Terbit: 20 September 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Otopain obat apa? Otopain adalah obat tetes telinga yang berfungsi untuk mengatasi infeksi pada telinga yang disebabkan oleh bakteri. Obat otopain masuk ke dalam kelas terapi sediaan antiinfeksi. Kandungan neomisin sulfat yang dikombinasikan dengan kandungan lainnya ada di dalam obat otopain.

Otopain – Manfaat, Dosis, dan Efek Samping

Baca terus untuk mengetahui lebih lanjut tentang obat otopain termasuk informasi tentang indikasi otopain, kontraindikasi otopain, bentuk sediaan otopain, manfaat otopain, dosis otopain, dan efek samping otopain.

  • Nama: Otopain
  • Kelas Terapi: Sediaan Antiinfeksi
  • Monografi Obat: Neomisin sulfat kombinasi

Indikasi Otopain

Obat otopain bisa diberikan kepada pasien yang mengalami otitis eksterna akut dan kronis. Pasien tersebut mengalami infeksi telinga yang disebabkan oleh bakteri. Bakteri penyebab infeksi ini sangat sensitif dengan kandungan obat otopain yaitu neomisin sulfat dan polimixin.

Kontraindikasi Otopain

Obat otopain tidak bisa digunakan bagi pasien yang memiliki perforasi gendang telinga. Mengapa demikian? Obat otopain yang memiliki kandungan neomisin sulfat dan polimixin bisa meningkatkan risiko tuli apabila digunakan pada pasien atau konsumen dengan perforasi gendang telinga.

Pasien atau konsumen yang memiliki gangguan pada kanal luar auditory yang disebabkan oleh infeksi viral cutaneous juga tidak boleh menggunakan obat otopain karena menyebabkan kontraindikasi dengan kandungannya.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Sensodyne - Advertisement

Jadi, periksalah gendang telinga Anda ke dokter dan pastikan bahwa Anda tidak memiliki perforasi gendang telinga. Kontraindikasi juga bisa terjadi pada pasien atau konsumen yang hipersensitif terhadap salahs satu atau beberapa kandungan dari obat otopain. Kontraindikasi bisa terjadi bila pasien menggunakannya untuk pemakaian jangka panjang.

Peringatan

Kandungan neomisin sulfat yang membuat bakteri penyebab infeksi pada telinga menjadi sensitif akan menghambat aktivitas pemusnah bakteri (bakterisida) yang ada di dalam obat-obatan penisilin serta turunannya. Jadi, penggunaan obat otopain dengan obat turunan penisilin bisa membuat obat tersebut menjadi tak memiliki manfaat bakterisida.

Bentuk Sediaan Otopain

Hanya ada satu obat otopain yang tersedia di pasaran. Obat otopain yang beredar di pasaran memiliki bentuk sediaan tetes telinga. Bentuk sediaan tetes telinga pada obat otopain memiliki kandungan neomisin sulfat yang dikombinasikan dengan polimixin B sulfat, fludrocortisone acetate, dan lidocaine.

Manfaat Otopain

Obat otopain memiliki manfaat yang fokus pada bagian telinga. Manfaat otopain bisa mengatasi bakteri penyebab infeksi pada telinga secara efektif. Hal ini dikarenakan adanya kandungan neomisin sulfat dan polimixin.

Kombinasi neomisin sulfat dan polimixin b sulfat bisa mengobati infeksi akibat dari aktivitas beberapa bakteri seperti Pseudomonasaeruginosa, Staphylococus aureus, Eschericia coli, Enterobacter sp., dan Neisseria sp.

Selain kandungan neomisin dan polimixin, ada kandungan lain pada obat otopain yang memiliki manfaat. Manfaat otopain berupa antialergi, antiradang, dan antipruritis bisa Anda dapatkan karena kandungan Fludrocortisone di dalam obat otopain. Selain itu, kandungan Lidocaine hidroklorida memiliki manfaat untuk mengurangi rasa sakit akibat infeksi telinga.

Dosis Otopain

Telinga yang sedang mengalami infeksi akibat bakteri bisa diatasi dengan obat otopain yang digunakan sesuai dosis yang dianjurkan dokter atau yang tertera pada kemasan. Dosis otopain pada umumnya adalah 4-5 tetes sebanyak 2 hingga 4 kali dalam sehari.

Akan tetapi, dosis otopain ini bisa saja berbeda bagi Anda yang telah berkonsultasi dengan dokter dan memberi tahu semua keluhan infeksi telinga. Pada kasus infeksi telinga yang lebih berat memungkinkan pasien tersebut mendapatkan dosis otopain yang lebih banyak.

Janganlah menggunakan dosis otopain tersebut melebihi sepuluh hari. Sekalipun Anda akan selalu mematuhi dosis harian tersebut tetapi penggunaan obat otopion lebih dari 10 hari tidak diperbolehkan.

Simpanlah obat otopain di tempat yang memiliki suhu kurang 25 derajat celsius. Janganlah membiarkan obat otopain berada di dalam pembeku (freezer). Kedua alasan tersebut bisa mengubah zat-zat yang ada di dalam otopain.

Efek Samping Otopain

Ada beberapa efek samping otopain yang bisa ditimbulkan. Adapun efek samping otopain yang sering kali muncul adalah berupa sensitivitas lokal pada area telinga. Efek samping otopain bisa membuat telinga menjadi resistensi terhadap obat antibakteri bila digunakan untuk jangka panjang.

Tanda-tanda reaksi alergi juga bisa muncul sebagai efek samping otopain bagi pasien atau konsumen yang memiliki hipersensitivitas terhadap kandungannya. Selain itu, efek samping yang bisa ditimbulkan juga bisa membuat kulit pada telinga menjadi lebih peka.

 

 

Sumber:

  1. BPOM: Pusat Informasi Obat Nasional: http://pionas.pom.go.id


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi