4 Obat Sakit Gigi Anak Alami Ini Pasti Ampuh

obat-sakit-gigi-yang-ampuh-untuk-anak-doktersehat

DokterSehat.Com – Sakit gigi pada anak merupakan masalah umum yang biasa terjadi. Sakit gigi pada anak tentunya membuat stres bagi anak-anak dan orang tua. Bagaimana tidak? Bila orang dewasa saja yang mengalami sakit gigi akan merasakan rasa sakit yang menyiksa. Lalu bagaimana bila sakit gigi mendera anak-anak?

Dengan mudah, anak-anak bisa merasakan bila giginya terasa sakit. Akan tetapi, anak-anak sulit untuk menentukan penyebab pasti dari rasa sakit pada giginya. Ketika anak Anda mengeluhkan rasa sakit yang diderita pada giginya, Anda sebagai orang tua harus segera melihat gigi mereka secara seksama.

Perhatikanlah baik-baik, masalah gigi yang bisa langsung Anda identifikasi. Biasanya, sakit gigi merupakan indikasi adanya masalah pada gigi. Sakit gigi dapat disebabkan oleh berbagai masalah.

Penyebab paling umum adalah gigi berlubang dan penyakit gusi. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengetahui apa saja penyebab sakit gigi pada anak sehingga Anda bisa dengan mudah mengetahui masalah gigi pada anak Anda.

Penyebab sakit gigi pada anak

Penyebab sakit gigi yang sering terjadi pada anak-anak adalah kerusakan gigi. Kerusakan gigi biasanya ini dipicu oleh kebiasaan buruk yang sering dilakukan atau sering mengabaikan kesehatan dan keindahan gigi.

Kerusakan gigi yang biasa terjadi pada anak-anak diantaranya adalah gigi berlubang, gigi karies, gigi patah, dan sejenisnya. Selain itu, sakit gigi pada anak juga bisa disebabkan oleh penumpukan plak dan cedera yang tak terduga seperti terjatuh tiba-tiba dengan keras.

Janganlah mengabaikan sakit gigi pada anak. Sikap acuh ini bisa mengakibatkan masalah yang lebih serius lagi pada gigi anak Anda. Oleh karena itu Anda harus segera menindaklanjutinya. Anda bisa membawa anak Anda ke dokter gigi anak terdekat. Atau Anda bisa juga untuk segera memberinya obat sakit gigi anak.

Baca juga: Ini Bahayanya Jika Kita Sampai Terlambat Mengobati Sakit Gigi Pada Anak

Daftar Obat Sakit Gigi Anak Alami

Berikut ini adalah obat sakit gigi anak yang dapat Anda coba di rumah sampai Anda dapat membawa anak Anda ke dokter gigi anak. Mulailah dengan memberikan obat sakit gigi anak yang alami. Akan tetapi, apabila anak Anda masih merasakan sakit gigi maka Anda baru bisa memberinya obat sakit gigi anak yang bisa didapat di apotik.

1. Air garam hangat

Tidak hanya untuk orang dewasa, berkumur dengan menggunakan air garam hangat merupakan obat sakit gigi anak yang ampuh. Hal ini dikarenakan garam bisa membunuh bakteri sementara air hangat dapat membantu meringankan rasa sakit dan mengurangi pembengkakan di gusi. Ajaklah anak Anda berkumur menggunakan air hangat yang dicampur dengan garam.

2. Kompres dengan es

Obat sakit gigi anak lainnya yang ampuh dan alami adalah dengan memberikan kompresan dingin. Kompresan dingin ini biasanya menggunakan es. Rasa dingin yang menempel dengan lama pada bagian luar pipi anak bisa mematikan rasa sakit dan mengurangi pembengkakan bila sakit gigi anak dikarenakan cedera.

3. Minyak cengkeh

Minyak cengkeh berfungsi sebagai analgesik topikal dan antibakteri. Sudah terbukti bahwa minyak cengkeh secara ampuh bisa menghilangkan rasa sakit gigi pada anak. Oleskan minyak cengkeh dengan menggunakan kapas secara lembut pada area gigi yang nyeri.

4. Obat sakit gigi anak yang ampuh di Apotek

  • Cataflam Drops

    Cataflam merupakan merk obat sakit gigi anak yang ampuh. Obat ini termasuk ke dalam kategori obat anti inflamasi non steroid. Cataflam mengandung  kalium diklofenac 15mg di setiap 1 ml nya yang berfungsi untuk meredakan nyeri karena sakit gigi. Dosis untuk anak diatas 6 tahun adalah sebanyak 2 mg/ kgBB sesudah makan. Cataflam drops biasanya dibanderol sebesar Rp 55.000,00.

  • Ponstan Tablet

    Obat sakit gigi anak lainnya yang terbukti ampuh adalah Ponstan Tablet. Obat ini termasuk ke dalam kategori obat Analgesik (non opiat) dan antipiretik. Ponstan Tablet mengandung  Asam mefenamat yang juga memiliki fungsi untuk meredakan nyeri karena sakit gigi. Dosis untuk anak-anak dalam sehari adalah 1 tablet atau 4 kali sehari ½ tablet sesudah makan. Harga Ponstan Tablet cukup terjangkau yaitu sebesar Rp 3.500,-/ tablet.

  • Anastan Forte

    Anastan Forte merupakan merk obat sakit gigi anak yang sangat ampuh. Anda bisa menggunakannya untuk mengatasi sakit gigi pada anak Anda bila sudah mempan dengan obat sakit gigi alami. Obat ini termasuk ke dalam kategori obat Analgesik (non opiat) dan antipiretik.

    Sama seperti Ponstan Tablet, Anastan Forte juga mengandung  Asam mefenamat yang juga berfungsi untuk meredakan nyeri karena sakit gigi. Dosis untuk anak lebih dari 6 bulan adalah 6,5 mg/ kg berat badan setiap 8 jam sekali setelah makan. Harga Anastan Forte yang ukuran 250 mg dibanderol dengan harga Rp 400,-/ tablet.