Terbit: 22 September 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Promavit obat apa? Promavit adalah suplemen yang mengandung beberapa vitamin dan mineral yang sangat penting dan dibutuhkan oleh ibu hamil dan ibu menyusui. Obat promavit memiliki manfaat untuk menjaga asupan vitamin dan mineral Anda tetap terpenuhi.

Promavit – Manfaat, Dosis, dan Efek Samping

Baca terus untuk mengetahui lebih lanjut tentang obat promavit termasuk informasi tentang indikasi promavit, kontraindikasi promavit, bentuk sediaan promavit, manfaat promavit, dosis promavit, dan efek samping promavit.

  • Nama: Promavit
  • Kelas Terapi: Suplemen vitamin dan mineral
  • Kandungan Obat: Vitamin dan Mineral kombinasi

Indikasi Promavit

Obat promavit bisa digunakan oleh wanita yang sedang mengandung dan menyusui. Ibu hamil membutuhkan asupan vitamin dan mineral agar janin yang dikandung selalu dalam kondisi sehat dan memiliki tumbuh kembang yang baik.

Ibu menyusui pun juga bisa mengonsumsi obat promavit. Kandungan beberapa zat yang ada pada obat promavit menunjang produksi air susu ibu (ASI) tetap lancar dan melimpah. Produksi air susu ibu hamil cukup menguras zat-zat gizi yang ada di dalam tubuh ibu. Jadi, ibu menyusui membutuhkan tambahan asupan vitamin dan mineral.

Kontraindikasi Promavit

Obat promavit tidak memiliki kontraindikasi secara khusus. Akan tetapi, kontraindikasi bisa saja terjadi apabila seorang ibu hamil atau ibu menyusui tersebut memiliki alergi atau hipersensitivitas terhadap komponen dan kandungan yang ada di dalam obat promavit.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Sensodyne - Advertisement

Bentuk Sediaan Promavit

Obat promavit yang tersedia di pasaran hanya memiliki satu bentuk sediaan. Bentuk sediaan dari obat promavit adalah berbentuk kapsul lunak. Di dalam satu kapsul lunak promavit mengandung beberapa kandungan.

Beberapa kandungan obat promavit di antaranya adalah minyak ikan tuna, asam lemak omega 3, EPA, DHA, asam folat atau vitamin B12, vitamin B6, vitamin A, vitamin D, kalsium, zat besi, dan mangan.

Manfaat Promavit

Obat promavit memiliki manfaat bagi ibu hamil dan ibu menyusui. Manfaat promavit yang utama bisa untuk memenuhi asupan vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh ibu hamil dan menyusui. Obat promavit bisa mencegah anemia pada ibu hamil dan ibu menyusui melalui kandungan zat besi yang ada di dalamnya.

Selain itu, manfaat obat promavit juga bisa untuk mencegah osteoporosis dan sakit gigi akibat kekurangan kalsium dan vitamin D yang biasa dialami oleh ibu hamil dan menyusui. Manfaat promavit yang pasti diinginkan oleh semua ibu adalah bisa untuk meningkatkan kecerdasan janin melalui kandungan asam lemak omega-3 dan minyak ikan tuna.

Pengonsumsian obat promavit bisa mencegah kekurangan beberapa vitamin dan mineral lainnya yang sangat penting dipenuhi oleh ibu hamil dan menyusui seperti vitamin A, mangan, vitamin B6, vitamin B12, dan lainnya.

Asupan vitamin B12 atau asam folat yang terpenuhi dengan baik selama kehamilan bisa membawa manfaat bagi bagi janin agar terhindar dari kecacatan pada otak. Selain itu, dengan terpenuhinya asupan vitamin dan mineral yang cukup maka sistem kekebalan tubuh akan meningkat dan menjadi sehat.

Dosis Promavit

Manfaat promavit yang penting bagi ibu hamil dan ibu menyusui bisa didapatkan oleh Anda apabila mengonsumsinya sesuai dengan dosis yang dianjurkan dokter atau yang tertera pada kemasan. Pengonsumsian obat promavit yang tidak sesuai dosis bisa menghilangkan manfaat promavit dan menimbulkan efek samping.

Dosis promavit adalah 1 kapsul lunak sebanyak 2 kali dalam satu hari. Pemberian obat promavit sebaiknya dilakukan setelah makan. Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya iritasi lambung pada ibu hamil dan menyusui.

Efek Samping Promavit

Sebenarnya, pengonsumsian obat promavit tidaklah menimbukan efek samping apa pun. Efek samping promavit bisa terjadi apabila Anda memiliki hipersensitif atau alergi dengan salah satu atau beberapa kandungan pada obat promavit.

Segeralah mengunjungi dokter Anda atau mencari bantuan medis terdekat apabila Anda mengalami alergi atau hipersensitive. Beberapa contoh reaksi alergi ditandai dengan adanya ruam kulit, gatal-gatal, sesak napas, mual, muntah, dan sakit kepala.

Reaksi alergi juga bisa ditandai dengan adanya pembengkakan pada mata, wajah, dan bibir. Efek samping promavit juga bisa terjadi apabila ibu hamil atau ibu menyusui mengonsumsi obat promavit dalam dosis berlebih.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi