ini juga dipercaya dapat mengurangi demam dan juga meningkatkan sistem imun tubuh.

6. Pisang

Mengonsumsi buah-buahan memang sangat baik untuk kesehatan, bahkan dapat membantu mempercepat pemulihan Anda ketika sakit.

Pisang banyak mengandung pektin. Zat ini dapat menjadi zat pengental dalam usus sehingga buah mengandung pektin dipercaya dapat mengatasi gejala tipes seperti diare. Pisang juga mengandung kalium yang dapat menggantikan elektrolit yang banyak hilang ketika demam dan diare.

7. Jeruk

Jeruk adalah buah yang mengandung banyak vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh.

Jeruk dipercaya baik dikonsumsi oleh penderita tipes karena kandungan vitamin C jeruk yang tinggi sehingga dapat meningkatkan sistem imun. Jeruk juga mengandung banyak air sehingga dapat membantu mencegah dehidrasi.

8. Delima

Buah lainnya yang dipercaya dapat menjadi obat tipes alami adalah buah delima.

Sama seperti jeruk, buah delima juga dipercaya dapat mencegah dehidrasi sehingga dapat membantu mengatasi gejala tipes. Selain itu, buah delima juga dipercaya dapat membantu meningkatkan energi.

9. Madu

Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa madu memiliki sangat banyak manfaat untuk kesehatan.

Penelitian juga menunjukkan bahwa antibakteri dalam madu dapat membantu melawan bakteri Salmonella typhi yang merupakan penyebab tipes. Pemberian madu secara oral disarankan untuk menjadi pendamping pengobatan tipes agar dapat pulih lebih cepat.

10. Memperbanyak minum air putih

Sangat disarankan untuk mengonsumsi banyak air putih selama proses pengobatan dan pemulihan penyakit tipes.

Seperti yang disinggung sebelumnya terdapat beberapa gejala tipes seperti diare dan muntah yang berpotensi untuk menyebabkan dehidrasi. Konsumsi air putih yang cukup akan membantu tubuh terhidrasi dengan baik dan mencegah tubuh mengalami dehidrasi.

Pencegahan Tipes

Bakteri penyebab tipes termasuk endemik di Indonesia. Sehingga kita tentu perlu selalu waspada agar tidak terjangkit penyakit yang satu ini. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat dilakukan sebagai pencegahan tipes:

  • Vaksin tifoid. Vaksin tifoid umumnya diberikan pada anak usia di atas 2 tahun dan harus diulang setiap 3 tahun sekali.
  • Mencuci tangan. Mencuci tangan dengan bersih setiap akan makan, menyiapkan makanan, atau menggunakan kamar mandi dapat membantu menurunkan risiko infeksi tifoid.
  • Hindari minum air mentah. Air minum yang tekontaminasi dapat menyebabkan penyebaran bakteri penyebab tipes, maka dari itu konsumsi air mentah atau air tidak diolah sebaiknya dihindari.
  • Hindari konsumsi buah dan sayuran mentah. Buah dan sayuran mentah yang dicuci dengan air yang terkontaminasi dapat berpotensi menyebarkan tipes. Sebaiknya hindari mengonsumsi sayuran mentah dan buah yang kulitnya tidak dikupas.
  • Pilih makanan yang baru dimasak. Nikmatilah makanan selagi hangat dan hindari makanan yang disimpan lama. Hindari juga makanan-makanan yang berasal dari tempat yang kebersihannya tidak diketahui.

Itu dia berbagai informasi tentang obat tipes alami dan tips mencegah tipes. Perlu diketahui bahwa beberapa bahan alami di atas belum terbukti secara ilmiah dalam mengobati tipes, sehingga perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan efektivitasnya.

Selama masa pengobatan dan penyembuhan, selalu konsultasikan dengan dokter makanan dan minuman apa saja yang boleh dikonsumsi. Dokter akan memberi tahu apa saja yang boleh dikonsumsi dengan mempertimbangkan kondisi Anda, sehingga jenis makanan yang boleh dan tidak boleh dimakan untuk setiap pasien mungkin dapat berbeda-beda.

 

 

Sumber:

  1. Beresford, Lyndsie. 20 Surprising Home Remedies for Typhoid Fever. https://authorityremedies.com/home-remedies-for-typhoid-fever/#8_Banana. (Diakses 13 September 2019).
  2. DAWN. 2009. Honey a useful drug supplement for typhoid. https://www.dawn.com/news/935002. (Diakses 13 September 2019).
  3. Mayo Clinic. 2018. Typhoid fever. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/typhoid-fever/symptoms-causes/syc-20378661. (Diakses 13 September 2019).
  4. NHS UK. 2018. Typhoid fever. https://www.nhs.uk/conditions/typhoid-fever/. (Diakses 13 September 2019)