Terbit: 22 Juni 2021 | Diperbarui: 25 Juni 2021
Ditulis oleh: Mutia Isni Rahayu | Ditinjau oleh: dr. Ursula Penny Putrikrislia

Rhinos adalah obat untuk meredakan gejala alergi seperti hidung meler, bersin, mata merah, flu, dan sebagainya. Ketahui Rhinos SR obat apa, komposisi, indikasi, cara pakai, efek samping, dll dalam pembahasan ini.

Rhinos SR: Komposisi, Indikasi, Dosis, Efek Samping, dll

Rhinos Obat Apa?

Rhinos SR atau Rhinos adalah obat yang terdiri dari bahan aktif Loratadin dan Pseudoefedrin. Loratadin adalah golongan obat antihistamin yang dapat meredakan gejala akibat meningkatnya histamin seperti bersin-bersin, gatal-gatal, hidung meler, dan mata merah. Loratadin mampu untuk menurunkan kadar histamin dalam tubuh untuk mengatasi gejala tersebut.

Sedangkan Pseudoefedrin adalah golongan obat dekongestan atau pelega hidung tersumbat, Pseudoefedrin bekerja dengan menyusutkan pembuluh darah sekitar rongga hidung. Menyusutnya pembuluh darah tersebut akan membantu mengatasi hidung tersumbat akibat peradangan maupun alergi.

Rangkuman Informasi Obat Rhinos

 Nama Obat  Rhinos
 Kandungan Obat  Loratadine 5 mg, pseudoephedrine hcl 60 mg
 Kelas Obat  Obat alergi
 Kategori Obat  Obat  resep
 Manfaat Obat  Mengatasi gejala rinitis alergi seperti hidung meler, hidung tersumbat, pilek, bersin-bersin, pruritus, mata berair, dan ciri alergi lainnya.
 Kontraindikasi Obat
  • Hipersensitivitas pada komposisi.
  • Hipertensi berat.
  • Pasien yang sedang menjalani terapi MAOI. atau masih memiliki 10 hari penghentian terapi.
  • Pasien penyakit arteri koroner.
 Sediaan Obat  Kapsul dan sirup
 Harga Obat  Obat kapsul sekitar Rp7.500/kapsul

*Harga obat mungkin berbeda di setiap apotek.

Merek Dagang Rhinos SR

Obat ini dipasarkan dalam bentuk generik, termasuk:

  • Loratadine
  • Pseudoephedrine HCI

Obat Rhinos juga tersedia untuk anak-anak dalam Rhinos Neo, tetapi berbentuk obat drop atau tetes bukan kapsul. Obat anti-alergi ini hanya bisa Anda dapatkan dengan resep dokter.

Indikasi Obat Rhinos

Fungsi obat Rhinos SR adalah untuk mengobati gejala-gejala yang berhubungan dengan rhinitis alergi seperti hidung tersumbat, hidung meler, hidung gatal, dan juga bersin-bersin.

Rhinos SR digunakan untuk penyakit yang membutuhkan Loratadin untuk efek antihistamin serta Pseudoefedrin untuk efek dekongestan dalam waktu yang bersamaan. Kedua bahan aktif dalam obat Rhinos tentunya membuat Rhinos menjadi obat flu yang lebih ampuh jika dibandingkan dengan obat yang mengandung antihistamin saja.

Baca Juga: 15 Obat Corona COVID-19 yang Sedang Dikaji (Berdasarkan Penelitian)

Peringatan dan Perhatian

Terdapat beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum mengonsumsi obat flu ini:

  • Perhatikan penggunaan obat ini pada anak-anak di bawah 12 tahun dan juga pasien dengan usia di atas 60 tahun.
  • Tidak penelitian khusus yang membuktikan adanya risiko penggunaan obat pada ibu hamil dan menyusui. Tetapi sebaiknya Anda konsultasikan dulu pada dokter penggunaan obat ini jika Anda sedang hamil, menyusui, atau sedang menjalani program hamil.
  • Jangan langsung berkegiatan karena obat ini dapat menurunkan beberapa kemampuan seperti menjalankan mesin dan juga mengemudi.
  • Ini termasuk obat keras sehingga Anda wajib untuk membaca aturan pakai atau mengikuti petunjuk dokter.

Interaksi Obat

Obat bisa berinteraksi dengan obat lain, gangguan pada tubuh, hingga makanan dan minuman. Interaksi obat ini umumnya akan membuat obat tidak bekerja dengan maksimal atau bahkan meningkatkan kemungkinan terjadinya efek samping.

Berikut adalah beberapa hal yang harus Anda perhatikan untuk menghindari interaksi obat dengan Rhinos SR:

1. Obat lain

Terdapat beberapa obat baik itu obat resep, non-resep, suplemen vitamin, hingga obat herbal yang sebaiknya tidak dikonsumsi bersamaan dengan Rhinos SR. Obat-obatan tersebut antara lain adalah Metildopa, Reserpin, Veratrum alkaloid, Mekamilamin, beta-blocker dan digitalis, Kaolin, Antasida, dan obat golongan makrolida. Agar terhindari dari interaksi obat yang tidak diinginkan, sebaiknya Anda tidak mengganti resep obat dengan sembarangan.

2. Kondisi tubuh tertentu

Selain berinteraksi dengan obat, Rhinos SR juga bisa berinteraksi dengan kondisi tubuh tertentu dan bisa membuat penyakit tersebut semakin parah. Jika Anda memiliki hipersensitivitas terhadap pseudoefedrin dan loratadin, merupakan penderita penyakit kardiovaskuler, dan kegagalan pernapasan, sebaiknya menghindari penggunaan obat Rhinos.

3. Makanan atau minuman

Rhinos juga berinteraksi dengan makanan dan minuman yang nantinya akan menghambat kerja obat tersebut. Salah satu yang paling tidak boleh adalah konsumsi alkohol. Pantangan makanan dan minuman lainnya bisa Anda ketahui dengan berkonsultasi pada dokter.

Efek Samping Rhinos

Rhinos SR juga memiliki efek samping seperti obat lain pada umumnya. Berikut adalah beberapa efek samping yang pernah ditemukan setelah konsumsi Rhinos SR:

  • Gangguan saluran pencernaan seperti mual, muntah nyeri ulu hati, dan mulut kering.
  • Efek terhadap pembuluh darah dan jantung seperti palpitasi dan takikardi (jantung berdetak cepat) dan juga ekstrasistol (denyut jantung prematur).
  • Reaksi alergi seperti gatal-gatal, pembengkakan pada wajah atau lidah, hingga kesulitan bernapas.
  • Efek pada saraf seperti kesemutan, sakit kepala, serangan panik, tremor, dan juga perubahan mood.
  • Jika efek samping yang timbul berlanjut dan semakin mengganggu, segera hubungi dokter.

Dosis Rhinos

Obat Rhinos berbentuk kapsul lepas lambat yang memiliki komposisi Loratadin 5 mg dan Pseudoefedrin HCL sebesar 120 mg untuk setiap kapsul. Obat Rhinos umumnya diberikan melalui resep dokter sehingga dosisnya bergantung pada hasil pemeriksaan yang dilakukan.

Tetapi untuk dosis yang disarankan adalah 1 kapsul untuk setiap 12 jam untuk dewasa atau anak-anak usia di atas 12 tahun. Penggunaan obat Rhinos bisa dihentikan jika gejala sudah mereda atau sesuai dengan ketentuan dokter.

Baca Juga: Avigan: Fungsi, Efek Samping, Dosis, Aturan Pakai, dll

Cara Pakai Obat Rhinos SR

Berikut ini cara pakai obat anti-alergi secara umum:

  • Konsumsi sesuai resep yang dokter anjurkan.
  • Dokter mungkin merubah dosis sesuai dengan kondisi dan gejala yang Anda alami.
  • Obat harus dikonsumsi sesudah makan.
  • Bila lupa minum obat, segera minum obat saat Anda mengingatnya. Bila saat Anda mengingatnya sudah masuk ke jadwal minum obat berikutnya, lewati dosis yang terlupakan. Jangan minum dua dosis sekaligus.
  • Bila mengalami overdosis, hentikan penggunaan obat dan segera hubungi dokter.

Petunjuk Penyimpanan Obat Rhinos SR

Berikut ini petunjuk penyimpanan obat-obatan secara umum:

  • Simpan obat di tempat yang sejuk. Jauhkan dari jangkauan anak-anak.
  • Jangan membuang sampah obat sembarangan.

Itulah pembahasan tentang Rhinos obat apa. Rhinos SR adalah obat untuk mengatasi reaksi alergi dengan gejala seperti hidung tersumbat, mata berair, bersin, pilek, gatal, dan sebagainya. Selalu konsultasikan kondisi Anda pada dokter agar mendapat resep yang tepat.

obat isolasi mandiri doktersehat

Pesan obat di Farmaku lebih mudah, cepat, dan praktis. Farmaku adalah apotek online terpercaya yang memberi kemudahan untuk beli berbagai jenis obat demi kesehatan Anda. Beli obat dan vitamin dengan promo dan langsung diantar ke rumah Anda. S&K berlaku.

  1. MIMS. 2020. Rhinos SR. https://www.mims.com/indonesia/drug/info/rhinos%20sr. (Diakses pada 21 Juni 2021).

DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi