Terbit: 25 April 2020 | Diperbarui: 30 April 2020
Ditulis oleh: Muhamad Nuramdani | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Ada banyak obat sesak napas yang bisa dipilih, mulai dari yang alami hingga obat di apotek. Sesak napas atau dalam dunia medis dikenal dengan sebutan dyspnea adalah kondisi tidak nyaman yang membuat seseorang sulit untuk memasukkan udara ke paru-paru. Beberapa orang mungkin mengalami sesak napas tiba-tiba dalam waktu singkat. Obat apa yang paling ampuh?

obat-sesak-napas-doktersehat

Cara Mengatasi Sesak Napas (Alami)

1. Konsumsi Kopi Hitam

Cara mengatasi sesak napas yang pertama adalah mengonsumsi kopi hitam. Minum kopi hitam dapat membantu mengatasi sesak napas karena kafein di dalamnya dapat mengurangi kelelahan pada otot-otot di saluran napas.

Namun, penting untuk diingat bahwa minum terlalu banyak kopi dapat meningkatkan detak jantung seseorang. Langkah terbaik adalah dengan memperhatikan asupan kafein ketika mencoba cara ini.

2. Konsumsi Jahe

Konsumsi minuman jahe dapat membantu dapat membantu mengurangi sesak napas yang disebabkan oleh infeksi pernapasan. Sebuah studi menunjukkan bahwa jahe efektif dalam memerangi Respiratory Syncytial Virus (RSV), penyebab umum infeksi saluran pernapasan.

3. Tarik Napas Dalam-Dalam

Cara menghilangkan sesak napas alami berikutnya yang bisa Anda coba adalah dengan bernapas dalam-dalam melalui perut. Cara ini harus dilakukan dengan:

  • Cobalah untuk berbaring sambil meletakkan tangan di perut.
  • Bernapas dalam-dalam melalui hidung. Membiarkan perut mengembang lebar membuat paru-paru terisi udara.
  • Tahan napas selama beberapa detik.
  • Lalu buang napas pelan-pelan melalui bibir sampai hitungan ke empat.
  • Ulangi cara mengatasi dada sesak ini selama 10 menit.

Cara ini dapat dilakukan beberapa kali sehari atau sesering individu mengalami sesak napas.

4. Bernapas dengan Bibir

Cara mengatasi sesak napas lainnya yang dapat membantu adalah bernapas dengan bibir. Metode ini membantu mengurangi sesak napas dengan memperlambat laju pernapasan terutama yang disebabkan oleh kecemasan.

Bernapas dengan bibir harus dilakukan dengan:

  • Duduk tegak di kursi dengan bahu dalam posisi rileks.
  • Kencangkan kedua bibir seolah-olah Anda akan bersiul.
  • Tarik napas melalui hidung dalam beberapa detik.
  • Tarik napas perlahan dan lembut melalui bibir yang mengerut sampai hitungan ke empat.
  • Terus menghirup dan menghembuskan napas dengan cara ini selama 10 menit.

Anda dapat mencoba cara mengatasi sesak napas ini kapan saja dan mengulanginya sepanjang hari sampai kondisi membaik.

5. Menghirup Uap Panas

Menghirup uap panas dapat membantu menjaga rongga hidung seseorang tetap bersih, sehingga Anda dapat bernapas lebih mudah. Panas dan uap air dapat memecah lendir di paru-paru, yang mungkin akan mengurangi sesak napas.

Beberapa hal yang harus dipersiapkan adalah:

  • Isi mangkuk dengan air yang  panas.
  • Tambahkan beberapa tetes minyak esensial peppermint atau eucalyptus.
  • Letakkan wajah di atas mangkuk, dengan handuk di atas kepala.
  • Ambil napas dalam-dalam, hirup uapnya.

6. Meningkatkan Kualitas Udara di Sekitar

Bernapas akan terasa lebih ringan jika udara segar dan bersih masuk ke dalam rumah atau mobil Anda. Menjaga jumlah debu dan bulu hewan peliharaan di rumah pun memegang peranan penting untuk menjaga kualitas udara.

Jika Anda merasa sesak napas seperti berada di dekat seseorang yang merokok, menjauhlah secepatnya. Guna menurunkan suhu udara di dalam ruangan, Anda bisa mencoba duduk di depan kipas angin.

7. Menggunakan Pelembap Udara (Humidifier)

Jika udara di rumah terlalu kering, Anda dapat menggunakan pelembap udara/humidifier. Udara lembap yang dihasilkan oleh humidifier ini dapat membuat pernapasan terasa menjadi lebih ringan. Pastikan juga untuk selalu menjaga humidifier tetap bersih karena apabila kotor dapat menampung jamur atau bakteri yang dapat mencetuskan alergi/asma.

8. Mengontrol Stres

Cara mengatasi sesak napas yang lainnya adalah dengan mengontrol stres, Anda dapat melakukan cara seperti yoga, berdoa, atau meditasi. Praktik-praktik ini dapat dimasukkan ke dalam aktivitas sehari-hari untuk membuat pernapasan lebih optimal.

Terapi pijat adalah cara mengatasi sesak napas yang bagus untuk meningkatkan suasana hati dan kesehatan secara keseluruhan. Sebuah studi mengungkapkan, bahwa dengan terapi pijat, kadar hormon stres/kortisol akan berkurang, sementara kadar serotonin dan dopamin (dua neurotransmiter pemicu kebahagiaan) meningkat setelah dipijat.

9. Akupresur atau Akupuntur

Beberapa pakar mengatakan bahwa akupresur dan akupuntur dapat membantu beberapa orang yang merasa sesak napas. Kedua praktik fokus pada meridian dan titik akupresur tubuh untuk mengoptimalkan aliran energi dan melepaskan penyumbatan saluran napas.

Cara Mengatasi Sesak Napas Medis (Obat Sesak Napas)

Setelah Anda mengetahui beberapa cara mengatasi sesak napas alami seperti di atas, perlu diketahui bahwa penanganan sesak napas tergantung pada fungsi paru-paru dan status kesehatan secara keseluruhan. Dari situ, biasanya dokter akan merekomendasikan obat-obatan tertentu. Berikut adalah beberapa langkah yang bisa dilakukan, di antaranya:

10. Obat-Obatan

Jika sesak napas disebabkan oleh serangan asma atau COPD exacerbation, obat sesak napas yang bisa digunakan adalah bronkodilator dan steroid. Obat ini dapat memperlancar saluran udara dan mengurangi peradangan.

Selain itu, obat sesak napas berikutnya yang mungkin disarankan oleh dokter adalah antiobiotik, terutama jika dyspnea disebabkan oleh pneumonia. Sementara, sesak napas yang disebabkan karena gagal jantung dapat diobati dengan diuretik, obat yang membantu tubuh menghilangkan kelebihan cairan.

12. Prosedur dan Intervensi Bedah

Sesak napas yang disebabkan oleh masalah struktural seperti trauma dada atau pneumotoraks mungkin memerlukan pembedahan atau prosedur intervensi lainnya. Sebagai contoh, chest tube dapat digunakan untuk menghilangkan sesak napas yang disebabkan oleh pneumotoraks atau efusi paru.

Suatu kondisi seperti pulmonary embolus dapat memerlukan perawatan medis intravena (IV) dengan pengencer darah serta prosedur seperti perawatan intervensi dengan trombolitik, yang merupakan obat yang digunakan untuk memecah gumpalan darah secara langsung.

13. Alat Bantu Pernapasan

Dalam beberapa kasus, mendapatkan oksigen tambahan dapat membantu pemulihan dari sesak napas. Dalam situasi yang parah ketika Anda tidak dapat bernapas sendiri, pernapasan dengan bantuan mekanis mungkin diperlukan dengan non-invasive pressure ventilation atau intubation.

Nah, itulah berbagai obat sesak napas alami dan medis yang wajib Anda tahu.

 

Informasi kesehatan ini telah ditinjau oleh dr. Antonius Hapindra Kasim

  1. Burgess, Lana. 2017. Seven home remedies for shortness of breath. https://www.medicalnewstoday.com/articles/319175. (Diakses pada 23 Maret 2020).
  2. Price, Annie, CHHC. 2018. Dyspnea: 6 Natural Remedies and What Causes Shortness of Breath. https://draxe.com/health/dyspnea/. (Diakses pada 23 Maret 2020).
  3. Leader, Deborah, RN. 2020. What Is Dyspnea?. https://www.verywellhealth.com/dyspnea-meaning-causes-symptoms-914898. (Diakses pada 23 Maret 2020).


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi