Terbit: 23 September 2018 | Diperbarui: 25 Februari 2021
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Super tetra obat apa? Super tetra adalah obat komersil yang mengandung tetrasiklin dengan fungsi untuk mengatasi semua infeksi yang disebabkan oleh bakteri yang sensitif dengan zat tetrasiklin. Obat super tetra termasuk ke dalam kelas terapi antibakteri khusus tetrasiklin.

Super Tetra – Manfaat, Dosis, dan Efek Samping

Baca terus untuk mengetahui lebih lanjut tentang obat super tetra termasuk informasi tentang indikasi super tetra, kontraindikasi super tetra, beberapa peringatan, bentuk sediaan super tetra, manfaat super tetra, dosis super tetra, dan efek samping super tetra.

  • Nama: Super tetra
  • Kelas Terapi: Antibakteri » Tetrasiklin
  • Monografi Obat: Tetrasiklin

Indikasi Super Tetra

Obat super tetra bisa diberikan kepada pasien yang memiliki masalah berupa infeksi yang disebabkan oleh organisme yang sensitif dengan kandungan zat tetrasiklin. Beberapa masalah infeksi yang disebabkan oleh organisme tersebut di antaranya adalah bruselosis, akne vulgarism, eksaserbasi bronkitis, mikoplasma, riketsia, dan efusi pleura akibat sirosis.

Beli obat Super Tetra aman dan asli di sini! 

Kontraindikasi Obat Super Tetra

Ada beberapa kontraindikasi yang bisa memicu reaksi berbahaya apabila mengonsumsi obat super tetra. Obat super tetra tidak bisa digunakan oleh pasien atau konsumen yang memiliki gangguan fungsi ginjal. Hal ini dikarenakan pasien dengan masalah ginjal bisa mengakibatkan eksaserbasi penyakit ginjal apabila minum obat super tetra.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Kids Baby - Advertisement

Pemberian obat super tetra juga tidak bisa diberikan kepada anak-anak dengan usia di bawah 12 tahun. Selain itu, ibu hamil dan ibu menyusui juga memiliki kontraindikasi terhadap kandungan tetrasiklin yang ada di dalam obat super tetra.

Jadi, apabila ibu hamil, ibu menyusui, dan anak-anak di bawah 12 tahun memiliki infeksi maka berkonsultasilah dengan dokter agar bisa mendapatkan obat antiinfeksi jenis lain yang bisa mengobati keluhan infeksi yang dialami.

Peringatan

Sebaiknya pasien dengan gangguan fungsi hati melakukan konsultasi lebih dulu dengan dokter sebelum mengonsumsi obat super tetra secara oral tetapi tetap harus berhati-hati dan selalu dalam pengawasan dokter. Hal ini bisa menimbulkan fotosensitivitas.

Bentuk Sediaan Super Tetra

Obat super tetra yang beredar di pasaran memiliki bentuk sediaan berupa kapsul lunak. Bentuk sediaan kapsul lunak super tetra memiliki kekuatan 250 mg. Obat super tetra dalam bentuk sediaan kapsul lunak biasa dijual dalam satuan strip atau dos. Satu strip obat super tetra terdapat 6 tablet dan di dalam 1 dos super tetra terdapat 20 strip.

Manfaat Super Tetra

Obat super tetra bermanfaat untuk mengobati masalah medis tertentu akibat infeksi. Manfaat super tetra bisa untuk mengobati bruselosis, akne vulgarism, efusi pleura akibat sirosis, eksaserbasi bronkitis, mikoplasma dan riketsia.

Super tetra juga memiliki manfaat untuk mengobati infeksi akibat klamidia seperti salpingitis, uretritis, psitakosis, trakoma, dan limfogranuloma venereum. Manfaat obat super tetra juga bisa untuk mengatasi kuman-kuman anaerob pada anak-anak di atas usia 12 tahun.

Dosis Super Tetra

Masalah infeksi yang sedang Anda alami bisa diobati dengan mengonsumsi super tetra dalam dosis yang sesuai anjuran. Dosis super tetra yang diminum secara tepat bisa mengobati keluhan Anda akibat infeksi organisme tertentu.

Apabila Anda minum obat super tetra dengan dosis yang tidak sesuai anjuran maka akan ada efek samping tertentu yang akan muncul. Oleh karena itu, minumlah obat super tetra dengan dosis yang tepat. Dosis obat super tetra adalah 1 kapsul sebanyak 3-4 kali sehari.

Pengonsumsian obat super tetra dilakukan sebelum makan dengan cara menelannya bersama air dalam jumlah cukup. Sebaiknya, Anda berkonsultasi dulu sebelum memberikan obat super tetra kepada anak-anak.

Efek Samping Super Tetra

Ada beberapa efek samping yang bisa ditimbulkan akibat penggunaan obat super tetra. Efek samping super tetra bisa mengakibat reaksi alergi bagi pasien yang memiliki hipersensitivitas terhadap kandungan tetrasiklin pada super tetra.

Reaksi alergi tersebut ditandai dengan beberapa hal, yaitu seperti gatal-gatal, ruam kulit, mual, muntah, pusing atau sakit kepala, sesak napas, dan mengalami pembengkakan di wajah, kulit, atau bibir. Segeralah mencari bantuan medis atau kunjungi dokter apabila Anda mengalami salah satu atau beberapa tanda reaksi alergi ini.

Efek samping super tetra dalam taraf ringan seperti diare, eritema, masalah penglihatan, perubahan warna pada gigi, dan hipoplasia. Penggunaan obat super tetra pada kasus yang jarang terjadi bisa mengakibatkan urtikaria, disfagia, iritasi esofagus, kolitis, pankreatitis, hepatotoksisitas, dan nyeri epigastrum.

 

Sumber:

  1. BPOM: Pusat Informasi Obat Nasional: http://pionas.pom.go.id
  2. Us National Library of Medicine: http://medlineplus.gov
  3. Drugs.com


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi