Terbit: 15 Februari 2019
Ditulis oleh: Rhandy Verizarie | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Memiliki keturunan adalah impian semua pasangan. Oleh sebab itu, pada pasangan yang sulit memiliki anak, segala cara ditempuh agar kehamilan bisa segera terjadi, mulai dari berkonsultasi ke dokter terkait, hingga mengonsumsi obat penyubur sperma. Lantas, apakah vitamin penyubur sperma benar-benar efektif untuk mengatasi masalah sperma tidak subur?

6 Kandungan Obat Penyubur Sperma yang Ideal (Pria Wajib Baca)

Penyebab Sperma tidak Subur

Sebelum membahas lebih lanjut, ketahui dulu apa penyebab sperma tidak subur. Alih-alih seratus persen menyalahkan pihak wanita atas sulitnya mendapatkan keturunan, perlu digarisbawahi bahwa 1 dari 3 pasangan yang belum memiliki anak disebabkan oleh faktor ketidaksuburan pria, dalam hal ini sperma yang dimiliki kualitas dan kuantitasnya tidak ideal sehingga gagal membuahi sel telur.

Faktor penyebab sperma tidak subur ada banyak, mulai dari yang sifatnya klinis seperti kelainan hormon, infeksi genital, paparan radiasi, hingga faktor gaya hidup seperti merokok, minum alkohol, memakai celana ketat, dan stres. Diagnosis lanjutan sangat diperlukan untuk memastikan apa penyebab utama dari tidak suburnya sperma.

Vitamin dan Nutrisi Ideal pada Obat Penyubur Sperma

Idealnya, obat penyubur sperma memiliki kandungan vitamin dan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh, sehingga akan secara otomatis memperlancar produksi sperma, pun meningkatkan kualitasnya secara keleseluruhan.

1. Vitamin B6

Vitamin penyubur sperma salah satunya adalah vitamin B6. Manfaat vitamin B6 bagi kesehatan sperma adalah untuk pembentukan hormon seks pria.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Family Fest - Advertisement

2. Vitamin B12

Vitamin B12 yang dikombinasikan dengan asam folat diperlukan oleh tubuh untuk pembentukan materi genetik, pun mencegah produksi sperma abnormal, gerak sperma yang tidak bagus, dan penurunan jumlah sel sperma.

3. Vitamin C

Manfaat vitamin C untuk kesuburan sperma pria adalah dengan melindungi sperma dari kerusakan yang diakibatkan oleh oksidasi. Selain itu, vitamin C juga berfungsi untuk mencegah sperma saling menempel (aglutinasi sperma)

4. Vitamin E

Anda yang ingin memperbaiki kualitas lewat obat penyubur sperma juga harus memastikan jika obat tersebut juga mengandung vitamin E. Selain sebagai antioksidan yang berfungsi menangkal radikal bebas, vitamin E juga diklaim dapat membantu sperma untuk menembus sel telur dan membuahinya.

5. Zinc

Zinc adalah suplemen mikronutrien yang fungsinya berkaitan dengan peningkatan kadar testosteron. Asupan zinc yang cukup dinilai efektif dalam meningkatkan jumlah produksi sperma berkualitas.

6. Arginin dan L-Carnitine

Kedua zat ini berperan penting dalam menangkal radikal bebas yang berpotensi menyebabkan stres oksidatif. Dengan begitu, tubuh akan senantiasa sehat dan produksi sel sperma dapat. berjalan dengan normal.

Selain memastikan bahwa vitamin dan zat nutrisi di atas ada dalam kandungan vitamin penyubur sperma yang hendak Anda konsumsi, mengkonsultasikannya terlebih dahulu ke dokter terkait juga perlu dilakukan agar Anda tidak gegabah dalam menggunakannya yang mana justru malah tidak berdampak apa-apa terhadap kesuburan sperma.

Penelitian Terhadap Obat Penyubur Sperma

Banyak kaum pria yang mengalami masalah sperma tidak subur, memilih mengonsumsi obat penyubur sperma guna meningkatkan kualitas spermanya.

Hal ini tak lepas dari klaim yang diutarakan oleh produsen-produsen obat penyubur sperma tersebut bahwa produknya ampuh untuk mengatasi berbagai masalah kesuburan pria, seperti air mani encer, jumlah sperma sedikit, hingga ejakulasi dini.

Sejumlah penelitian pernah dilakukan guna membuktikan kebenaran khasiat obat penyubur sperma terhadap peningkatan kualitas sperma, di antaranya penelitian yang dipublikasikan oleh jurnal Fertility and Sterility. Dalam penelitian tersebut, didapat fakta bahwa obat atau suplemen khusus pria yang mengandung asam folat dan zinc efektif membantu meningkatkan kualitas dan kuantitas sperma 74 persen setelah dikonsumsi 26 minggu.

Sementara itu, penelitian lain mengungkapkan bahwa obat penyubur sperma yang mengandung zat L-Carnitine disebut-sebut mampu membuat sperma bergerak lebih cepat dan gesit. Hasil ini didapat setelah dilakukan percobaan terhadap pria dengan mengonsumsi vitamin penyubur sperma tersebut setiap hari selama 3 bulan.

Obat Penyubur Sperma, Solusi Infertilitas Pria?

Sayangnya, penelitian-penelitian tersebut skalanya masih terbilang kecil, sehingga manfaat obat penyubur sperma sebagai solusi mengatasi infertilitas pria belum begitu kuat dan masih harus dibuktikan oleh penelitian lebih lanjut dengan skala yang lebih besar.

Kalaupun hasil yang didapat memang benar-benar memengaruhi kualitas sperma menjadi lebih baik, hal tersebut lebih didasari fakta bahwa zat-zat yang terkandung dalam vitamin penyubur sperma memiliki fungsi untuk menjaga kesehatan tubuh secara umum.

Sebagai contoh, zat L-Carnitine. Zat ini terbukti efektif dalam menurunkan tingkat stres oksidatif. Penyebab terjadinya stres oksidatif adalah serangan radikal bebas yang kemudian mengakibatkan rusaknya sel di pada tubuh, tak terkecuali sel sperma.

Karena tubuh terasupi zat L-Catnitine ini, otomatis tubuh terhindar dari radikal bebas pemicu stres oksidatif yang berpotensi mengganggu produksi sel sperma. Sperma sehat berawal dari tubuh yang sehat juga, bukan?

Makanan Bergizi Lebih Baik Ketimbang Vitamin Penyubur Sperma

Sah-sah saja jika Anda ingin mengonsumsi vitamin penyubur sperma guna meningkatkan kualitas dan kuantitas sperma agar istri cepat hamil. Namun, jika ada acara yang lebih alami dan menyehatkan, mengapa Anda harus memilih obat non-organik yang bahkan sebetulnya belum cukup terbukti?

Sejatinya, makanan bergizi adalah ‘obat’ penyubur sperma paling manjur yang bisa Anda konsumsi. Berikut ini sejumlah makanan yang bisa membantu meningkatkan kualitas sperma, di antaranya:

  • Tiram
  • Pisang
  • Daging sapi
  • Kacang-kacangan
  • Bawang putih
  • Tomat
  • Cokelat hitam
  • Brokoli
  • Buah naga
  • Rambutan
  • Tauge

Selain itu, meningkatkan kesuburan sperma bisa dilakukan dengan menerapkan pola hidup sehat:

  • Olahraga teratur
  • Kurangi stres
  • Jangan merokok
  • Jangan mengonsumsi minuman beralkohol

Bagaimana, sudah tahu apa yang harus dilakukan untuk membuat sperma subur? Ingat selalu untuk mengkonsultasikan hal ini terlebih dahulu ke dokter yang bersangkutan agar Anda tidak salah langkah. Semoga bermanfaat!


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi