10 Obat Panu Alami Paling Ampuh yang Tersedia di Dapur

Doktersehat-cara-menghilangkan-panu
Photo Credit: Flickr.com/Seacost missions

DokterSehat.Com – Panu adalah jenis infeksi kulit oleh jamur yang menyebabkan munculnya bercak-bercak putih pada kulit. Cara mengobati panu bisa menggunakan obat panu alami maupun obat medis. Obat panu terdiri dari dua jenis, secara oral berupa tablet dan topikal adalah obat panu yang diberikan melalui kulit.

Penyebab Panu pada Kulit

Panuan sendiri bisa muncul karena beberapa sebab seperti iklim yang panas, kulit berminyak, banyak berkeringat, hingga sistem kekebalan tubuh yang sedang menurun.

Panu umumnya muncul di bagian tubuh seperti punggung, paha, leher, lipatan tangan, dan juga di wajah. Penyebab panu di wajah juga bisa diakibatkan tidak menjaga kebersihan wajah dengan baik. Selain menimbulkan rasa gatal, panu juga seringkali menurunkan kepercayaan diri seseorang.

Obat Panu Alami yang Paling Ampuh

Sebelum mengambil tindakan medis, Anda bisa mencoba cara menghilangkan panu dengan obat panu alami berikut ini.

1. Lidah buaya

Obat panu alami pertama yang bisa Anda coba adalah lidah buaya atau aloe vera. Tanaman yang satu ini memang terkenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan juga kecantikan. Berbagai senyawa aktif mulai dari vitamin, asam amino, asam salisilat, dan berbagai enzim yang terkandung dalam lidah buaya mampu untuk menjinakkan jamur penyebab panu.

Cara mengaplikasikannya juga sangat mudah, Anda hanya perlu mengoleskan gel lidah buaya sebagai masker di bagian tubuh yang terkena panu. Diamkan hingga gel mengering, kemudian bilas dengan air bersih.

2. Bawang putih

Obat panu alami selanjutnya yang bisa Anda coba adalah bawang putih. Kandungan antijamur dalam bawang putih bisa menghentikan pertumbuhan jamur penyebab panu.

Cara menggunakan obat panu paling ampuh ini adalah dengan menumbuk dua hingga tiga siung bawang putih hingga halus kemudian mengoleskannya pada kulit panuan. Diamkan selama kurang lebih 20 menit hingga kandungan bawang meresap ke kulit, lalu bilas dengan air bersih. Lakukan setiap hari hingga panu menghilang dari kulit.

baca juga : Lidah Buaya, Obat Alami Mengatasi Panu

3. Cuka apel

Obat panu paling ampuh selanjutnya adalah dengan menggunakan cuka apel. Bahan yang satu ini juga mudah ditemui dan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kulit. Dalam cuka apel terdapat kandungan antimikroba yang bisa membantu meredakan panu di kulit. Oleskan cuka apel sebagai pengganti salep sebanyak tiga kali sehari.

4. Minyak kelapa

Kandungan asam amino dalam minyak kelapa juga bisa membantu untuk mencegah pertumbuhan jamur penyebab panu di kulit. Cara pengaplikasiannya sama seperti cuka apel, yaitu dengan cara dioleskan ke bagian panu sebanyak tiga kali sehari. Selain mampu menghilangkan panu, obat panu alami paling ampuh ini juga bermanfaat untuk melembabkan kulit dan mengangkat sel kulit mati.

5. Lengkuas

Banyak sekali senyawa dalam obat panu tradisional ini, yang memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh. Di antaranya terdapat juga flavonoid, amilum, dan kuersetin yang mampu untuk membantu membasmi panu.

Cara menghilangkan panu dengan lengkuas adalah dengan menghaluskan 2 ruas jari lengkuas yang dicampurkan dengan sedikit garam, lalu oleskan pada panu. Diamkan selama 30 menit atau hingga mengering sebelum dibilas dengan air hangat.

6. Kunyit

Jenis bumbu dapur lainnya yang bisa menjadi obat panu adalah kunyit. Kandungan antioksidan tinggi dan juga antiinflamasi dari minyak volatile yang ada dalam kunyit mampu untuk mencegah perkembangan jamur penyebab panu. Cara mengaplikasikan obat panu alami ini tidak jauh berbeda dengan lengkuas, yaitu dihancurkan dan dibalurkan pada panu. Setelah mengering, bilas dengan air hangat.

Baca juga : Panu – Penyebab, Gejala, dan Diagnosis

7. Tea tree oil

Tea tree oil terkenal dengan khasiatnya untuk membantu menyembuhkan luka dan juga mengatasi masalah jerawat. Kandungan antiseptik dan sifat antiinflamasi membuatnya mampu untuk menghilangkan berbagai virus, bakteri, hingga jamur yang menyebabkan infeksi pada kulit, termasuk juga jamur penyebab panu.

Cara menggunakan obat panu tradisional ini dengan mengoleskan tea tree oil menggunakan cotton bud atau kapas ke bagian kulit panuan. Karena tea tree oil biasa digunakan di wajah, maka cara yang satu ini patut Anda coba untuk menghilangkan panu di wajah.

8. Yoghurt

Selain enak dikonsumi, ternyata yoghurt juga bisa dijadikan sebagai obat panu. Yoghurt yang digunakan adalah yoghurt tawar yang tidak mengandung pemanis. Kandungan probiotik pada obat alami panu ini akan membantu menekan pertumbuhan jamur penyebab panu.

Cara menggunakan obat untuk panu ini adalah dengan mengoleskan yoghurt pada panu, lalu diamkan sekitar 20 hingga 30 menit, kemudian bilas dengan air hangat. Anda juga bisa menggunakan yoghurt sebagai masker tubuh secara rutin untuk mencegah panu datang kembali.

9. Minyak jahe dan kunyit

Sebelum menggunakan minyak esensial jahe dan kunyit untuk mengobati panu, ingatlah untuk melakukan uji terlebuh dahulu di bagian kulit. Ini juga ide yang baik untuk mencairkan minyak esensial dengan carrier oil (pembawa) seperti minyak grapeseed  (minyak biji anggur) sebelum digunakan, terutama jika Anda memiliki kulit sensitif.

Obat alami panu ini dapat menghambat pekembangan jamur penyebab panu – dan menggabungkan minyak ini meningkatkan efektivitasnya. Jadi, terapkan campuran kunyit dan minyak jahe dua kali sehari untuk mengatasi kulit berjamur.

Secara tradisional, pasta kunyit telah digunakan secara topikal di Asia Tenggara untuk mengobati infeksi kulit. Jadi, Anda bisa dengan mudah menumbuk kunyit dan jahe dalam jumlah yang sama dengan sedikit air ke dalam pasta halus dan menerapkannya pada kulit berjamur.

10. Minyak kayu putih

Terpenoid dan fenilpropanoid yang ditemukan dalam minyak eucalyptus atau minyak kayu putih ini memiliki tindakan yang kuat sebagai obat panu alami paling ampuh.

Obat panu ampuh ini sangat berkhasiat karena sifat obatnya selama berabad-abad. Senyawa Cineol yang terdapat dalam minyak kayu putih menunjukkan aktivitas antijamur dan dapat menghambat jamur. Oleskan minyak kayu putih ke kulit yang terinfeksi untuk mengobati infeksi jamur Anda.

Cara Mencegah Panu pada Kulit

Ada langkah sederhana yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi risiko kulit berjamur, berikut di antaranya:

  • Kenakan pakaian yang dapat membantu menyerap kelembapan kulit.
  • Jaga kulit tetap kering seperti di ketiak, daerah selangkangan, dan area lain yang rentan terhadap infeksi jamur.
  • Selalu mandi dan keringkan diri secara menyeluruh setelah latihan di mana Anda berkeringat.
  • Jika Anda kelebihan berat badan atau obesitas, keringkan lipatan kulit Anda dengan benar.
  • Kenakan sandal atau alas kaki terbuka saat lembap.
  • Ganti kaus kaki dan celana dalam Anda setiap hari.

Selain cara menghilangkan panu dengan alami seperti di atas, jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan tubuh agar panu tidak datang kembali, Teman Sehat!