Terbit: 25 September 2018
Ditulis oleh: Mutia Isni Rahayu | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Sanfuliq obat apa? Sanfuliq adalah suplemen dengan berbagai kandungan tanaman herbal, vitamin, dan senyawa kimia. Suplemen ini memiliki kegunaan yaitu untuk menjaga kesehatan fungsi hati secara keseluruhan. Sebelum Anda mengonsumsi suplemen ini, ketahui terlebih dulu tentang kandungan, manfaat, dosis, dan efek samping dari suplemen ini.

Sanfuliq: Manfaat, Dosis, Efek Samping

Kandungan Sanfuliq

Sanfuliq mengandung berbagai kandungan senyawa yang semuanya memiliki kebaikan untuk tubuh. Berikut adalah senyawa-senyawa yang terkandung dalam Sanfuliq:

  1. Curcuma longa rhizome extr (Curcuminoid 95%) 150 mg

Curcuma longa adalah nama latin dari kunyit. Sanfuliq mengandung ekstrak kunyit yang memiliki banyak kandungan senyawa curcumin. Ada banyak sekali manfaat dari senyawa ini, salah satunya adalah untuk memperbaiki fungsi hati.

2. Silybin phospholipids 140 mg

Silybin phospholipids mrupakan senyawa yang yang berasal dari ekstrak biji tanaman milk thistle (Silybum marianum). Tanaman milk thistle sendiri sudah banyak dikenal sebagai tanaman yang ampuh sebagai obat penyakit hati. Manfaat lain dari tanaman ini adalah mampu menurunkan kada kolesterol jahat dan meringankan gejala diabetes tipe 2.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku RT Mandiri - Advertisement

3. Schizandrae fructus extr 135 mg

Sanfuliq juga mengandung ekstrak Schizandrae fructus atau tanaman Schisandra yang buahnya disebut magnolia berry. Dilansir dari WebMD, tanaman ini biasa digunakan sebagai makanan maupun obat. Manfaat dari tanaman ini antara lain adalah meningkatkan ketahanan tubuh, mencegah stres, dan meningkatkan daya tahan serta energi. Selain itu, tanaman ini juga memiliki manfaat untuk mengobati penyakit hati seperti hepatitis dan melindungi hati dari berbagai racun.

4. Choline L-bitartrate 150 mg

Choline L-bitartrate adalah salah satu bentuk garam dari senyawa Kolin. Garam ini sering difungsikan sebagai suplemen otot. Selain itu Choline L-bitartrate juga biasa digunakan untuk berbagai macam gangguan tubuh seperti penyakit hati, skizofrenia, depresi, alzheimer, dan masih banyak lagi.

5. Vitamin E 15 mg

Vitamin E tidak hanya bisa menjadi antioksidan dan memiliki banyak manfaat untuk kulit. Dalam takaran yang tepat, vitamin E juga memiliki manfaat untuk membantu gangguang hati. Vitamin E bisa menjadi pengobatan untuk perlemakan hati dan sebagai pencegahan penyakit hati.

Selain kelima kandungan di atas, Sanfuliq juga mengandung:

6. Vitamin B1 1 mg

7. Vitamin B2 1,2 mg

8. Vitamin B6 2 mg

9. Vitamin B12 2,4 mcg

Seluruhnya adalah vitamin yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan vitamin harian dalam tubuh. Tugas dari vitamin-vitamin ini adalah untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Manfaat Sanfuliq

Manfaaat Sanfuliq adalah untuk menjaga kesehatan hati secara keseluruhan. Hati merupakan organ yang sangat penting bagi tubuh, fungsi hati adalah antara lain untuk membantu melancarkan sistem metabolisme tubuh, melindungi tubuh dari zat berbahaya, menghasilkan empedu, dan masih banyak lagi.

Gangguan fungsi hati biasanya ditandai dengan perubahan warna kulit dan mata menjadi kekuningan, tubuh mudah lelah, rasa gatal pada kulit, warna urine menggelap, warna feses menjadi pucat, nyeri, dan pembengkakan pada perut. Penyebab gangguan hati bisa bermacam-macam mulai dari infeksi virus hepatitis, perlemakan hati, kanker, hingga gangguan sistem imun.

Manfaat Safuliq adalah untuk memelihara hati agar tidak mudah terkena gangguan hati. Suplemen ini bisa digunakan sebagai pencegahan atau sumpelen pendamping untuk pengobatan gangguan hati.

Dosis Sanfuliq

Sanfuliq tersedia dalam bentuk kaplet. Dosis Sanfuliq untuk dewasa adalah sebanyak 1 kaplet sehari. Tidak ditemukan dosis untuk anak-anak sehingga kemungkinan supelemn ini tidak disarankan untuk digunakan oleh anak-anak. Jangan menambahkan atau mengurangi dosis suplemen ini, kecuali atas saran dokter.

Efek Samping Sanfuliq

Sanfuliq adalah jenis suplemen dan relatif aman untuk dikonsumsi. Belum ditemukan efek samping yang mungkin muncul akibat dari penggunaan suplemen ini. Jika Anda mengalami keluhan setelah penggunaan suplemen ini, segera hentikan penggunaan dan segera hubungi dokter.

Perhatian dan Peringatan

Sebelum menggunakan Sanfuliq, berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan:

  • Jangan gunakan obat ini pada pasien dengan hipersensitivitas terhadap komponen-komponen yang menyusun suplemen ini.
  • Jangan gunakan obat ini pada pasien yang memiliki batu empedu dan gangguan saluran empedu.
  • Hati-hati penggunaan obat ini pada anak-anak, wanita hamil, dan ibi menyusui. Konsultasikan lebih dulu dengan dokter sebelum menggunakan suplemen ini.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi