DokterSehat.Com– Saat mata terasa lelah atau mengalami masalah mata merah, kita akan langsung memilih untuk menggunakan obat tetes mata. Sayangnya, terkadang kita tanpa sengaja merasakan sensasi obat tetes mata ini masuk ke dalam tenggorokan. Sebenarnya, apakah hal ini tidak apa-apa bagi kesehatan?

tetes-mata-doktersehat

Sebuah kasus yang diunggah oleh Associated Press menunjukkan bahwa obat tetes mata bisa sangat berbahaya jika tertelan. Bagaimana tidak, seorang wanita bernama Lana Clayton mampu membunuh suaminya hanya dengan memberikan air putih yang dicampur oleh obat tetes mata. Saat jenazah suaminya diotopsi oleh dokter, dihasilkan fakta bahwa di dalam tubuhnya terdapat kandungan tetryzoline yang merusak sistem saraf simpatik. Zat ini bisa dengan mudah ditemukan pada obat tetes mata yang kita gunakan.

Menurut laporan yang dikeluarkan oleh American Association of Poison Control Centers pada 2016 lalu, disebutkan bahwa kasus kematian akibat zat tetryzoline sangatlah jarang terjadi. Dari 859 kasus keracunan zat ini, 730 diantaranya terjadi karena ketidaksengajaan. Sisanya adalah kasus yang disengaja namun tidak sampai memakan korban jiwa.

Kandungan tetryzoline mampu mempengaruhi sistem saraf simpatik dan akhirnya memicu perubahan seperti tekanan darah hingga detak jantung. Saat diteteskan pada mata, maka zat ini akan mampu memberikan efek seperti memperlancar aliran darah sekaligus membuat darah yang mengalir di pembuluh mata menjadi lebih bersih. Karena alasan inilah mata yang sebelumnya berwarna merah bisa menjadi putih kembali setelah memakainya.

Hal ini berarti, jika kita tanpa sengaja seperti merasakan ada kandungan tetes mata yang masuk ke tenggorokan saat memakainya, tak perlu khawatir dengan berlebihan. Biasanya efeknya bagi tubuh tidak akan begitu kentara. Hanya saja, jika kita meminum obat tetes mata ini dalam jumlah banyak, bisa jadi efeknya memicu keracunan yang sangat berbahaya.