Terbit: 7 April 2020
Ditulis oleh: Mutia Isni Rahayu | Ditinjau oleh: dr. Jati Satriyo

Obat perangsang wanita alami dapat membantu meningkatkan hasrat seksual. Turunnya hasrat seksual pasangan tentunya dapat membuat hubungan seksual menjadi kurang menyenangkan. Bukan hanya pria saja, tapi terkadang wanita juga dianggap memerlukan obat perangsang seksual untuk meningkatkan hasrat seksualnya.

10 Obat Perangsang Wanita Alami yang Dapat Tingkatkan Hasrat Seksual!

Obat Perangsang Wanita Alami

Berikut adalah beberapa obat perangsang wanita alami yang dipercaya ampuh meningkatkan hasrat seksual!

1. Akar Maca

Obat perangsang wanita paling ampuh yang pertama adalah akar maca.

Di Amerika Selatan, akar maca digunakan untuk meningkatkan kesuburan. Bahkan bahan alami satu ini mendapatkan julukan sebagai “Viagra Peru”. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa partisipan mengalami peningkatan hasrat seksual setelah mengonsumsi maca.

Penelitian lain menunjukkan bahwa maca dapat membantu mengatasi penurunan hasrat seksual yang diakibatkan oleh efek samping obat antidepresan.

Walaupun maca bukan merupakan tanaman yang dibudidayakan di Indonesia, namun Anda dapat dengan mudah menemukan maca yang umumnya hadir dalam bentuk bubuk atau kapsul ini secara online.

2. Ginkgo Biloba

Ginkgo biloba adalah salah satu herbal yang dipercaya memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan.

Salah satu manfaatnya adalah untuk meningkatkan fungsi seksual baik pada wanita maupun pada pria. Ginkgo biloba dipercaya dapat bertindak sebagai afrodisiak dengan cara mengendurkan pembuluh darah dan meningkatkan pembuluh darah.

Hingga kini penelitian tentang ginkgo biloba untuk meningkatkan libido masih menunjukkan hasil yang beragam. Sehingga masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut tentang efektivitas herbal ini sebagai perangsang alami.

Perlu diperhatikan juga bahwa ginkgo biloba dapat bertindak sebagai pengencer darah. Maka dari itu, bagi Anda yang mengonsumsi obat pengencer darah, sebaiknya tidak mengonsumsi ginkgo biloba karena dapat menyebabkan interaksi obat.

3. Ginseng Merah

Obat perangsang wanita alami selanjutnya adalah ginseng merah.

Sebuah penelitian kecil pada wanita menopause menemukan bahwa ginseng merah dapat meningkatkan gairah seksual. Selain dapat meningkatkan hasrat seksual pada wanita, ginseng merah juga dipercaya dapat meningkatkan fungsi ereksi pada pria.

Sama seperti ginkgo biloba, ginseng juga dapat mengganggu kerja obat pengencer darah sehingga sebaiknya tidak dikonsumsi oleh Anda yang mengonsumsi obat pengencer darah. Selain itu, ginseng merah juga dianggap dapat mengganggu pengobatan kanker yang merupakan jenis kanker yang sensitif terhadap hormon.

4. Saffron

Saffron merupakan rempah yang berasal dari bunga Crocus sativus.

Saffron dipercaya sebagai herbal yang dapat mengobati depresi, mengurangi stres, dan meningkatkan mood. Herbal ini juga dipercaya dapat meningkatkan hasrat seksual, terutama pada pasien yang menggunakan antidepresan.

Sebuah studi lanjutan pada wanita menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi saffron mengalami peningkatan gairah dan peningkatan pelumasan dibandingkan dengan kelompok plasebo.

Namun, belum diketahui efektivitas saffron untuk meningkatkan libido pada orang yang tidak menggunakan antidepresan. Sehingga dibutuhkan lebih banyak penelitian lagi untuk membuktikan bahwa saffron efektif sebagai obat perangsang wanita alami.

5. Tribulus

Obat perangsang wanita alami selanjutnya adalah tribulus.

Tribulus terrestris adalah tanaman musiman yang banyak tumbuh di daerah beriklim kering. Beberapa fungsi tribulus adalah seperti meningkatkan massa otot, mengatasi infertilitas, dan juga mengatasi hilangnya hasrat seksual.

Sebuah penelitian menemukan 88% wanita yang memiliki disfungsi seksual mengalami peningkatan kepuasan seksual setelah mengonsumsi 250 mg tribulus per hari selama 90 hari.

Penelitian lain dilakukan dengan memberikan 7,5 mg ekstrak tribulus per hari pada wanita yang memiliki disfungsi seksual. Setelah empat minggu, kelompok wanita yang mengonsumsi tribulus melaporkan tingkat keinginan, gairah, pelumasan, dan kepuasan orgasme yang meningkat secara signifikan.

Baca Juga: 15 Cara Memuaskan Suami di Ranjang (Trik Rahasia Istri)

6. Fenugreek

Fenugreek dikenal dengan sifat antiinflamasi dan juga kemampuannya dalam meningkatkan libido pada pria maupun wanita.

Penelitian kecil menyelidiki efek dosis 600 mg ekstrak fenugreek pada wanita yang memiliki dorongan seks rendah. Setelah 8 minggu, wanita yang mengonsumsi fenugreek mengalami peningkatan yang signifikan dalam hasrat seksual dan gairah jika dibandingkan dengan kelompok plasebo.

Seperti ginkgo biloba dan ginseng, fenugreek juga dapat berinteraksi dengan obat pengencer darah. Herbal ini juga dapat menyebabkan efek samping seperti gangguan perut ringan.

8. Kakao

Kakao atau biji cokelat memiliki kandungan antioksidan tinggi dan dipercaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Kandungan berbagai senyawa dalam kakao seperti magnesium, fosfor, arginin, dan metilxantin dipercaya dapat meningkatkan libido. Kakao juga mengandung senyawa phenylethylamine yang dapat mendukung pelepasan dopamin yang dapat memperbaiki mood.

Namun hingga kini belum terdapat penelitian secara langsung tentang manfaat kakao sebagai obat perangsang wanita alami.

9. Tiram

Tiram sering disebut-sebut sebagai salah satu makanan pembangkit hasrat seksual yang ampuh.

Sebuah penelitian pada hewan menunjukkan bahwa tiram dapat meningkatkan libido pada tikus. Namun hingga kini belum terdapat penelitian pada manusia yang dapat mendukung efektivitas tiram sebagai obat perangsang wanita alami.

Meskipun begitu, karena konsumsi tiram relatif aman, Anda dapat menjadikan makanan satu ini sebagai obat perangsang wanita alami buatan sendiri di rumah dan merasakan sendiri manfaatnya!

10. Chasteberry

Chasteberry adalah obat herbal alami yang banyak digunakan untuk mengatasi gejala PMS dan menopause.

Banyak yang percaya bahwa herbal ini juga dapat meningkatkan libido, namun belum ada penelitian pada manusia yang membuktikannya. Chasteberry juga tidak dapat dikonsumsi oleh semua wanita. Herbal ini dapat mengganggu kerja pil KB dan jenis terapi penggantian hormon lainnya.

Ada banyak sekali bahan alami yang dipercaya sebagai obat perangsang wanita paling ampuh di masyarakat. Namun faktanya kebanyakan dari bahan alami tersebut manfaatnya belum dibuktikan secara ilmiah dan membutuhkan penelitian yang lebih lanjut.

Meskipun begitu, obat perangsang sering kali dianggap dapat memberikan sugesti terhadap penggunanya dan hal ini sepertinya berdampak positif.

Obat perangsang ini memang tidak memberikan efek langsung pada tubuh hingga dapat meningkatkan hasrat, namun sugesti yang didapatkan penggunanya secara tidak langsung dapat membantu meningkatkan hasrat seksual orang tersebut.

Sebelum menggunakan obat herbal, pastikan Anda juga mengetahui berbagai efek samping yang mungkin terjadi.

 

  1. Fogle, Asher dan Caroline Picard. 2018. Some Scientists Say These Aphrodisiacs for Women Could Actually Boost Your Libido. https://www.goodhousekeeping.com/health/a33791/aphrodisiacs-that-work-study/. (Diakses 7 November 2019).
  2. Helf, Johann. 6 Natural Aphrodisiacs For Women. https://www.lifehack.org/articles/lifestyle/6-natural-aphrodisiacs-for-women.html. (Diakses 7 November 2019).
  3. Petre, Alina. 2017. 7 Aphrodisiac Foods That Boost Your Libido. https://www.healthline.com/nutrition/aphrodisiac-foods. (Diakses 7 November 2019).


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi