Prolacta for Baby – Manfaat, Dosis, dan Efek Samping

manfaat-prolacta-for-baby-doktersehat

DokterSehat.Com – Prolacta for baby obat apa? Prolacta for baby adalah suplemen yang bisa menunjang perkembangan otak bayi. Obat prolacta dha for baby dijual secara bebas tetapi sebaiknya Anda tetap memehartikan aturan pemakaian agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan pada bayi.

Baca terus untuk mengetahui lebih lanjut tentang obat prolacta for baby termasuk informasi tentang bentuk sediaan prolacta for baby, indikasi prolacta for baby, kontraindikasi prolacta for baby, manfaat prolacta dha for baby, dosis prolacta for baby, dan efek samping prolacta for baby.

Bentuk Sediaan Prolacta for Baby

Suplemen prolacta dikemas dalam bentuk kapsul. Kapsul yang membungkus isi kandungan prolacta cukup lunak sehingga mudah dipotong dan diberikan kepada bayi. Selain itu, warna prolacta for baby adalah transparan.

Konsumen pun bisa melihat kandungan obat prolacta for baby secara gamblang. Penampakan suplemen anak ini hampir mirip seperti kebanyakan suplemen vitamin E. Setiap satu dos prolacta for baby berisi 5 strip.

Setiap satu strip suplemen prolacta berisi 10 kapsul lunak. Penyimpanan suplemen prolacta for baby harus hati-hati. Simpanlah suplemen ini tempat kering dan terhindar dari paparan sinar matahari yang bisa memengaruhi mutu kandungan prolacta for baby.

Kandungan Prolacta for Baby

Sebenarnya, prolacta for baby hanya mengandung minyak ikan. Pada umumnya, minyak ikan memiliki tiga kandungan utama. Ketiga kandungan utama minyak ikan tersebut adalah asam lemak, yakni DHA (Docosahexaenoic Acid), EPA (Eicosapentaenoic Acid), dan asam arakidonat.

DHA dan EPA merupakan asam lemak tidak jenuh yang termasuk ke dalam golongan omega 3. Asam arakidonat juga merupakan asam lemak tetapi bukan termasuk omega 3 melainkan omega 6. Setiap satu kapsul prolacta for baby berisi 75 mg DHA, 7 mg EPA, dan asam arakidonat sebanyak 100 mg.

Baca Juga: 6 Manfaat Minyak Ikan untuk Anak 

Harga Prolacta for Baby

Harga prolacta for baby yang dijual di pasaran cukup bervariasi. Suplemen prolacta for baby dibanderol dengan harga mulai dari Rp45.000 hingga Rp65.000 untuk setiap satu strip atau 10 kapsul.

Jadi, harga untuk setiap satu dos sekitar Rp200.000 hingga Rp330.000. Anda bisa saja menemukan harga yang sedikit lebih rendah atau lebih mahal daripada kisaran harga tersebut. Hal itu tergantung pada kebijakan harga jual yang ditentukan oleh penjual.

Indikasi Prolacta for Baby

Penggunaan suplemen prolacta for baby memang tidak memiliki indikasi khusus selayaknya pemakaian obat-obatan untuk bayi. Suplemen prolacta for baby bisa digunakan bila para orang tua ingin menunjang tumbuh kembang bayinya.

Selain itu, pemakaian prolacta dha for baby juga bisa dilakukan jika Anda ingin meningkatkan sistem kekebalan tubuh bayi agar tidak mudah jatuh sakit. Prolacta for baby juga bisa membantu perkembangan penglihatan bayi dan mencukup kebutuhan asam lemak bayi.

Kontraindikasi Prolacta for Baby

Tidak seperti obat-obatan bayi, prolacta for baby merupakan suplemen yang tidak memiliki kontraindikasi khusus. Bayi yang lahir dengan kondisi kesehatan normal bisa menggunakan prolacta. Akan tetapi, bisa saja bayi tidak dapat memakai suplemen ini.

Bayi yang memiliki alergi atau hipersensitif terhadap kandungan minyak ikan, maka sebaiknya tidak diberikan prolacta for baby. Anda bisa melakukan konsultasi dengan dokter anak agar dokter bisa merekomendasikan suplemen tumbuh kembang yang aman dan cocok dengan kondisi bayi Anda.

Manfaat Prolacta for Baby

Manfaat prolacta for baby adalah manfaat dari semua kandungan yang ada di dalam minyak ikan. Minyak ikan yang mengandung DHA bisa membantu perkembangan otak sehingga dapat meningkatkan kecerdasan bayi.

Selain itu, kandungan DHA di dalam prolacta juga bisa membantu perkembangan indra penglihatan bayi. Manfaat EPA hampir mirip dengan DHA yaitu terkait dengan kercerdasan. EPA juga bisa membantu perkembangan mental anak agar tumbuh dengan baik.

Kedua kandungan asam lemak omega tiga ini bisa menurunkan risiko terhadinya penyakit neurodegeneratif seperti penyakit Parkinson. Manfaat prolacta for baby melalui kandungan asam arakidonat bisa untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh bayi agar tidak sering sakit.

Dosis Prolacta for Baby

Pemberian prolacta for baby harus sesuai dengan dosis yang telah ditentukan. Prolacta yang diberikan sesuai dengan dosis bisa mencegah bayi dari efek samping overdosis. Dosis prolacta for baby adalah satu kapsul sebanyak satu kali dalam sehari.

Prolacta for baby sebaiknya tidak digunakan untuk jangka waktu yang lama seperti tahunan. Cara menggunakan prolacta for baby adalah dengan memotong kapsul lalu memasukannya ke dalam mulut bayi seperti pemberian vitamin A.

Pemberian prolacta for baby juga bisa dilakukan dengan mencampurkannya ke dalam ASI atau sufor. Manfaat prolacta for baby juga bisa didapatkan dengan mencampur prolacta ke dalam makanan bayi.

Efek Samping Prolacta for Baby

Prolacta for baby bukanlah obat keras sehingga tidak menimbulkan efek samping yang berat. Akan tetapi, Anda tidak boleh menggap sepele efek samping prolacta yang mungkin terjadi.

Baca Juga: 6 Resep Masakan Ikan Sehat yang Bisa Meningkatkan Kecerdasan Anak

Efek samping prolacta bisa berupa diare, mual, muntah, dan rewel bila bayi diberikan prolacta dengan dosis yang kurang tepat. Selain itu, nafsu makan bayi juga bisa menurun sehingga tingkat keaktifan bayi akan berkurang.

Apabila bayi Anda ternyata memiliki alergi terhadap kandungan minyak ikan, maka ia akan mengalami efek samping berupa tanda-tanda reaksi alergi. Reaksi alergi tersebut ditandai dengan ruam, gatal, keringat dingin dan banyak, pembengkakan di wajah, dan susah bernapas.

Hentikanlah penggunaan prolacta dha for baby segera bila bayi Anda mengalami kondisi tersebut. Segeralah pergi ke klinik atau rumah sakit terdekat agar bayi Anda bisa mendapatkan tindakan pertolongan dengan segera.