Terbit: 28 Agustus 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Ptu obat apa? Obat ptu adalah salah satu jenis monografi obat untuk terapi antitiroid. Ptu merupakan singkatan dari Propylthiouracil. Obat ptu atau Propylthiouracil sering digunakan untuk mengatasi beberapa kelainan akibat gangguan pada kelenjar tiroid, salah satu contohnya seperti hipertiroidisme.

obat-propylthiouracil-doktersehat

Mari menyimak penjelasan lebih lanjut untuk mengetahui tentang berbagai informasi penting terkait obat ptu (Propylthiouracil). Cari tahu pula informasi mengenai indikasi obat ptu, bentuk sediaan obat ptu, manfaat obat ptu, dosis obat ptu, efek samping obat ptu, dan beberapa peringatan terkait penggunaan obat ptu di bawah ini.

  • Nama Dagang: Propylthiouracil (Obat ptu)
  • Kelas Terapi: Antitiroid
  • Nama Dagang: Propilthiouracil

Indikasi Obat PTU

Obat ptu yang merupakan obat yang diberikan kepada pasien yang memiliki gangguan pada kelenjar tiroid. Obat propylthiouracil memiliki beberapa indikasi yang harus diperhatikan terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk mengonsumsinya.

Indikasi obat ptu di antaranya adalah hipertiroidisme, penyakit graves, pembesaran tiroid, dan thyroidectomy (pengangkatan tiroid). Pasien atau konsumen baru boleh diberikan obat ptu atau obat propylthiouracil apabila telah terbukti memiliki beberapa indikasi tersebut.

Bentuk Sediaan Obat PTU

Obat ptu yang mengandung monografi propylthiouracil telah beredar di pasaran dengan menggunakan nama dagang Propilthiouracil. Obat Propilthiouracil atau obat ptu memiliki bentuk sediaan dalam bentuk tablet yang digunakan per oral. Setiap tablet obat ptu memiliki kekuatan 50 mg. Jadi, kemasan obat ptu beredar dalam bentuk tablet 50 mg.

Manfaat Obat PTU

Obat ptu memiliki beberapa manfaat. Ada beberapa manfaat obat ptu bagi para pasien atau konsumennya. Manfaat obat ptu di antaranya adalah untuk mencegah terjadinya produksi hormon tiroid yang berlebih oleh kelenjar tiroid.

Selain itu, manfaat obat ptu yang lain bisa untuk mempersiapkan pengangkatan tiroid (thyroidectomy). Manfaat obat ptu yang satu ini bisa dirasakan oleh pasien atau konsumen yang sensitif terhadap obat karbimazol. Propylthiouracil dan karbimazol memiliki cara kerja yang sama dalam terapi persiapan tindakan thyroidectomy. 

Mekanisme kerja Propylthiouracil dan karbimazol adalah dengan mempengaruhi sintesis hormon-hormon tiroid. Manfaat obat ptu yang lain adalah untuk mengobati penyakit Graves dan pembesaran tiroid. Obat ptu juga bermanfaat untuk mengontrol beberapa gejala yang Anda rasakan sebelum Anda menjalani operasi tiroid.

Sebelum minum obat ptu

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum minum obat ptu. Perhatikanlah beberapa hal di bawah ini dan konsultasilah dengan dokter Anda segera sebelum terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum Anda minum obat ptu:

  • Anda tidak boleh menggunakan obat ptu bila memiliki alergi
  • Konsultasikan dengan dokter Anda apabila Anda memiliki gangguan hati, sistem kekebalan yang lemah, dan harus menjalani operasi
  • Hindari pemakaian obat ptu apabila Anda sedang hamil karena dapat membahayakan janin dan kondisi liver ibu
  • Konsultasilah dengan dokter Anda jika Anda berencana untuk hamil saat sedang menggunakan obat ptu
  • Jangan gunakan propylthiouracil saat Anda menyusui bayi karena obat ptu dapat membahayakan bayi yang menyusui
  • Jangan berikan obat ptu pada anak di bawah usia 18 tahun tanpa saran dokter Anda

Dosis Obat PTU

Dosis obat ptu untuk kasus Hipertiroidisme adalah 3 x 100 mg dalam sehari sebagai dosis awal. Pada beberapa kasus, dosis obat ptu untuk mengatasi hipertiroidisme adalah 400 mg per hari yang terbagi dalam 3 dosis. Apabila hanya untuk pemeliharaan maka dosis obat ptu adalah 50-150 mg per hari yang dibagi dalam 3 dosis.

Obat ptu bisa digunakan oleh anak-anak setelah berkonsultasi dengan dokter dan apabila sudah tidak ada terapi lain selain dengan obat ptu. Dosis obat ptu untuk adalah usia 6 tahun atau lebih adalah 50 mg per hari, sedangkan untuk anak usia di bawah 6 tahun belum boleh diberikan.

Efek Samping Obat PTU

Meskipun memiliki beberapa manfaat, obat ptu juga tidak terlepas dari beberapa efek samping. Biasanya efek samping obat ptu yang sering terjadi adalah kerusakan hati baik pada orang dewasa maupun anak-anak. Kerusakan hati biasa terjadi pada pengonsumsian obat ptu dengan dosis 300 mg sehari atau lebih dengan jangka waktu 6 bulan.

Ada beberapa gejala kerusakan hati, yaitu gatal, mual, demam, muntah, nafsu makan hilang, sakit perut di bagian atas, , urin berwarna gelap, kotoran berwarna ungu, dan jaundice atau penyakit kuning. Segeralah hubungi atau kunjungi dokter Anda untuk mencegah efek samping obat ptu yang lebih parah.

Efek samping obat ptu yang lain adalah pendarahan yang tidak biasa, mudah memar, sesak napas, batuk kering, sulit menelan makanan, sindrom lupus, nyeri otot, suara serak, rambut rontok, pusing, dan kesemutan.

 

Sumber:

  1. BPOM: Pusat Informasi Obat Nasional: http://pionas.pom.go.id
  2. Us National Library of Medicine: http://medlineplus.gov
  3. Drugs.com

DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi