Terbit: 11 Oktober 2019
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Bagi masyarakat Indonesia yang memang memiliki rata-rata tinggi badan tidak begitu tinggi jika dibandingkan dengan masyarakat dari negara-negara lain, memiliki tinggi badan yang ideal memang menjadi impian. Bahkan, hal ini juga seringkali terkait dengan karier di kemudian hari. Banyak orang yang kemudian mengonsumsi obat peninggi berat badan demi mendapatkannya. Sebenarnya, apakah obat ini memang bisa memberikan manfaat tersebut?

Obat Peninggi Berat Badan, Efektif atau Tidak?

Dampak Mengonsumsi Obat Peninggi Berat Badan

Memiliki badan yang tinggi ternyata bisa memberikan banyak keuntungan. Sebagai contoh, banyak yang lebih percaya diri terkait dengan hal ini. Bahkan, penelitian yang dilakukan di Edinburgh University, Skotlandia menghasilkan fakta bahwa orang tinggi cenderung memiliki IQ lebih tinggi, lebih bahagia, dan memiliki risiko lebih kecil untuk terkena masalah demensia.

Lantas, apakah benar jika obat peninggi berat badan bisa membantu kita menjadi lebih tinggi? Pakar kesehatan menyebut jika kita mengonsumsinya di usia pertumbuhan, ada kemungkinan hal ini akan memberikan dampak, namun jika kita mengonsumsinya saat tubuh sudah berhenti tumbuh, besar kemungkinan hal ini akan percuma.

Pakar kesehatan menyebut rata-rata kaum pria baru berhenti tumbuh saat usianya mencapai 19 tahun. Sementara itu, kaum hawa berhenti tumbuh di usia 16 tahun. Setelah usia ini, lempeng epifisis yang berperan besar sebagai penambah tinggi badan tak lagi aktif.  Sebagai informasi, di usia akhir pubertas, terjadi perubahan hormon yang membuat lempeng epifisis ini mengeras dan kemudian menutup. Tulang pun tak lagi bisa bertambah panjang akibat hal ini.

Melihat fakta ini, jika kita masih berada di usia yang masih memungkinkan pertambahan tinggi badan, sebaiknya memperbaiki asupan makanan sehat sehari-hari dan rajin berolahraga demi mendapatkannya. Memang, faktor genetik atau keturunan bisa mempengaruhi tinggi badan kita, namun ada kemungkinan kita bisa mengintervensi tinggi badan jika menerapkan gaya hidup yang sehat.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Cetaphil Promo - Advertisement

Berbagai Cara Menambah Tinggi Badan

Terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan jika ingin menambah tinggi badan di usia pertumbuhan.

Berikut adalah berbagai cara tersebut.

  1. Mengonsumsi Makanan Bergizi

Makanan sehat dan bergizi bisa membantu pertumbuhan tulang dengan maksimal. Sebagai contoh, kita sebaiknya mengonsumsi makanan yang tinggi kandungan vitamin D dan kalsium layaknya ikan salmon, keju, ikan tuna, dan sayuran.

  1. Minum Susu

Susu tinggi kandungan vitamin D dan kalsium yang bisa membuat tulang menjadi semakin kuat dan tumbuh dengan maksimal. Selain itu, tubuh juga bisa menyerap kalsium dengan lebih maksimal. Kita pun tidak akan mudah terkena masalah osteoporosis jika rutin mengonsumsinya.

  1. Tidur Cukup Setiap Malam

Tidur cukup setiap malam bisa membantu pertumbuhan tinggi badan dengan maksimal. Bagi anak-anak dengan usia kurang dari 13 tahun, sangatlah disarankan untuk tidur dengan durasi 9 hingga 11 jam setiap malam. Bagi para remaja dengan usia 14 hingga 17 tahun, sebaiknya tidur 8 hingga 10 jam setiap hari. Sementara itu, di usia setelah 18 tahun, kita bisa tidur setidaknya 7 hingga 9 jam setiap malam.

  1. Memperbaiki Postur Tubuh

Jika kita melakukan aktivitas sehari-hari seperti duduk, berdiri, berjalan kaki, atau hal-hal lainnya dengan postur yang buruk seperti membungkuk, maka hal ini akan mengganggu proses pertumbuhan tinggi badan dan bisa menyebabkan datangnya masalah kesehatan.

  1. Melakukan Olahraga

Pakar kesehatan menyebut olahraga seperti berenang atau bersepeda bisa membantu pertumbuhan tinggi badan menjadi lebih maksimal jika dilakukan secara rutin.

 

Sumber:

  1. 2019. Apa Benar Obat Peninggi Efektif untuk Meninggikan Badan?. msn.com/id-id/kesehatan/health/apa-benar-obat-peninggi-efektif-untuk-meninggikan-badan/ar-AAICCN7. (Diakses pada 11 Oktober 2019).


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi