Terbit: 22 September 2018
Ditulis oleh: Mutia Isni Rahayu | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Scabimite obat apa? Scabimite adalah merek obat topikal atau oles yang biasa digunakan untuk mengatasi masalah kulit yang dikenal dengan nama kudis. Penyakit kudis atau scabies merupakan jenis iritasi kulit yang disebabkan oleh serangga Scarcptes scabiei atau yang biasa disebut juga dengan tungau.

Scabimite: Manfaat, Dosis, Efek Samping

Scabimite memiliki kandungan bahan aktif Permethrin yang berasal dari jenis Pyrethroid. Zat kimia yang satu ini sering kali difungsikan sebagai insektisida yang mampu untuk membasmi berbagai macam hama termasuk juga tungau ini. Cara kerja Permethrin adalah dengan cara menyerang membran sel saraf tungau sehingga perkembangan tungau terganggu dan tungai pun mati.

Manfaat Scabimite

Melihat dari cara kerja bahan aktif yang terkandung di dalamnya, manfaat Scabimite yang paling utama adalah untuk mengatasi kudis di kulit. Gejala kudis umumnya ditandai dengan tonjolan dan juga kulit kemerahan di bagian tungau bersarang. Selain mengatasi kudis, Permethrin juga dipercaya dapat membasmi hama lain yang sama mengganggunya seperti tungau yaitu kutu rambut.

Dosis Scabimite

Scabimite memiliki kandungan Permethrin sebanyak 5% dan tersedia dalam kemasan tube 10 gr dan 30 gr. Dosis Scabimite diberikan oleh dokter sesuai dengan kondisi pasien. Dosis Scabimite untuk kudis pada dewasa dan anak-anak bergantung pada besarnya kudis yang diderita.

Scabimite bisa dioleskan ke seluruh kudis lalu didiamkan selama 8-14 jam di kulit, baru kemudian dibilas dengan air. Baca aturan petunjuk penggunaan Scabimite untuk cara pengaplikasian obat yang lebih jelas. Jangan mengganti dosis penggunaan tanpa berkonsultasi pada dokter atau apoteker.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Cetaphil Promo - Advertisement

Sedangkan untuk penggunaan sebagai penghilang kutu rambut, sebaiknya menggunakan obat dengan kandungan Permethrin sebanyak 1% saja atau Anda bisa menggunakan scabimite namun dengan dosis yang sangat kecil. Aplikasikan pada kulit kepala tipis saja, lalu diamkan 10 menit sebalum dibilas.

Petunjuk Penggunaan

Scabimite tidak seperti obat topikal lain yang dioleskan hingga berkali-kali pada kulit untuk menyelesaikan satu masalah kulit. Scabimite hanya untuk digunakan satu kali saja. Berikut adalah hal-hal yang perlu Anda perhatikan ketika mengaplikasikan Scabimite:

  • Oleskan obat ini pada seluruh bagian kulit yang terkena kudis
  • Diamkan obat selama 8-14 jam untuk bereaksi, jangan biarkan kudis terkana air selama Anda menggunakan obat ini.
  • Setelah seselai, barulah bisa tubuh dengan air bersih. Jangan biarkan obat ini berada di kulit melebihi dari 14 jam.
  • Obat ini hanya untuk digunakan sekali selama 8-14 jam tersebut dan tidak untuk digunakan berulang kali, konsultasikan pada dokter tentang penggunaan ulang jika obat ini tidak ampuh dalam sekali pakai.

Efek Samping Scabimite

Scabimite adalah obat yang relatif aman untuk digunakan. Tetapi terdapat juga efek samping yang muncul dari obat ini seperti iritasi kulit, rasa gatal, kemerahan pada kulit, hingga pembengkakan. Jika Anda mengalami salah satu dari efek samping yang disebutkan atau efek samping lainnya, segera konsultasi pada dokter untuk ditindaklanjuti.

Peringatan dan Perhatian

Scabimite merupakan jenis obat keras sehingga harus didapatkan dari resep dokter dan harus digunakan dengan hati-hati sesuai dengan aturan pakai dan juga dosis yang sudah ditentukan. Sebelum menggunakan obat ini, berikut adalah hal-hal yang harus menjadi perhatian dan peringatan bagi Anda:

  • Obat ini masuk ke dalam kategori B menurut FDA pada penggunaan untuk ibu hamil. Penggunaan mungkin menimbulkan risiko sehingga sebaiknya digunakan hanya jika tidak ada pilihan obat lainnya.
  • Penggunaan obat ini pada anak-anak dan ibu menyusui juga tidak disarankan, kecuali di bawah pengawasan dokter.
  • Jangan gunakan obat ini pada pasien yang hipersensitf terhadap bahan-bahan yang terkandung dalam obat ini.
  • Scabimite adalah obat luar sehingga hati-hati penggunaannya pada area sensitif seperti bibir dan mata. Obat ini tidak boleh tertelan.
  • Jauhkan obat ini dari anak-anak dan juga hewan peliharaan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.
  • Jika penggunaan Scabimite satu kali tidak menunjukkan hasil yang diinginkan, segera hubungi dokter.
  • Kudis sering kali dibarengi dengan gangguan kulit lain seperti edema, eritrema, dan pruritus. Kondisi ini mungkin membuat kudis semakin parah pada penggunaan awal obat, namun akan membaik setelah beberapa hari penggunaan obat.
  • Selalu konsultasikan dengan dokter tentang kondisi kesehatan Anda atau tentang pengobatan lain yang mungkin sedang Anda jalani untuk menghindari interaksi obat yang bisa menyebabkan kinerja obat menurun atau miningkatkan kemungkinan timbulnya efek samping.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi